Contoh Karangan Eksposisi tentang Makanan dalam Bahasa Indonesia

Contoh Karangan Eksposisi tentang Makanan dalam Bahasa Indonesia – Karangan eksposisi adalah salah satu jenis-jenis karangan selain contoh teks anekdot dan macam-macam hikayat. Karangan ini sendiri berisi tentang suatu informasi yang disampaikan ke para pembacanya secara jelas. Karangan ini sendiri mempunyai sejumlah ciri, yaitu:

  • Informasi yang disampaikan bersifat faktual.
  • Didukung fakta yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.
  • Tidak ada unsur untuk mempegaruhi pembaca.
  • Informasi dalam karangan ini disampaikan secara terurai dan jelas.
  • Berisi rangkaian peristiwa atau proses suatu kegiatan.
  • Karangan eksposisi mampu menjawab pertanyaan yang mengandung jenis-jenis kata tanya.

Selain ciri, karangan eksposisi pun mempunyai sejumlah jenis, yaitu:

  1. Eksposisi berita: merupakan salah satu jenis karangan eksposisi yang berupa informasi atau berita.
  2. Eksposisi proses: karangan eksposisi yang berisi penjelasan suatu proses, petunjuk penggunaan, atau cara membuat sesuatu.
  3. Eksposisi ilustrasi : karangan eksposisi yang berisi penjelasan suatu ide yang di dalamnya terkandung macam-macam kata penghubung berikut ini atau dapat diilustrasikan sebagai berikut.
  4. Eksposisi definisi: berisi pengertian suatu hal.
  5. Eksposisi perbandingan: berisi suatu ide yang dibandingkan dengan ide atau objek lain.
  6. Eksposisi pertentangan: berisi pertentangan objek.
  7. Eksposisi klasifikasi: berisi pengelompokkan suatu objek menajdi beberapa kategori.

Contoh karangan eksposisi sudah pernah disajikan sebelumnya. Contoh karangan eksposisi tentang pendidikan, contoh karangan eksposisi tentang lingkungan, dan contoh karangan eksposisi tentang kesehatan adalah beberapa diantaranya. Artikel kali ini pun juga akan menampilkan contoh karangan eksposisi dengan makanan sebagai temanya. Contoh karangan tersebut adalah sebagai berikut.

Contoh Karangan Eksposisi tentang Makanan

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Makanan ini menjadi salah satu makanan terenak kedua di dunia versi CNN. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga bisa ditemukan di manapun dengan berbagai variannya. Proses pembuatan nasi goreng sendiri sebetulnya cukup sederhana, di mana proses pembuatannya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan bahan-bahan seperti nasi putih satu piring, bawang merah dan putih satu siung, telur satu butir, garam dan gula secukupnya, kecap secukupnya, dan minyak goreng atau mentega secukupnya.
  • Siapkan juga alat-alat seperti wajan, kompor, piring, pisau, sendok, dan spatula.
  • Potong terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih hingga halus.
  • Panaskan minyak atau mentega di atas wajan dengan api kompor yang sedang.
  • Masukkan bawang merah dan putih yang telah diiris, lalu masukkan telur yang telah dipecahkan cangkangnya. Aduk telur bersama bawang merah dan putih dengan menggunakan spatula.
  • Masukkan bahan-bahan lain seperti nasi, garam, gula, dan kecap. Setelah itu, aduk kembali hingga rata dengan menggunakan spatula.
  • Setelah merata dan wanginya tercium, matikan api dan pindahkan nasi goreng ke atas piring.
  • Tiriskan sejenak, dan nasi goreng pun siap untuk disantap.

Seiring waktu berjalan, bahan-bahan dan proses pembuatan nasi goreng pun kian banyak dan rumit. Alhasil, varian nasi goreng pun kian banyak. Adapun varian-varian nasi goreng tersebut antara lain nasi goreng kambing, nasi goreng pedas, nasi goreng seafood, dan lain sebagainya. Varian-varian tersebut bisa dijumpai di warung-warung makan pinggiran maupun di restoran-restoran.

Demikianlah beberapa contoh karangan eksposisi tentang makanan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai karangan eksposisi khususnya, dan bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 04th, December 2017 / 07:47 Oleh :
Kategori : Karangan