26 Contoh Kata Hipernim dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Hubungan antara suatu makna kata dengan makna kata yang lain dapat dibedakan atas kata sinonim, homonim, antonim, polisemi, hipernim dan hiponim. Kata hipernim adalah kata yang memiliki makna luas mencakup makna kata lain yaitu hiponim. Hipernim menduduki posisi sebagai superordinalnya sedangkan hiponim sebagai subordinalnya.

Contoh kata hipernim dapat dibuat dalam jenis-jenis kalimat seperti berikut ini :

  1. Ibu membeli pakaian seragam pramuka di toko busana kemarin. (Kata pakaian merupakan hipernim dari baju renang, celana panjang, kebaya dan lainnya).
  2. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau. (Kata pulau merupakan hipernim dari kalimantan, sulawesi, jawa dan lainnya).
  3. Perubahan cuaca sering menyebabkan banyak ikan mati. (Kata ikan merupakan hipernim dari gurame, nila, koi, lele dan lainnya).
  4. “Siapa yang tahu, planet apa yang paling besar?”, tanya bu guru. (Kata planet merupakan hipernim dari jupiter, mars, venus dan lainnya).
  5. “Biasanya jumlah kendaraan akan meningkat menjelang libur panjang nanti”, jawab seorang pedagang jagung bakar. (Kata kendaraan merupakan hipernim dari mobil, motor, bus, truk dan lainnya).
  6. Harimau termasuk binatang pemakan daging. (Kata binatang merupakan hipernim dari harimau, kuda, kucing, ular dan lainnya).
  7. Harga sayur masih stabil walaupun permintaa meningkat. (Kata sayur merupakan hipernim dari kangkung, wortel, kol, kentang dan lainnya).
  8. Untuk pemilihan warna, saya serahkan pada Tri. (Kata warna merupakan hipernim dari merah, kuning, hijau, biru dan lainnya).
  9. Adik mengambil bola yang berada di dekat meja. (Kata bola merupakan hipernim dari bola sepak, basket, voli dan lainnya).
  10. Agar jantung kita sehat, kita harus sering olahraga. (Kata olahraga merupakan hipernim dari renang, sepak bola, lari dan lainnya).
  11. Jumlah benua di dunia adalah tujuh, dan yang paling besar adalah benua Asia. (Kata benua merupakan hipernim dari benua Amerika, Asia, Eropa, Afrika dan lainnya).
  12. “Mengapa terdapat banyak gunung di Indonesia yang aktif?”. (Kata gunung merupakan hipernim dari gunung Merapi, Semeru, Bromo, Galunggung dan lainnya).
  13. Saya temukan beberapa kalimat yang sama dengan karya orang lain dalam artikel ini. (Kata kalimat merupakan hipernim dari kalimat luas, kalimat aktif dan kalimat aktif, kalimat sederhana, kalimat inti dan lainnya).
  14. Siang tadi Rian membeli sepatu bersama ayah ke Bandung. (Kata sepatu merupakan hipernim dari sepatu boot, olahraga, kerja dan lainnya)
  15. Mona mengantar temannya ke perpustakaan untuk mencari buku sumber sewaktu aku pergi ke kantin. (Kata buku merupakan hipernim dari novel, buku tulis, pelajaran dan lainnya).
  16. Mamalia adalah istilah dalam biologi untuk hewan yang menyusui. (Kata mamalia merupakan hipernim dari sapi, kuda, singa dan lainnya).
  17. Truk milik Jaka menabrak sebuah pohon dipinggir jalan dekat toko kue Selamat. (Kata pohon merupakan hipernim dari rambutan, jati, bambu, jambu dan lainnya).
  18. Diana menunggu paman di terminal sejak pagi tadi. (Kata terminal merupakan hipernim dari terminal Rambutan, Leuwi Panjang, Bungur Asih dan lainnya).
  19. Kami harus tiba di stasiun pukul 07.00 pagi agar tidak terlambat menumpang kereta. (Kata stasiun merupakan hipernim dari kereta, stasiun pengisian bahan bakar dan lainnya).
  20. Dia jarang terserang penyakit, mungkin karena daya tahan tubuhnya baik. (Kata penyakit merupakan hipernim dari difteri, malaria, DBD, kurap dan lainnya).
  21. Nida sedang membuat kue di dapur ditemani bibi. (Kata kue merupakan hipernim dari bolu, kue kering, kue basah dan lainnya).
  22. Di kota ini pertama kali Yana bertemu dengan seorang wanita yang sekarang menjadi istrinya itu. (Kata kota merupakan hipernim dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar dan lainnya).
  23. Ibu meminta tolong kepada mang Tardi untuk menggunting rumput di halaman. (Kata rumput merupakan hipernim dari rumput jepang, gajah, teki dan lainnya).
  24. Setiap pagi kakek membaca koran ditemani secangkir kopi pahit. (Kata koran merupakan hipernim dari Republika, Kompas, Pikiran Rakyat dan lainnya).
  25. Wati menemani Bibi ke pasar untuk membeli ikan dan sayuran. (Kata pasar merupakan hipernim dari pasar rebo, pasar tradisional, pasar kaget dan lainnya).
  26. Hani membawa 8 helai kertas dari laci meja belajarnya. (Kata kertas merupakan hipernim dari buram, HVS, warna dan lainya).

Agar menambah perbendaharaan contoh kata hipernim dalam kalimat dan hubungannya dengan hiponim anda dapat melihatnya pada contoh kalimat hiponim dan hipernim. Semoga bermanfaat.

, , , , , , , ,
Post Date: Friday 09th, February 2018 / 06:34 Oleh :
Kategori : makna kata