Contoh Cerita Cerpen dan Novel dalam Bahasa Indonesia

Cerpen dan novel merupakan dua diantara bentuk cerita yang ada. Cerpen atau cerita pendek merupakan cerita yang mengisahkan kisah seseorang atau peristiwa secara singkat. Sementara itu, novel merupakan cerita yang mengisahkan seseorang, peristiwa, dan hal-hal lain di sekitarnya yang dikisahkan secara panjang dan rumit. Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh dari kedua bentuk cerita ini. Adapun kedua contoh tersebut adalah sebagai berikut ini!

A. Contoh Cerita Cerpen

Segenggam Tanah Kuburan*

Karya: Kuntowijoyo

Inilah tempat dia mengambil tanah. Dirabanya kantong di pinggang, talinya melilit lingkaran perutnya. Sebentar angin menerpa di tempat terbuka itu, menyentuh baju dan celana hitamnya yang longgar, kemudian menimpa gelagah, suara keresak yang menjauh. Ada suara anjing melolong di kejauhan. Laki-laki itu melihat anjingnya menegakkan telinga, moncongnya mengarah ke suara itu, sementara ujung ekornya bergerak-gerak.

“Ssst, jangan disahut.” Dia tahu, kalau Kliwon menyahut, akan datang anjing berama-rami, dan mulailah keributan. Itu akan menggagalkan pekerjaannya. Tentu karena anjing akan lebih suka pada betina daripada tuannya.

Dia mendaki dengan merangkak-rangkak, hanya rerumputan yang menutup tanah itu. Sekali-kali tanganyya mencabut rumputan dari akarnya. Bajunya menyentuh rumput, dan dingin tanah terasa di perutnya. Anjing itu telah berdiri di sana, di alas gumuk. Juga dia sendiri, sebentar kemudian. Anjing itu mendekam, lalu dia sendiri. Dia duduk bersila, menulang lengan di dada. Dunia menghilang dari indranya.

B. Contoh Cerita Novel

Perahu Kertas**

Karya: Dewi “Dee” Lerstari

Amsterdam, Juni 1999….

Tidak ada alasan untuk meninggalkan Amsterdam pada musim panas. Inilah masa terbaik untuk bersepeda di sekitar Leidsplein dan Dam Square sambil menikmati sinar matahari yang merupakan surga tahuna bagi warga kota. Ia masih ingin duduk di pinggir pantai Blomendahl berbekal kancas dan alat lukis, atau menikmati koffie verkeerd di salah satu kafe di 9 Straatjes dari pagi hingga sore bersama dengan buku sketsanya.

Sambil mengosongkan baris terakhir bukunyadari rak yang bergantung di samping tempat tidur, pertanyaan yang sama seminggu terakhir ini berulang di kepalanya: umurku baru jalan delapan belas, tapi kenapa aku merasa terlalu lelah untuk semua ini?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Jakarta, Juli 1999….

Cewek bertubuh mungil itu tak henti-hentinya bergerak, berjingkat, kadang melompat, bahkan kakinya menendangi udara. Padahal kegiatannya hanyalah mengemas buku ke dalam dus, tapi dia memutuskan unuk mengkombinasikannya dengan berjoget.

Kupingnya tersumbat earphone yang mengumandangkan musik new wave koleksi abangnya. Dia baru lulus SMA sebulan yang lalu, tapi selera musiknya sama dengan anak SMA lima belas tahun yang lalu. Semua orang selalu bilang, yang namanya Kugy itu luarannya doang up-to-date, tapi dalamnya out-of-date. Yang dikatai malah cuek cenderung bangga. Kugy tetap bersikeras bahwa musik ’80, terkecuali fashion-nya, sangat keren dan jenius.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Demikianlah beberapa contoh cerita cerpen dan novel dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah referensi soal cerita pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh cerita cerpen, contoh cerita novel, contoh mite atau mitos, contoh dongeng parabel, contoh dongeng sage, contoh fabel pendek beserta strukturnya, serta jenis-jenis alur cerita. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan baru bagi pembaca sekalian, baik itu mengenai cerita, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia. Sekian dan juga terima kasih.

*Disadur dari buku kumpulan cerpen “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga” karya Kuntowijoyo.

**Disadur dari laman https://www.bacanovelonline.com/novel-perahu-kertas/

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, May 2018 / 14:40 Oleh :
Kategori : Cerita