Sponsors Link

10 Macam-Macam Hikayat dalam Bahasa Indonesia

Macam-Macam Hikayat dalam Bahasa IndonesiaMenurut laman Wikipedia, hikayat merupakan salah diantara jenis-jenis prosa lama selain contoh dongeng fabel singkat dan macam-macam dongeng. Umumnya, jenis prosa lama ini menggunakan bahasa Melayu dan berisi cerita, kisah, atau dongeng yang mengisahkan kehebatan seseorang lengkap dengan mukjizat, keanehan, dan kesaktian sang tokoh utama. Sebuah hikayat biasa dibacakan sebagai pelipur lara, meramaikan pesta, dan sebagai pemantik semangat juang seperti halnya jenis-jenis syair, jenis-jenis pantun berdasarkan isinya, dan jenis-jenis puisi.

Adapun macam-macam hikayat sendiri, terbagi atas dua kategori, yakni berdasarkan isi dan asal usulnya. Berdasarkan isinya, hikayat terdiri atas beberapa macam, yaitu:

1. Epos India

Dilansir dari Wikipedia, epos atau wiracrita merupakan sejenis karya sastra tradisional yang menceritakan kisah pahlawan. Epos sendiri biasanya dinyatakan dalam bentuk jenis-jenis syair. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa epos India merupakan kisah kepahlawanan yang berasal dari negeri India. Adapun epos India yang masuk dan dikenal oleh masyarakat Indonesia antara lain Ramayana dan Mahabarata.

2. Cerita Asal Jawa

Jenis hikayat ini berasal dari berbagai wilayah di pulau Jawa biasa disebut juga sebagai babad. Salah satu contoh dari macam hikayat ini adalah Babad Tanah Jawi. Babad ini berkisah tentang sejarah raja-raja yang ada di pulau Jawa. Bentuk babad ini hampir sama dengan epos, yakni berupa syair atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama babad. Diperkirakan, Babad Tanah Jawi dibuat pada abad ke-18 masehi.

3. Cerita Rakyat

Jenis hikayat ini merupakan hikayat yang ada di hampir seluruh pelosok Indonesia. Hal ini dikarenakan hampir setiap daerah selalu mempunyai cerita rakyatnya masing-masing. Misalnya saja di Jawa Barat. Salah satu provinsidi pulau Jawa ini mempunyai salah satu erita rakyat yang melegenda dan populer di masyarakat, yaitu Legenda Tangkuban Parahu.

4. Sejarah dan Biografi

Merupakan jenis hikayat yang berisi  sejarah suatu daerah atau biografi tokoh terkenal di masa lampau. Hikayat Abdullah dan hikayat Ibrahim ibnu Adam adalah dua contoh dari jenis hikayat ini. Keduanya berisi biografi masing-masing tokoh, baik itu Abdullah maupun Ibrahim ibnu Adam.

5. Cerita Islam

Seperti namanya, jenis hikayat ini berisi cerita-cerita yang bersifat Islami dan bersumber dari sumber-sumber rujukan agaa Islam, seperti Al-Qur’an, Hadits, tulisan-tulisan karya para ulama. Selain itu, hikayat ini juga bisa bersumber dari peristiwa aktual yang menyangkut agama Islam. Hikayat Merah Silu menjadi salah satunya. Secara garis besar, hikayat ini berkisah tentangsejarah masuknya agama Islam di tanah Melayu.

6. Cerita Bertingkat

Adalah jenis hikayat yang isinya mempunyai alur cerita yang bertingkat, di mana suatu tokoh mengalami satu fase ke fase lainnya, sehingga si tokoh digambarkan mengalami kisah hidup yang berat dan dramatis. Jenis hikayat ini juga bisa berbentuk sebuah cerita yang di dalamnya ada cerita lainnya. Misalnya saja hikayat 1001 malam.

Sementara itu, berdasarkan asal-usulnya, macam-macam hikayat terbagi atas:

  1. Pengaruh Jawa: merupakan hikayat yang kental akan budaya Jawa.
  2. Melayu Asli: hikayat yang berasal dan digubah dari tanah Melayu.
  3. Pengaruh Hindu: adalah jenis hikayat yang kental akan pengaruh agama Hindu.
  4. Pengaruh Arab-Persia: hikayat yang kental akan pengaruh Arab dan Persia.

Demikianlah macam-macam hikayat dalam bahasa Indonesia. Untuk mengetahui seperti apa bentuk konkret hikayat, pembaca bisa membuka artikel contoh hikayat singkat. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca di dalam bidang bahasa Indonesia. Terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 25th, November 2017 / 23:12 Oleh :
Kategori : hikayat