Sponsors Link

Contoh Teks Eksemplum tentang Liburan dalam Bahasa Indonesia

Artikel sebelumnya kita sudah memberikan contoh teks eksemplum tentang pengalaman. Dalam artikel ini, masih berkaitan dengan teks eksemplum, kali ini kita akan memberikan contoh teks eksemplum tentang liburan. Berikut contohnya.

1. Judul : Liburan ke Gunung

• Orientasi

Pada hari minggu pekan lalu, aku bersama teman-teman pergi mendaki gunung. Malam sebelum kami berangkat, aku merasa senang sekali karena sudah lama aku tidak liburan dan mendaki bersama teman-temanku. Sambil mengingat-ngigat saat liburan terakhir kali kami mendaki, akhirnya aku tidur karena sudah tidak sabar menyambut hari esok. Namun, keesokan harinya ternyata aku malah bangun kesiangan.

• Insiden

Karena terlambat bangun, aku langsung bergegas memasukkan barang-barang yang aku butuhkan dalam perjalanan dan saat pendakian nanti. Pendakian pun dimulai. Beberapa jam perjalanan, akhirnya kami pun beristirahat. Teman-temanku mengeluarkan botol air minum untuk melepas dahaga. Begitu pula aku, namun aku tidak menemukan botol air minum dalam ranselku. Akhirnya aku menyadari bahwa botol air minumku tertinggal di rumah, karena aku berangkat tergesa-gesa.

• Interpretasi

Dengan kejadian ini aku baru menyadari kesalahanku, kita tidak boleh terburu-buru dalam mengambil keputusan ataupun melakukan sesuatu hal. Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang dan rapi.

2. Judul : Liburan ke Pantai

Liburan kali ini, aku pergi mengunjungi kakek yang tinggal di pulau Bali. Saat itu, jam menunjukkan pukul 8 pagi. Aku pun segera bangun dan langsung mandi. Setelah itu aku pun makan pagi bersama anggota keluarga lainnya. Pada saat sarapan kami sekeluarga membicarakan dan menentukan kemana hari ini kami akan berlibur. Akhirnya kami semua sepakat, bahwa kami akan mengunjungi pantai Pandawa. Selesai makan pagi, kami bergegas menyiapkan barang-barang yang akan kami bawa untuk berwisata ke pantai Pandawa. Setibanya di pantai Pandawa kami langsung menyewa sebuah tenda dan menikmati pemandangan pantai.

• Insiden

Saat asyiknya menikmati pemandangan aku dan saudaraku langsung berlari ke arah pantai untuk mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan. Aku pun memotret pemandangan laut dari segala sisi dengan karema hp ku. Tanpa sadar ketika ombak datang, aku terkejut dan hp ku terjatuh ke air.

• Interpretasi

dalam melakukan segala sesuatu, hendaknya kita harus berhati-hati dan selalu waspada dalam segala kondisi.

Itulah 2 contoh teks eksemplum tentang liburan dalam bahasa Indonesia. Artikel lainnya yang dapat Anda baca, adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang alamcontoh teks diskusi tentang kesehatancontoh teks diskusi tentang narkobacontoh teks berita tentang sekolahcontoh teks berita seni budaya, contoh teks berita dukacontoh teks berita ekonomicontoh teks berita pendidikancontoh teks berita di koran, contoh teks berita bolacontoh teks naskah drama persahabatan 5 orangcontoh teks naskah drama persahabatan 4 orangcontoh teks naskah drama cerita rakyatcontoh teks naskah drama lucucontoh teks eksposisi analisis tentang kesehatancontoh teks eksposisi analisis beserta strukturnya, dan contoh teks prosedur komplek membuat jus. Semoga bermanfaat. Terima kasih.