X

Teks Inspirasi – Pengertian, Ciri, dan Unsur

Pada kesempatan yang lalu, kita telah mengulas secara singkat tentang berbagai macam teks di antaranya teks diskusi, teks beritateks eksempulum, teks ulasan, dan teks prosedur dalam bahasa Indonesia. Kali ini, kita akan mengulas tentang teks inspirasi terkait dengan pengertian, ciri, dan unsur-unsur yang membangun teks inspirasi.

Pengertian

Menurut Kemendikbud (2018), yang dimaksud dengan teks inspirasi atau teks cerita inspiratif adalah salah satu bentuk teks narasi yang bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi banyak orang. Cerita yang disampaikan dalam teks inspirasi umumnya dapat menggungah perasaan atau memberi kesan yang sangat mendalam bagi pembacanya. Tak jarang, cerita yang disajikan mampu membuat seseorang berjanji pada dirinya sendiri untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Teks inspirasi atau teks cerita inspiratif sering kita temui di berbagai media massa seperti surat kabar atau media online. Adapun cerita yang disajikan dalam teks inspirasi biasanya berasal dari kisah hidup seseorang, rekaan, atau kisah-kisah yang dapat diambil dari perilaku binatang di kehidupan nyata. Agar sebuah cerita dapat menginspirasi banyak orang maka harus memenuhi beberapa ciri khusus.

Ciri

Agar sebuah cerita dapat menginspirasi banyak orang maka harus memenuhi beberapa ciri khusus. Adapun ciri-ciri teks inpirasi atau teks cerita inpiratif di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Teks inspirasi memiliki struktur teks yang terdiri dari orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.
  • Teks inspirasi biasanya memiliki tema tertentu yang dapat dikembangkan menjadi sebuah kisah yang menarik.
  • Selain tema, teks inspirasi pun memiliki alur cerita tertentu hingga pembaca dapat memahami cerita yang disajikan serta pesan yang terkandung didalamnya.
  • Teks inspirasi pun memiliki amanat atau pesan yang hendak disampaikan kepada pembacanya. Misalnya, hidup bahagia dengan segala kekurangan yang dimiliki.
  • Teks inspirasi bersifat naratif karena menceritakan tentang seseorang atau sesuatu yang dapat memberikan inspirasi bagi siapa pun membaca kisah tersebut.
  • Teks inspirasi umumnya menceritakan kisah hidup seorang tokoh yang dapat menjadi suri tauladan bagi pembacanya. Tokoh dalam teks inspirasi dapat berupa tokoh yang ada dalam kehidupan nyata atau rekaan. Bisa juga teks inspirasi diwujudkan dalam cerita binatang atau fabel.

Unsur

Unsur teks inspirasi merujuk pada struktur teks inspirasi yang terdiri dari orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.

  • Orientasi merujuk pada pengantar cerita yakni semacam bagian pendahuluan yang berisi gambaran umum sebelum masuk ke cerita yang lebih rinci.
  • Perumitan peristiwa umumnya berisi tentang perjalanan kisah tokoh dan peristiwa yang dialami sang tokoh menuju ke puncak cerita atau konflik.
  • Komplikasi berisi puncak atau inti cerita, tempat kisah yang menjadi inspirasi. Pada bagian ini, biasanya disajikan berbagai permasalahan yang dialami sang tokoh dan bagaimana sang menghadapi berbagai permasalahan yang ada.
  • Resolusi merujuk pada peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan. Pada bagian ini, dikisahkan berbagai peristiwa-peristiwa yang dialami sang tokoh dan menyadarkan sang tokoh tentang kebaikan yang didapat.
  • Koda merujuk pada penutup cerita dan biasanya berisi kesimpulan serta pesan moral yang dapat dipetik bagi pembacanya.

Contoh

Berikut disajikan contoh teks inspirasi singkat yang dikutip dari beberapa media online.

1. Contoh 1

Berikut contoh teks inspirasi berjudul Dedikasi Penyapu Jalan yang Bisu, Tuli, dan Hanya Punya 1 Kaki yang dikutip dari laman Liputan 6, tanggal 31 Januari 2018.

Kisah pria yang satu ini menyentuh banyak orang karena dedikasinya dalam bekerja. Shang Wuyi (46) adalah proa tunarungu sekaligus tunadaksa yang hanya memiliki satu kaki. Ia telah menjadi penyapu jalanan selama hampir 12 tahun hidupnya.

Yang menakjubkan, meski tiap pagi harus  bangun pukul 4 pagi untuk bekerja, ia tidak pernah libur satu hari pun. Setiap hari, ia bekerja bersama istrinya, Wang Yaqing, yang juga seorang penyapu jalan, untuk menyapu jalanan di Xi’an, Tiongkok.

Melansir dari Asia One, sebagai pekerja yang berdedikasi, keduanya berangkat bekerja 30 menit sebelum giliran mereka. Namun, apabila sang istri sakit atau mengambil cuti, pria itu akan berangkat pukul 3 pagi untuk memastikan pekerjaan mereka selesai.

Awalnya, atasan Shang khawatir proa itu tidak dapat bekerja dengan baik karena cacat fisik yang ia miliki.

“Tapi menurut pengamatan saya, ia bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Bukan hanya pekerja keras. Shang juga menyapu jalan dengan sangat bersih,” kata sang atasan.

Sang istri menjelaskan bahwa suaminya dan saudara perempuannya terlahir tuli dan memiliki cacat keturunan yang didapat dari ibu mereka. Sedangkan untuk kakinya, Shang kehilangan kakinya pada usia muda karena ditabrak kereta yang tidak ia dengar kedatangannya.

