X

Contoh Cerpen Singkat Beserta Unsur Intrinsiknya

Beberapa contoh cerpen sudah pernah diampilkan sebelumnya, seperti contoh cerpen alur mundur, contoh cerpen alur campuran, contoh cerpen singkat tentang lingkungan alam, contoh cerpen pendek, contoh alur cerita dalam cerpen, serta contoh cerpen singkat beserta strukturnya. Artikel kali ini pun juga akan menayangkan contoh cerpen, di mana cerpen yang ditayangkan relatif singkat (kurang dari 10 halaman buku), serta dipaparkan pula unsur intrinsik yang terkandung di dalamnya. Dalam artikel unsur intrinsik dan ekstrinsik, unsur intrinsik merupakan unsur yang ada di dalam sebuah cerita–termasuk cerpen–dan terdiri atas:

  1. Tema: gagasan pokok cerita.
  2. Tokoh: karakter yang terlibat dalam cerita yang mempunyai beberapa karakteristik.
  3. Latar (Setting): merupakan latar di mana cerita itu berlangsung, entah itu latar tempat, waktu, maupun suasana.
  4. Alur: jalan cerita yang terkandung di dalam sebuah cerita.
  5. Sudut Pandang: cara pandang pengarang dalam menuangkan ceritanya, entah itu menggunakan sudut pandang sang tokoh (sudut pandang orang pertama) dan sudut pandang pengarang itu sendiri (sudut pandang orang ketiga atau sudut pandang di luar sudut pandang tokoh di dalam cerita).
  6. Amanat: pesan yang dikandung sebuah cerita.
  7. Gaya Bahasa: cara penulis menuliskan cerita tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh cerpen singkat berdasarkan unsur intrinsiknya dalam bahasa Indonesia.

Hujan, Musik, dan Kenangan*

Karya: Yvonne de Fretes

Hujan yang turun sepanjang petang belum juga berhenti meskipun malam terus beringsut. Tak banyak yang dapat dikerjakannya sejak turun hujan tadi. Tak banyak memang, bila itu diartikan sebagai gerakan atau kegiatan fisik yang memadai. Lelaki itu cuma berdiri di jendela sepenuh waktu petang itu, menatap hujan yang menerpa daun-daun pinus yang berjajar sepanjang pagar sebelah timur gerbang bambu.

Di arah yang berlawanan, rimbunnya Bougenville dengan bunganya yang merah jambu itu tampak cantik dihiasi kerlap-kerlip titik air di permukaan daunnya. Ia menikmatinya dengan penuh sendu. Muram seperti warna langit di petang itu. Sementara malam segera turun, dan ia masih saja di situ.

Angin malam berembus agak dingin, tetapi ia belum mau menutup jendela. Kalau saja mendiang istrinya masih ada, dia pun akan melakukan hal yang sama. Ya, Yasmin, istrinya, akan berbuat yang sama dengannya pada malam seperti itu. Berdiri di jendela, menatap ke luar memandang hujan yang jatuh, merasakan hembusan angin. Menurut Yasmin hujan adalah berkah. Alam seakan sedang bernyanyi dan titik-titik air yang menerpa kaca jendela seolah menciptakan lirik-lirik puisi cinta yang romantis.

Ia hapal kebiasaan-kebiasaan Yasmin, dan itulah yang membuat hatinya teriris. Selalu, sehabis hujan, kecuali di malam larut, ia akan turun ke halaman dan menghirup napas dalam-dalam, mmengembuskannya, dan kemudian menghirupnya lagi.

“Bau tanah dan tumbuhan sehabis hujan sangat khas dan menyamankan,” begitu katanya.

Banyak lagi keunikan Yasmin yang dengan jelas masih dingatnya. Sepertinya semua itu naru terjadi kemarin. Jangan kira Yasmin hanya suka pada suasana hujan. Waktu mereka bertugas ke selama beberapa tahun di Palembang, kadang-kadang Yasmin mengajaknya jalan-jalan agak ke luar kota. Tepatnya ke lokasi hutan karet., cuma untuk menikmati cahaya surya yang menembus lewat dahan ratusan pohon karet yang berjajar rapi sehingga menimbulkan permainan sinar yang indah menimpa tanah yang sarat oleh daun-daun yang gugur. Ia akan turun dari mobil, berjalan jauh ke tengah hutan karet dan berdiri di sana menikmati semuanya itu.

