Sponsors Link

Unsur-Unsur Iklan Baris dalam Bahasa Indonesia

Pada kesempatan yang lalu, kita telah mengulas secara singkat tentang teks iklan terkait dengan ciri, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas secara singkat tentang iklan baris terkait dengan unsur-unsur yang terkandung didalamnya. Namun, sebelum kita beranjak mengulas unsur-unsur iklan baris dalam bahasa Indonesia, ada baiknya kita segarkan kembali ingatan kita tentang pengertian iklan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertartik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga didefinisikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipajang di dalam media massa (surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Pengertian iklan yang lebih lengkap dikemukakan oleh menurut Dewan Periklanan Indonesia yang menyatakan bahwa  iklan adalah suatu bentuk komunikasi tentang produk dan/atau merek kepada khalayak sasarannya, agar mereka memberikan tanggapan yang sesuai dengan tujuan pengiklan. Berdasarkan pengertian tersebut, iklan ditujukan untuk mengkomunikasikan informasi bisnis kepada calon konsumen atau pelanggan. Biasanya, iklan menyuguhkan informasi-informasi mengenai firma iklan, kualitas produk, tempat tersedianya produk yang diiklankan, dan lain-lain.

Pengertian

Terdapat beberapa jenis iklan, salah satunya adalah iklan baris. Yang dimaksud dengan iklan baris menurut Depdiknas atau Kemendikbud (2008, 2017) adalah iklan yang pemasangannya berupa baris-baris atau iklan yang hanya terdiri atas beberapa baris dalam kolom. Iklan baris dapat dikethaui dari beberapa karakteristik yang dimilikinya yaitu disusun secara berbaris dalam kotak empat persegi panjang dengan minimal dua baris dan maksimal 10 baris.

Adapun teks yang disajikannya sangat terbatas. Dalam arti, tidak ada gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi dalam iklan ini. Namun, sebagaimana teks iklan pada umumnya, iklan baris juga memuat pernyataan yang berupa fakta dan opini. Fakta adalah suatu kenyataan yang tak terbantahkan kebenarannya. Sedangkan opini mengacu pada sesuatu yang belum tentu kebenarannya dan biasanya bersifat subjektif.

Selain itu, teks dalam iklan baris pun banyak yang mengalami penyingkatan karena minimnya ruang yang diberikan. Misalnya,

  • RMH untuk rumah
  • HM untuk hak milik
  • LT/LB untuk luas tanah atau luas bangunan
  • Jl Ry untuk jalan raya
  • Cck untuk cocok
  • u/Ush/Ktr untuk usaha atau kantor
  • Untuk hubungi

Meskipun iklan baris memuat singkatan-singkatan namun informasi yang disajikan tetap harus lengkap agar pembaca mudah memahami iklan yang ditawarkan.

Biasanya, iklan baris dimanfaatkan oleh perorangan dan perusahaan-perusahaan kecil. Dalam penyajian secara lisan, iklan dapat kita dengar melalui radio dan televisi. Khususnya iklan di televisi ataupun iklan dalam laman-laman internet, iklan merupakan gabungan teks lisan, tertulis, dan gerak. Bentuk-bentuk iklan itu tentu saja memiliki karakteristik masing-masing dalam pola penyajiannya. Adapun yang biasa ditawarkan melalui iklan baris di antaranya adalah barang; jasa; lowongan kerja atau karir; properti seperti apartemen, rumah, tanah, atau ruang usaha; otomotif; kehilangan; dan lain-lain.

