17 Contoh Kalimat Majemuk Setara Perlawanan dalam Bahasa Indonesia

Kalimat majemuk adalah salah satu diantara jenis-jenis kalimat, selain kalimat inti, kalimat deklaratif, kalimat imperatif, maupun kalimat interogatif. Selain itu, kalimat majemuk juga termasuk ke dalam salah satu diantara jenis-jenis kalimat berdasarkan strukturnya, selain dari kalimat tunggal. Di artikel kali ini, kita akan mengetahui contoh dari salah satu dari jenis-jenis kalimat majemuk, yaitu kalimat majemuk setara perlawanan. Kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk yang berisi dua kalimat yang saling berlawanan. Biasanya, diantara dua kalimat tersebut terdapat macam-macam kata penghubung atau konjungsi seperti tetapi, namun, akan tetapi, melainkan, dan lain sebagainya.

Supaya pembaca lebih paham akan kalimat majemuk setara perlawanan, berikut ditampilkan beberapa contoh diantaranya.

  1. Rully memang termasuk anak yang kurang mampu secara ekonomi. Namun, hal itu tidak membuatnya rendah diri dan kehilangan semangat untuk berkuliah di luar negeri.
  2. Alwi merupakan salah satu siswa yang cerdas. Akan tetapi, kecerdasannya itu belum bisa dia imbangi dengan perilaku yang baik.
  3. Acara-acara yang ada di televisi mestinya tidak hanya ditujukan sebagai hiburan semata. Namun, acara hiburan di televisi juga mesti mengandung nilai edukasi di dalamnya.
  4. Andini bukanlah kekasih dari Afrizal, melainkan sepupu jauh dari Afrizal.
  5. Anni memang tidak berbakat di bidang seni tari. Akan tetapi, dia sangat berbakat di bidang lukis dan seni suara.
  6. Dani sangat suka buah semangka. Sebaliknya, Dina yang merupakan saudara kembar Dani justru tidak menyukai buah semangka.
  7. Banyak yang menganggap bahwa tim futsal kami tidak akan mampu menjadi juara di turnamen tahun ini. Namun, anggapan tersebut berhasil kami sanggah dengan gelar juara yang baru saja kami dapat ini.
  8. Saat liburan semester kemarin, aku berencana akan berlibur ke luar kota. Akan tetapi, niat itu terpaksa aku urungkan karena aku harus menemani Ibuku yang tengah sakit keras.
  9. Aku sempat merasa bahwa diriku tidak akan diterima di universitas idamanku. Akan tetapi, perasaan itu akhirnya sirna begitu saja setelah aku dinyatakan telah diterima sebagai salah satu mahasiswa di universitas idamanku tersebut.
  10. Tampilan makanan tersebut sangatlah biasa saja. Akan tetapi, rasanya sangat luar biasa enak saat kami cicipi.
  11. Ami memang bukan keturunan dari seorang musisi. Akan tetapi, bakatnya di dalam bidang musik sudah sangat terlihat saat dia masih kecil.
  12. Usia Pak Karni memang sudah tua. Namun, semangatnya dalam mencari nafkah tidak pernah pudar sekalipun.
  13. Sebetulnya, aku ingin sekali mentraktirnya makan. Akan tetapi, hal itu tidak jadi aku lakukan karena uang sakuku tidak cukup untuk mentraktirnya makan.
  14. Rani adalah seorang anak perempuan yang aktif dan cerewet. Sebaliknya, Rina yang merupakan saudara kembar Rani justru sangatlah pendiam dan juga pasif..
  15. Marrissa sangat tidak menyukai buah pepaya. Sebaliknya, Saskia justru sangat suka buah pepaya.
  16. Sejak kecil, aku pernah bercita-cita menjadi seorang pilot. Namun, saat aku dewasa, cita-citaku telah berubah, dimana cita-citaku kini adalah menjadi seorang novelis.
  17. Tinggi badan Hanif realtif kecil bagi seorang penjaga gawang. Namun, kemampuannya dalam menjaga gawang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Demikianlah beberapa contoh kalimat majemuk setara perlawanan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian, baik itu di dalam ranah kalimat majemuk khususnya, maupun ranah bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 04th, January 2018 / 09:54 Oleh :
Kategori : kalimat majemuk