Berikan Contoh Majas Paronomasia

Jawab:

Majas paronomasia adalah gaya bahasa yang mempunyai kemiripan bunyi. Berikut adalah beberapa contoh majas paronomasia:

  • Dokter mengatakan kondisi tubuhnya bisa memburuk jika bisa ular kobra itu sudah menyebar ke seluruh tubuh. (“bisa” pertama berarti dapat, “bisa” kedua berarti racun)
  • Ayah tertawa melihat gigiku sudah tanggal dua pada tanggal tiga kemarin. (“tanggal” pertama berarti lepas, “tanggal” kedua menunjukkan waktu)
  • Adik pernah mengatakan bahwa orang kaya itu kaya artis luar negeri. (“kaya” pertama berarti banyak harta, “kaya” kedua berarti seperti atau mirip)
  • Kami sangsi kalau polisi akan menindak tegas dan memberikan sanksi yang setimpal atas perbuatan pejabat tinggi tersebut. (“sangsi” berarti meragukan, “sanksi” berarti hukuman, sangsi dan sanksi mempunyai kemiripan bunyi walaupun berbeda pengejaan)
  • Bang Joni selalu menabung di Bank Petra Sejahtera untuk masa depannya. (“bang” menunjukkan panggilan untuk laki-laki, “bank” berarti tempat penyimpanan uang, bang dan bank mempunyai kemiripan bunyi walaupun berbeda pengejaan)
  • Dalam berita di media massa, aku mulai memahami mengenai indeks massa tubuh yang membandingkan tinggi badan dan berat badan untuk mengetahui keidealan tubuh seseorang. (“massa” pertama berarti alat untuk menyampaikan berita, “massa” kedua berhubungan dengan berat badan)

Itulah beberapa contoh majas paronomasia dalam Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , ,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 14:54 Oleh :
Kategori : Majas