Dikarenakan iklan baris menyajikan penawaran secara singkat, maka seorang pengiklan harus memiliki kemampuan menulis iklan baris. Kemampuan ini meliputi penguasaan terhadap unsur-unsur iklan baris yang harus dipenuhi seperti apa yang ditawarkan, spesifikasi barang yang ditawarkan, kondisi barang yang ditawarkan, harga barang yang ditawarkan, tempat atau lokasi barang tersebut berada, serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Apa yang ditawarkan

Sebagaimana teks iklan pada umumnya, iklan baris juga harus memuat apa yang ditawarkan kepada calon pembeli seperti barang; jasa; lowongan kerja atau karir; properti seperti apartemen, rumah, tanah, atau ruang usaha; otomotif; kehilangan, dan lain-lain. Merujuk pada Etika Pariwara Indonesia (2014), produk properti hanya dapat diiklankan jika pihak pengiklan telah memperoleh hak yang sah atas kepemilikannya, serta memiliki segala izin resmi yang diperlukan. Hal ini juga berlaku pada produk otomotif.

2. Spesifikasi barang atau jasa yang ditawarkan

Selain memuat apa yang ditawarkan kepada khalayak, iklan baris juga harus memuat spesifikasi barang atau jasa yang ditawarkan. Hal ini dimaksudkan agar khalayak benar-benar mengetahui dan memahami barang atau jasa yang dibelinya dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika spesifikasi ini tidak dicantumkan, dikhawatirkan mengarah pada penipuan.

3. Kondisi barang atau jasa yang ditawarkan

Produk yang ditawarkan melalui iklan baris juga harus memuat kondisi barang atau jasa yang ditawarkan seperti ‘baru, mulus, gress, rusak, lecet sedikit, dan lain sebagainya. Kondisi barang atau jasa yang dijual sangatlah penting diketahui oleh calon pembeli karena bertalian dengan jumlah nominal yang dibayarkan nantinya. Jika harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan kondisi barang, dikhawatirkan akan mengarah pada penipuan.

4. Harga

Seorang pengiklan juga harus mencantumkan harga barang atau jasa yang ditawarkan terutama untuk barang-barang yang dijual atau disewa seperti mobil atau rumah.  Yang harus diperhatikan terkait dengan harga adalah harga suatu barang atau jasa yang dicantumkan tidak diperkenankan untuk menyesatkan khalayak. Jika hal ini dilakukan, sejatinya pengiklan telah melangar etika beriklan.

5. Lokasi

Unsur lainnya yang harus tersaji dalam iklan baris adalah berupa informasi tentang lokasi barang atau jasa itu berada seperti properti atau otomotif atau lokasi tempat penjualan produk lainnya. Biasanya hal ini sering kita lihat pada iklan baris yang menawarkan properti seperti tanah, kantor, rumah atau apartemen. Lokasi barang yang ditawarkan umumnya terkait dengan harga yang ditawarkan. Semakin dipandang elit atau strategis letak suatu properti, maka harganya akan semakin mahal.

6. Posisi yang dibutuhkan

Iklan baris juga harus memuat posisi atau pihak yang dibutuhkan. Dalam iklan baris lowongan kerja baisanya hal ini dicantumkan. Misalnya,

Bth Mrktg IceCream P/W min D3, max 35 thn, pny mtr, pglm di food co. Lmr : Minimelts Jl. Outer RingRoad, Tmn Palem Lestari Rk Pelangi D5 Cngkareng 55958131

7. Syarat pendidikan

Pada jenis iklan baris lowongan kerja, selain memuat posisi yang dibutuhkan, memuat juga informasi tentang syarat pendidikan, seperti SMA atau SMK, D3, S1 dan lain sebagainya.  Syarat ini ditulis dengan tidak memberikan indikasi adanya diskriminasi SARA kecuali jika secara khusus menyertakan alasan dibutuhkannya SARA tertentu tersebut.

8. Syarat lain

Informasi lainnya yang kerap disajikan dalam iklan baris lowongan kerja adalah syarat-syarat lain yang umumnya mengacu pada kepribadian, kompetensi atau keterampilan yang harus dimiliki oleh calon pencari kerja. Misalnya jujur, teliti, suka bekerja keras, punya SIM A/C, menguasai Ms Office, menguasai bahasa asing, dan lain sebagainya.

