Contoh Esai Singkat dalam Bahasa Indonesia

Yang dimaksud dengan esai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah karangan atau tulisan dalam bentuk prosa yang tidak terlalu panjang yang membicarakan suatu pokok persoalan,  misalnya kebudayaan, filsafat, agama, kesastraan, dan sebagainya. Menurut Marsudi dkk (2009), cara membuat esai yang benar di antaranya adalah kita harus melihat pokok persoalan dan menyertakan pendapat kita sehingga pembaca esai dapat hanyut oleh sikap, gagasan, maupun pandangan yang kita sampaikan. Sebelum menulis esai, ada baiknya kita menyusun terlebih dahulu sinopsis dan kemudian menulis esai yang dimaksud. Langkah-langkah penulisan esai sama dengan langkah-langkah penyusunan kritik.

Berikut adalah contoh esai singkat.

Timbangan Buku Rindu Dendam*

Oleh : J.E Tatengkeng

Suara baru yang datang mengalun, membumbung ke atas, hendak bersatu dengan Yang Mahakuasa. Demikianlah perasaan yang timbul dalam hatiku. Di sana-sini aku terhenti dan mengulangi membacanya, meresaplah hatiku. Alangkah indahnya lukisan dalam sajak pertama, terasa sunyi sepi, terlihatlah ia duduk seorang diri melihat-lihat ke awan dan sepasang pipit terbang dalam hati kecilnya iri, sedih, bangunlah bayangan masa lampau, bernyanyilah hatinya yang penuh rindu dendam itu. Dan di susunlah lagu hatinya dalam madah.

Dalam sajak J.E Tatengkeng ini, kita bertemu dengan kasih duniawi dalam madah di lereng gunung dan hati pujangga dapat menggenggam kasih yang sedalam-dalamnya. Hidup ini penuh dengan keindahan, asal kasih yang datang memberi kebebasan. Tetapi hatinya haus pada yang lebih kekal, ke sana, ke tempat di mana manusia berpaut, cinta yang kekal, yakni cinta pada Tuhan.

Segala yang dilihat dalam alam ini suatu lambang pujian kepada-Nya. Dalam rindu dendam yang kecil ini banyak yang menyimpulkan bahwa sajak ini sangat mendalam maknanya.

Ternyata benar pendapatku tentang semboyan yang tertulis pada halaman pertama. “Seni yaitu gerakan sukma”. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa buku Rindu Dendam ini telah menambah perbendaharaan madah Indonesia dengan sebuah sajak yang berisi perasaan yang memecah keluar.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh esai singkat. Artikel lainnya yang dapat dibaca dan berkaitan dengan esai dan contoh karya sastra lainnya di antaranya adalah contoh esai sastrajenis-jenis esaistruktur esai yang baik, jenis-jenis karangan semi ilmiah, jenis-jenis prosa non fiksi, jenis-jenis prosa baru, contoh tajuk rencana singkatcontoh resensi buku pelajarancontoh resensi buku cerpencontoh cerpen singkat beserta strukturnyacontoh novel terjemahancontoh sinopsis film, dan contoh sinopsis buku kumpulan puisi. semoga bermanfaat. Terima kasih.

*Dikutip dari buku Bahasa dan Sastra Indonesia 3 : Untuk Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Kelas XII Program Studi Bahasa – Departemen Pendidikan Nasional, 2009

, , , , , , , ,
Post Date: Thursday 27th, September 2018 / 12:55 Oleh :
Kategori : esai