“Yasmin…,” ia berbisik sendu. Betapa mereka selalu saling menyayangi dan akan selalu begitu. Meskipun ada saat-saat tertentu dia merasa tidak begitu mengerti Yasmin, tapi itu bukan halangan. Bukankah dengan demikian mereka selalu belajar untuk memahami sepanjang kehidupan perkawinan mereka. Mungkin karena hal-hal itu pula, hubungan mereka jauh dari rasa jenuh. Yang penting mereka bisa menyelaraskan diri dengan pasangan masing-masing, maka perbedaan-perbedaan bukannya mengganggu malah lebih memperkaya hubungan mereka.

Lelaki itu tersenyum, untuk pertama kali sepanjang petang itu. Memang itulah yang dirasakannya dalam hidup perkawinannya dengan Yasmin sehingga biarpun mereka tidak dikaruniai putra, hidup mereka punya isi. Semakin lama, sepanjang lima belas tahun perkawinan mereka, semakin mereka mendapati diri mereka saling menyukai dan mencintai.

Yasmin menyimpan baik-baik sebuah lukisan sekuntum mawar merah berukuran 70×60 cm, yang digantungnya di ruang keluarga, tepat berhadapan dengan kursi kesayangannya tempat ia selalu duduk membaca. Dalam gambar iru, di tangkai mawarnya, ada tulisan “Love is Enough.”

“Aku setuju dengan ungkapan itu. Kamu, Yang?” tanyanya (Yasmin) sambil menatap gambar tersebut.

“Yeah… menurutku ungkapan itu tidak selalu benar,” jawabnya (si lelaki).

“Tidak selalu? Apa maksudmu? Cinta, zat yang sakral itu, butuh sikap, Yang,” katanya (Yasmin) lagi dengan tegas meskipun tetap bernada lembut.

Lelaki itu diam saja, dan iu tandanya oa segan meneruskan perbincangan. Yasmin pun meneruskan bacaannya.

Kali lain lelaki itu mendengar istrinya nerkata seolah kepada dirinya sendiri, “Cinta memang tiada berkepentingan lain selain mewujudkan maknanya.”

“Dari penyair Libanon kesukaaanmu kan?” kata lelaki itu.

Yasmin tidak menjawab, cuma brjalan mendekatinya dan membelai pipinya sekilas sebelum menghilang ke dapur.

Yasmin… Yasmin… kini ia pun masih bisa tersenyum mengenang saat-saat indah itu.

Malam merangkak terus. Hujan tidak lagi sederas petang tadi. Angin yang singgah di tubunya semakin dingin. Ditutupnya kain jendela, lalu ia mengambil tempat di kursi baca, menjangkau sebuah buku yang sejak tadi tergeletak di atas meja di sampingnya, dan mulai membaca. O ya, di saat-saat begini, Yasmin akan memutar piringan hitam koleksi musik klasik kesayangannya. Lelaki itu menolak melakukannya sekarang, takut kenangan akan lebih mengiris hatinya. Ia meneruskan bacaannya.

Ketukan pintu menyadarkannya, tapi ia tetap duduk. Sahabatnya masuk, mengibaskan bekas hujan di jas panjangnya, menanggalkan dan meletakkannya di sandaran kursi dekat pintu, dan langsung melintas ke ruang tengah. Mereka bertatapan, tersenyum dalam diam, dan sebelum duduk sahabatnya itu menuju meja di pojok. Lelaki itu tampak inginprotes tapi ditahannya. Lalu berkumandanglah sebuah sonata karya Schubert, Gretchen am Spinrade (Greta Pada Roda Pintal). Mereka duduk berhadapan, diam mendengarkan dan menikmati karya yang konon karya perdana komposer itu. Ini pun salah satu kesukaan Yasmin. Mereka berdua tahu itu. Lelaki itu ingat, hari-hari terakhir Yasmin selalu dihiasi dengan simfoni-simfoni indah sampai saat kepergiannya daridunia ini, pada suatu sore yang cerah di rumah mereka, setelah para dokter tidak bisa menangani kanker lambung yang diidapnya beberapa bulan yang lalu.

Dia memandang ke arah sahabatnya yang kadang berkunjung, terutama setelah ia dan Yasmin menetap di ibu kota. Mereka bertiga kadang terlibat dalam percakapan akrab dan gurauan sampai larut malam, dan mereka sama-sama menikmatinya. Sejak kepergian Yasmin, sahabtanya lebih sering datang. Ia ingin melarangnya tapi khawatir sahabatnya itu tersinggung.