9. Alamat atau nomor telepon yang dapat dihubungi

Pada jenis iklan penawaran barang atau jasa maupun iklan permintaan (lowongan kerja), biasanya dicantumkan alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi atau alamat ditujukannya lamaran. Hal ini sangat penting agar dapat memudahkan calon pembeli menghubungi si penawar atau memudahkan pencari kerja mengirim lamarannya.

10. Kode iklan dari redaksi

Kode iklan ini biasanya digunakan oleh redaktur untuk kepentingan administrasi redaktur. Dalam penyajiannya di media massa, kode iklan ini seringkali tidak dimuat.

Contoh

Berikut adalah beberapa contoh iklan baris yang dimuat di surat kabar Kompas, 13 April 2019.

a. Iklan baris lowongan kerja

  • Bth Mrktg IceCream P/W min D3, max 35 thn, pny mtr, pglm di food co. Lmr : Minimelts Jl. Outer RingRoad, Tmn Palem Lestari Rk Pelangi D5 Cngkareng 55958131
  • Dicari Lulusan STM Listrik, Mengerti Listrik, Kirim CV. Email ke : [email protected]

b. Iklan baris otomotif

  • Porsche Cayman 2.7 AT’15/14 Hitam Int Merah Stnk Pjg F/opt Sport (Chrono, Exhaust, steering) 081517232123 – 08158119900
  • Innova ‘2005, G/bensin. Matic, Hitam metallic. Full bodykit + sound system, mulus. 99jt Nego, Hub. 0816768337. Jakbar.
  • IVAN’S MOTOR New 2019 Mercy G63 AMG 4.0L Bi Turbo V8 577HP, Ready Stock, Call : 021-6506666

c. Iklan baris properti

  • Jual Cepat (BU) Rmh Jl. Pondok Kelapa Barat Kav. DKI Blok H No.6-7 Jaktim Lt/lb 180 (12×15) 4K, 4KM Garasi 2 Mobil Depan Jalan 6 M Hub. 0821 1063 0563
  • BU Tnh Jonggol 10 ha. Strategis Sblh CitraIndah persis. Jln. Lebar Bs utk perumahan. 08122227576
  • Disewakan R.Kantor, Exclusive, 275 M2, Menara Batavia Lt.17 Jl.KH Mas Mansyur, Hub. : 08161375891

d. Lain-lain

  • Hlg STNK H-1962-GW an. Kusmijan. Taman Avonia I Rt7/2 Tugu Semarang
  • Pinjaman Dana Tunai – Bridging Express bunga mulai 1,6% jmnan SHM, Take Over, SPPKBank. WA : 0811997121
  • Dijual melalui lelang Rig Mobile Accessories&Portacamp di Duri Tanjung&Balikpapan. Balindo 081315317467/081389228084
  • Tanaman hias – Buat/renovasi taman, taman kering, air terjun, kolam, batu alam, gazebo. HP : 081584658965
  • Rupa-rupa – Beli piringan hitam turntable Amply Speaker. 081808334260, 08988919900 (WA), 5491589
  • Sekolah kursus – Program murah masuk PTS STIS Diajar oleh mahasiswa STIS Brpnglmn. 082274990113 (peter)

Demikianlah ulasan singkat tentang unsur-unsur iklan baris dalam bahasa Indonesia. Artikel lain yang dapat dibaca antara lain teks eksempulum, teks ulasan, teks prosedur dalam bahasa Indonesia, teks berita, contoh iklan makanan, contoh iklan minuman, contoh iklan lowongan kerja, berikan contoh kalimat opini dalam iklan, contoh teks berita singkat, contoh teks berita di koran, contoh teks berita tentang sekolah, contoh iklan di internetcontoh frasa endosentris dalam iklan, dan contoh teks berita duka. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 16th, July 2019 / 02:48 Oleh :
Kategori : Pelajaran Umum