Huruf Diftong dan Gabungan Huruf Konsonan dalam Bahasa Indonesia

Dalam bahasa Indonesia, penulisan suatu huruf telah diatur dalam Ejaan yang Disempurnakan (EyD) atau yang kini lebih dikenal dengan istilah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Dua diantara jenis huruf yang diatur penulisannya dalam PUEBI adalah huruf diftong dan huruf konsonan. Dua huruf tersebut akan dibahas khusus pada dalam artikel kali ini. Adapun pembahasan-pembahasan adalah sebagai berikut!

1. Huruf Diftong

Huruf diftong merupakan huruf yang terbentuk dari hasil penggabungan dua huruf vokal yang menghasilkan satu bunyi huruf vokal yang baru. Menurut laman puebi.readthedocs.io, huruf-huruf diftong terdiri atas empat buah huruf, yaitu ai, au, ei, dan oi. Keempat huruf ini bisa diletakkan di awal, tengah, ataupun akhir sebuah kata. Selain itu, huruf ini tidak bisa dipisahkan saat hendak dipenggal. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada tabel di bawah ini!

No Huruf Diftong Di Posisi Awal Kata Di Bagian Tengah Kata Di Bagian Akhir Kata
1 ai balairung  pandai
2 au autodidak taufik harimau
3 ei eigendom  geiser survei
4 oi boikot konvoi

2. Gabungan Huruf Konsonan

Jenis huruf selanjutnya yang penulisannya diatur dalam PUEBI adalah huruf gabungan konsonan. Seperti namanya, huruf ini merupakan huruf yang terbentuk darigabungan beberapa konsonan sehingga membentuk suatu bunyi konsonan yang baru. Menurut laman puebi.readthedocs.io, huruf-huruf yang termasuk ke dalam huruf ini antara lain kh, ng, ny, dan sy. Seperti halnya pada huruf diftong, huruf gabungan konsonan juga bisa dipakai di awal, tengah, dan akhir sebuah kata. Selain itu, kedua huruf yang terdapat pada huruf gabungan konsonan ini juga tidak bisa dipotong atau dipenggal saat suatu kata mengalami suatu pemenggalan kata. Untuk lebih memahami huruf ini, berikut ditampilkan tabel yang ada di bawah ini!

No Gabungan Huruf Konsonan Bagian Awal Kata Bagian Tengah Kata Bagian Akhir Kata
1 kh khazanah  akhir  tarikh
2 ng ngarai  bangsa buang
3 ny  nyonya suny
4 sy  syarikat masyarakat arasy

Demikianlah pembahasan mengenai huruf diftong dan gabungan huruf konsonan dalam PUEBI. Jika pembaca ingin mengetahui seputar penggunaan dan contoh huruf, pembaca bisa membuka artikel penggunaan huruf miring, penggunaan huruf kapital, contoh penulisan huruf tebal, contoh penggunaan huruf kapital pada awal kalimat, contoh penggunaan huruf kapital pada kutipan langsung, contoh penggunaan huruf kapital pada nama orang, dan contoh penggunaan huruf kapital pada nama buku. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 06th, March 2018 / 00:59 Oleh :
Kategori : Huruf