Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia

Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia – Beberapa contoh karangan eksposisi sudah pernah dibahas sebelumnya. Contoh karangan eksposisi tentang pendidikan dan contoh karangan eksposisi tentang lingkungan adalah dua di antaranya. Artikel kali ini pun juga akan memberikan beberapa contoh dari karangan eksposisi dengan tema khusus, di mana tema khusus pada contoh karangan eksposisi kali ini adalah kesehatan. Tema ini sendiri sudah dijadikan tema di beberapa artikel, seperti contoh paragraf klasifikasi tentang kesehatan, contoh paragraf analogi tentang kesehatan, contoh paragraf induktif tentang kesehatan, dan contoh paragraf campuran tentang kesehatan.

Adapun contoh karangan eksposisi tentang kesehatan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

Jenis-Jenis Sakit Kepala yang Mesti Diketahui

Sakit kepala merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menjangkiti kepala. Umumnya, gejala yang dialami seseorang saat mengalami sakit kepala adalah adanya rasa pusing dan nyeri yang begitu terasa di kepala. Sakit kepala sendiri ternyata mempunyai sejumlah jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis sakit kepala yang diambil dari sumber yang terpercaya.

  1. Sakit Kepala Tegang

Merupakan sakit kepala yang ditandai dengan adanya rasa sakit di bagian sisi kepala, dan kemudian rasa sakit tersebut menjalar hingga ke bagian leher dan otot bahu. Penyebab dari sakit kepalan ini sendiri adalah pola makan dan pola tidur yang salah, serta stres yang dialami oleh penderitanya. Cara untuk mengobati sakit kepala ini adalah dengan meminum obat penghilang sakit kepala dan megubah pola tidur dan makan yang salah.

2. Sakit Kepala Kluster

Adalah salah satu jenis sakit kepala yang gejalanya ditandai dengan rasa sakit yang hebat dikepala, serta adanya rasa seperti tertusuktusuk di bagian salah satu mata. Rasa sakit ini hanya berlangsung selama satu jam. Namun, beberapa hari kemudian, rasa sakit tersebut bisa datang dan menyerang kembali. Sakit kepala ini biasanya dialami oleh perokok dan orang yang sering mengkonsumi minuman beralkohol. Mengurangi konsumi alkohol dan mengurangi kebiasaan merokok adalah cara untuk mencegah dan menyembuhkan sakit kepala ini. Selain itu, menyuntikkan obat khusus pereda rasa sakit kepla juga bisa dilakukan, dengan catatan harus sesuai ketentuan dokter.

3. Sakit Kepala Sinus

Gejala sakit kepala ini ditandai dengan adanya rasa sakit di sekitar hidung dan mata, hidung berair, demam, pembengkokkan wajah, serta lubang telinga yang terasa seperti penuh atau terisi sesuatu. Peyebab sakit kepala ini adalah penyakit sinusitis atau pembengkakkan pada selaput lendir. Selain itu, kelainan pada struktur kepala juga menjadi penyebab lain sakit kepala ini. Adapun pengobatan yang dilakukan adalah dengan pemberian sejumlah obat oleh dokter atau harus menjalani operasi.

4. Sakit Kepala Migrain

Merupakan sakit kepala yang paling dikenal masayarakat. Adapun  ini antara lain sakit kepala yang terasa hebat di salah satu sisi kepala dan mengakibatkan rasa sensitif terhadap  bau, suara, dan cahaya, serta mengakibatkan penderitanya mual dan muntah-muntah. Stres, perubahan hormon, faktor genetik, dan makanan menjadi penyebab sakit kepala ini. Mengkonsumsi obat migrain adalah solusi utama untuk mengobati sakit kepala ini. Pastikan konsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai sakit kepala migrain yang diderita.

5. Sakit Kepala Berulang

Sakit kepala ini ditandai dengan rasa sakit di bagian kepala yang terjadi secara berulang, dan bisa lebih parah jika rasa sakit tersebut diobati. Penggunaan obat penghilang rasa sakit menjadi penyebab utama terjadinya jenis sakit kepala ini. Mengurangi konsumsi obat pereda rasa nyeri, serta diimbangi dengan istirahat yang cukup adalah cara untuk mengatasi jenis sakit kepala ini.

Dengan mengetahui jenis-jenis kepala tersebut, kita jadi lebih memahami sakit kepala jenis apa yang bisa saja menjangkiti kepala kita.

Demikian contoh karangan eksposisi tentang kesehatan dalam bahasa Indonesia. semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 04th, December 2017 / 06:37 Oleh :
Kategori : Karangan