“Meski ia tidak bisa bicara dan tuli, saya tahu ia sangat menghargai pekerjaannya, ia tahu tubuhnya cacat, jadi dia harus bekerja lebih keras darpada yang lain,” kata Wang yang telah menikah dengan Shang selama 21 tahun.

2. Contoh 2

Berikut adalah contoh teks inspirasi berjudul Koran Bekas, Sumiyati, dan Terapi Orang Gangguan JIwa” yang dikutip dari laman Kompas tanggal 18 Juli 2017.

Sumiyati (44) warga Lingkungan Sukowidi Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro terlihat terampil menggulung kertas Koran bekas hingga memanjang kemudian ditekan menjadi pipih.

Dengan alat bantu gunting, cutter, dan lem, ia kemudian membentuk gulungan-gulungan kertas Koran tersebut menjadi barang-barang kerajinan berbentuk serangga, nampan, tempat air mineral, bros, tempat hantaran, hingga kap lampu.

Agar gulungan kertasnya padat dan besarannya seragam dia menggulung kertas dengan bantuan bambu yang sudah diserut.

Sebagai pelindung, dia menggunakan pelitur transparan agar detil tulisan korannya tetap terlihat.

Kegiatan tersebut sudah dilakukan Sumiyati sejak tahun 2014 lalu. Awalnya dia melihat banyak tumpukan kertas Koran bekas dan berangkat dari keisengan dia lalu membuatnya menjadi tatakan piring dan gelas.

“Coba-coba buat akhirnya ya jadi attakan gelas. Kemudian terus dikembangkan seperti buat bros bentuk bunga, nampan, kap lampu dan sekarang lagi buat serangga,” kata Sumiyati kepada Kompas .com, Selasa (18/7/2017).

Harga yang dipatok juga cukup terjangkau antara Rp 3.000 untuk satu buah bros hingga Rp 350.000 untuk kap lampu. “Saya pernah buat kereta kencana plus kudanya dari kertas limbah koran. Saya enggak kasih harga tapi orangnya yang membeli yang memberikan harga. Semakin rumit pembuatannya harganya semakin mahal,” jelasnya.

Walaupun masih industri rumah tangga, pesanan kerajinan banyak yang datang dari luar kota Banyuwangi.

Sumiyati mencontohkan dia sempat mendapatkan pesanan tempat parsel untuk Lebaran dari Sidoarjo beberapa waktu yang lalu. Untuk pembuatannya pun tidak mebutuhkan waktu lama. Dalam satu hari, dia bisa menyelesaikan tiga buah kerajinan berbentuk serangga.

“Beda kalau rumit dan detil agak lama. Serangga kan bentuknya kecil,” katanya.

Ibu rumah tangga yang sudah memiliki tiga anak tersebut juga sering memberikan pelatihan-pelatihan di masyarakat termasuk anak-anak kebutuhan khusus di SLB dan juga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Puskesmas Gitik Rogojampi.

“Kalau di puskesmas Gitik memang untuk orang gangguan jiwa yang emosi yang dinilai stabil. Ada banyak yang ikut tapi hanya satu orang yang lebih focus dibandingkan yang lain,” ujarnya.

Dia diminta melatih orang dengan gangguan jiwa membuat kerajinan dari limbah sebagai terapi kerja dengan harapan agar mereka lebih mandiri.

“Saat melatih orang-orang dengan gangguan jiwa didampingi oleh pihak puskesmas. Memang butuh kesabaran ekstra dan telaten. Saya menyadari kalau tiba-tiba mereka ngambek dan engak mau mengerjakan,” katanya sambil tersenyum.

Hal serupa juga dirasakan saat dia melatih anak-anak kebutuhan khusus dan difabel di sekolah luar biasa.

Dia sering kesulitan berkomunikasi dengan para siswa dan harus dibantu dengan guru pendamping untuk mengarahkan para siswa.

“Semuanya saya latih kecuali yang Tuna Netra karena memang agak sulit, bukannya tidak bisa tapi harus khusus penanganannya karena mereka tidak bisa melihat, “ sebut dia.

Yang membuat Sumiyati bersyukur adalah kegiatan yang dilakukan bisa bermanfaat buat orang lain terutama mereka yang minoritas. Bahkan siswa sekolah luar biasa yang pernah ia latih akan menggelar pameran kerajinan dari kertas Koran bekas di Jakarta dalam waktu dekat ini.

“Modalnya murah hanya Koran bekas, lem, cutter, gunting. Kertasnya tinggal digulung kemudian dirangkai sesuai dengan kreativitas. Dan mereka orang dengan gangguan jiwa serta siswa SLB bisa mengikuti. Akan berbeda jika kertas korannya dijadikan bubur dulu kemudian dicetak, mereka akan kesulitan mengeajari karena sedikit,” pungkas Sumiyati.

Demikianlah ulasan singkat tentang teks insprasi terkait dengan pengertian, ciri, dan unsur-unsur yang menyertainya. Artikel lain yang dapat dibaca antara lain contoh teks diskusi tentang teknologi, contoh teks diskusi tentang pendidikan, contoh teks diskusi tentang kesehatan, contoh teks diskusi tentang lingkungan, contoh teks diskusi tentang narkobacontoh teks diskusi tentang kenakalan remaja, contoh iklan makanan, contoh iklan minuman, contoh iklan lowongan kerja, berikan contoh kalimat opini dalam iklan, contoh teks berita singkat, contoh teks berita di koran, contoh teks berita tentang sekolah, dan contoh teks berita duka. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Categories: Teks Inspirasi
Ambar: