Contoh Teks Berita Duka dalam Bahasa Indonesia

Berita duka adalah berita yang berisi kabar meninggalnya seseorang, baik itu artis, politisi, ataupun seorang warga biasa. Teks berita duka sendiri bisa kita lihat di berbagai media, baik itu cetak maupun daring. Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh dari sebuah teks berita duka. Adapun contoh tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini!

Syifa, Selamat alan Cucu Kesayangan*

Berita duka menyelimuti kabupaten Pangandaran. Syifa, penderita gizi buruk yang sempat membuat heboh masyarakat akhirnya mengembuskan nafaas terakhirnya. Gadis malang bernama lengkap Aura Nurusyifa itu harus menyerah dengan keadaan yang diderita saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Prof Margono Soekarjo, Purwokerto, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (5/4/2016) pukul 5.55.

Pada hari itu juga, jenazah langsung dibawa ke kabupaten Pangandaran untuk dikebumikan di Taman Pemakaman Umum Eyang Saju yang terletak tidak jauh dari kediaman almarhumah sekitar pukul 14.00. Saat tiba, jenazah disambut oleh kerumunan warga yang sudah memadati kediaman Syifa sejak siang yang terletak di Dusun KArangpetir, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, KAbupaten Pangandaran untuk melayat.

Sempat membaik

Perwakilan Kementerian Sosial Republik Indonesia Achmad Mulyono mengatakan, saat menjalani perawatan di RSUD Margono sejak 7 Maret 2016, kondisi Syifa mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal itu terlihat dari perkembangan berat badan yang semula 11 kilogram menjadi 15 kilogram.

Namun, kata dia, hal tersebut tdak berlangsung lama. Seminggu terakhir kondisi Syifa justru terus memburuk. Berat badan yang sempat naik pelahan mulai turun kembali, sehingga membuat kondisinya lemas.

Puncaknya, Kata Achmad, gadis berusia 18 tahun itu mengalami kritis sejak Senin siang sebelum akhirnya meninggal dunia keesokan harinya. “Kami sudah berupaya keras, tetapi takdi berkata lain,” kata Achmad saat mengantar jenazah ke rumah Syifa, kemarin. Dia menambahkan, banyak organ dalam Syifa yang mengalami gangguan seperti paru-paru, ginjal, dan organ lainnya sebelum meninggal.

Raut wajah duka juga terpancar dari wajah Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Jeje yang sempat ikut menyalatkan jenazah mengaku sedih akan kepergian Syifa. “Syifa yang kemarin mengejutkan kita dipanggil oleh Allah,” kata dia saat melayat ke kediaman almarhumah.

Selama Syifa dirawat di RSUD Margono, Jeje mengaku terus memantau kondisi Syifa. Pasalnya, kata dia, putrinya sedang menjalani koas (asisten dokter) di RSUD Margono. “Jadi putri saya terus mengabarkan kondisi Syifa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jeje mengaku berencana menengok langsung kondisi Syifa ke Purwokerto.Namun, karena kesibukan akhirnya rencana itu belum sempat terlaksana. “Saya bilang ke kakeknya, bahawa saya mau menjenguk. Kalau tidak besok, ya lusa. Tetapi keburu meninggal. semoga almarhumah diterima di sisi-Nya,” ucapnya.

Sementara itu, Totong (80), kakek yang merawat Syifa selama 17 tahun terlihat tegar. Namun, sesekali matanya yang merah meneteskan air ketika melihat jenazah cucu kesayangannya tersebut. (Gelar Gandasara/”PR”)***

Demikianlah contoh teks berita duka dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai teks berita khususnya, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia. Mohon dimaafkan pula jika terdapat beberapa kekeliruan di dalam artikel kali ini.

Jika pembaca ingin menambah referensi soal teks berita dan pengumuman, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh teks berita ekonomi; contoh teks berita bola; contoh teks berita pendidikan; contoh teks berita singkat; contoh teks berita di koran, contoh pengumuman lomba; dan contoh pengumuman pemenang lomba. sekian dan terima kasih.

*Dikutip dari koran Pikiran Rakyat edisi 6 April 2016.

, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 29th, May 2018 / 05:42 Oleh :
Kategori : teks berita