14 Contoh Kalimat Pasif Berpola O-P-S-Pel-K dalam Bahasa Indonesia

Sebelumnya, kita telah mengetahui seperti apa contoh kalimat pasif berpola O-P-S-K. Kali ini, kita juga akan mengetahui beberapa contoh kalimat pasif dalam bahasa Indonesia yang ditulis dengan pola kalimat khusus. Adapun pola tersebut adalah pola O-P-S-Pel-K. Contoh-comntoh dari kalimat pasif berpola kalimat tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini!

  1. Adik diberi ibu mainan baru di hari ulang tahunnya kemarin. (O: adik, P: diberi, S: ibu, Pel: mainan baru, K: di hari ulang tahunnya kemarin)
  2. Kami ditawari paman sebuah pekerjaan pada hari Rabu kemarin. (O: kami, P: ditawari, S: paman, Pel; sebuah pekerjaan, K: pada hari Rabu kemarin)
  3. Kami ditraktir Nathan makan siang saat jam makan siang kantor. (O: kami, P: ditraktir, S: Nathan, Pel: makan siang, K: saat jam makan siang kantor)
  4. Kami disuruh pak guru mengerjakan soal-soal LKS tadi pagi. (O: kami, P: disuruh, S: pak guru, Pel: mengerjakan soal-soal LKS, K: tadi pagi)
  5. Kami ditawari tukang obat itu salah satu obat dagangannya saat kami melintas di hadapannya. (O: kami, P: ditawari, S: tukang obat itu, Pel: salah satu obat daganganya, K: saat kami melintas di hadapannya)
  6. Para santri tengah diajari pak ustaz mengaji di masjid. (O para santri, P: tengah diajari, S: pak ustaz, Pel: mengaji, K: di masjid)
  7. Kami diberi oleh paman oleh-oleh dari Pekanbaru. (O: kami, P: diberi, S: oleh paman, Pel: oleh-oleh, K: dari Pekanbaru)
  8. Agus dikirimi oleh orangtuanya sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama di perantauan. (O: Agus, P: dikirimi, S: oleh orangtuanya, Pel: sejumlah uang, K: untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama di perantauan)
  9. Kami diberi oleh bos kami upah tambahan karena beliau puas dengan hasil kerja kami. (O: kami, P: diberi, S: oleh bos kami, Pel: upah tambahan, K: karena beliau puas dengan hasil kerja kami)
  10. Karyawan perusahaan itu diberi oleh pemimpin perusahaannya parsel pada hari Sabtu kemarin. (O: karyawan perusahaan itu, P: diberi, S: oleh pemimpin perusahaannya, Pel: parsel, K: pada hari sabtu kemarin)
  11. Bakri diberi oleh pak guru hukuman akibat dari perbuatannya yang mengganggu siswa lain itu. (O: BAkri, P: diberi, S: oleh pak guru, Pel: hukuman, K: akibat dari perbuatannya yang mengganggu siswa lain itu)
  12. Aku ditawari oleh Pak Burhan pekerjaan di perusahaan miliknya. (O: aku, P: ditawai, S: oleh Pak Burhan, Pel: pekerjaan, K: di perusahaan miliknya)
  13. Kucing kampung itu diberi majikannya makanan kucing tadi pagi. (O: kucing kampung itu, P: diberi, S: majikannya, Pel: makanan kucing, K: tadi pagi)
  14. Anni dibelikan Agung kalung emas di hari ulang tahunnya kemarin. (O: Anni, P: dibelikan, S: Agung, Pel: cincin emas, K: di hari ulang tahunnya kemarin)

Demikianlah beberapa contoh kalimat pasif berpola O-P-S-Pel-K dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai kalimat pasif maupun bahasa Indonesia. Mohon dimaafkan jika terdapat kekeliruan yang terkandung di dalam artikel kali ini. Terima kasih.

Jika pembaca ingin menambah wawasan soal kalimat pasif, maka pembaca bisa membuka artikel-artikel berikut, yaitu: contoh kalimat pasif zero, contoh kalimat pasif keadaan, contoh kalimat pasif yang predikatnya berimbuhan di-kan, serta artikel contoh kalimat pasif diubah menjadi kalimat aktif.

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, June 2018 / 13:42 Oleh :
Kategori : Kalimat