Lelaki itu sebenarnya lebih senang sendirian saja mengatasi kepedihan dan kesepiannya. Ia ingin ruang-ruang itu cuma milik mereka berdua; ia dan Yasmin, dan ia yakin dengan begitu akan mudah baginya melewati saat-saat yang menyayat itu. Lebih pedih rasanya bila sahabatnya datang dan menciptakan suasana semacam itu, pada malam yang basah seperti itu. Tapi demi Tuhan, bagaimana mau melarangnya? Sampai hatikah ia?

Mereka berdua dulu satu kamar di tempat kos selama bertahun-tahun masa kuliah, sama-sama hobi memotret, sama-sama naksir gadis manis di ujung jalan, dan berbahagialah lelaki itu karena ternyata gadis itu–Yasmin–memilihnya.

*Sumber: Kalung Dari Gunung, Kumpulan Cerpen Pengarang-Pengarang Aksara (Bestari, 2004) yang diedit sedikit oleh penulis.

Unsur Intrinsik Pada Cerpen di Atas:

  • Tema: tentang seorang lelaki yang mengenang kepergian istrinya (Yasmin) beberapa bulan yang lalu akibat kanker lambung yang diderita sang istri. Dalam mengenan istrinya, si lelaki juga ditemani oleh sahabatnya semasa kuliah yang dahulu menyukai YAsmin dan diam-diam mengenang perempuan yang disukainya itu. Hal itu membuat si lelaki kesulitan melewati masa dukanya.
  • Tokoh: 
    • Lelaki Itu: digambarkan sebagai sosok yang melankolis. Hal ini tercermin dari caranya mengenang sosok istrinya tersebut.
    • Yasmin (istri lelaki Itu): merupakan perempuan yang disukai Si Lelaki sejak kuliah dan digambarkan sebagai sosok yang menyukai pemandangan alam seperti hujan dan sinar matahari, serta menyukai kata-kata yang ada hubungannya dengan cinta.
    • Sahabat Lelaki Itu: digambarkan sebagai sosok yang setia kepada sahabatnya, dan diam-diam mengenang Yasmin yang juga dia sukai sewaktu kuliah dulu.
  • Latar (Setting):
    • Latar Tempat: rumah lelaki itu dan almarhumah istrinya.
    • Latar Waktu: sore dan malam hari, serta sehabis hujan dan saat matahari terbit di hutan karet.
    • Latar Suasana: murung.
  • Alur: alur yang digunakan adalah jenis-jenis alur cerita mundur, sebab si tokoh utama (Lelaki Itu) menceritakan banyak hal yang dia alami bersama istrinya di masa lalu.
  • Sudut Pandang: sudut pandang yang digunakan penulis pada cerpen di atas adalah sudut pandang orang ketiga, atau sudut pandang di luar tokoh cerpen.
  • Amanat: menurut pandangan penulis, amanat utama yang terkandung pada cerpen di atas adalah kita senantiasa mengenang hal baik dari orang yang telah meninggalkan kita untuk selamanya. Kita juga harus bisa melewati kesedihan yang kita alami seberat apapun itu.
  • Gaya Bahasa: gaya bahasa cerpen di atas cenderung lugas, di mana tidak ada kata-kata bermakna ambigu di dalamnya. Meski begitu, terdapat pula kalimat-kalimat yang menggunakan macam-macam majas perbandingan, seperti metafora atau personifikasi. Misalnya:
    • Alam seakan sedang bernyanyi dan titik-titik air yang menerpa kaca jendela seolah menciptakan lirik-lirik puisi cinta yang romantis. (kalimat ini menggunakan contoh majas personifikasi, di mana pada kalimat ini alam dan totik-titik air yang menerpa kaca jendela di samakan dengan manusia yang pandai bernyanyi dan menciptakan puisi cinta).
    • Ia menikmatinya dengan penuh sendu. Muram seperti warna langit di petang itu. (dua kalimat ini menggunakan contoh majas metafora, di mana satu kalimat di perbandingkan dengan kalimat satunya lagi).

Demikianlah contoh cerpen singkat beserta usur intrinsiknya. Semoga bermanfaat.

Categories: cerpen
Ratna Sumarni S.Pd: