Sponsors Link

Contoh Teks Berita di Koran dalam Bahasa Indonesia

Sponsors Link

Berita merupakan sebuah teks yang berisi informasi tentang suatu peritiwa yang telah atau tengah berlangsung. Seprti teks pada umumnya, berita juga mesti ditulis dengan kaidah penulisan tertentu. Selain itu, teks berita juga harus mengandung kaya informasi di dalamnya. Teks berita bisa kita jumpai di berbagai media apa pun, tak terkecuali koran. Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh sebuah teks berita yang tercantum di dalam suatur koran. Adapun contoh tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini!

Hari Jadi Purwakarta Meriah*
Ribuan Penonton Tumpah Ruah Sambut “World Ethnic Festival”

Purwakarta, (PR).- Puncak acara Hari Jadi Ke-48 Kabupaten Purwakarta berlangsung meriah, Sabtu (27/8/2017) malam. Ribuan warga masyarakat tumpah ruah di pinggir jalan untuk mengikuti acara bertajuk “World Ethnic Festival” ini.

Acara ini diisi oleh pawai etnik kebudayaan dari Taman Pembaharuan si Jalan Veteran menuju Taman Pesanggrahan Padjadjaran di Jalan Mr Dr usumaatmadja Purwakarta. Tidak kurang dari 10 negara sebagai perwakilan dari berbagai benua turut memeriahkan acara yang menjadi penutup seluruh kegiatan hari jadi kabupaten yang terkenal dengan Air Mancur Taman Sri Baduga tersebut.

Sebagai pembuka acara, kereta kencana Ki Jaga Raksa tampak keluar dari halaman tampak keluar dari halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta di Jalan Veteran. Kereta yang pernah membawa bendera pusaka dari Monas menuju Istana pada peringatan Hari Kemerdekaan tersebut terlihat ditarik oleh empat ekor kuda.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa manusia tidak pernah bisa dilepaskan dari unsur etnik. Justru karena unsur etniklah manusia dapat bertahan hidup karena darinya terbangun nilai-nilai kebudayaan dan peradaban.

“Etnik itu identitas kemanusiaan, darinya manusia membangun kebudayaan dan peradaban. Dengan demikian sejatinya tanpa hal yang bersifat etnik, kita belum menjadi manusia seutuhnya,” kata Dedi.

Sebanyak 60 ekor kuda kemudian mulai bergerak menuju Taman Pesanggrahan Padjadjaran (Alun-Alun Purwakarta) yang disambur oleh antusiasme ribuan warga. Setibanya di taman yang juga menghadirkan nuansa etnik Sunda karena terdapat luit (tempat penyimpanan padi hasil panen) dan ranggon (Saung bambu tempat petani mengusir hama padi dengan menarik tali yang dipasangi kaleng atau plastik) itu, seluruh delegasi unjuk kebolehan satu per satu.

Delegasi Mesir menampilkan kesenian Tanoura, sebuah tarian bernuansa sufi khas Timur Tengah yang kemudian diadopsi oleh Syaikh Jalaludin Rumi menjadi tarian sema. Delegasi Meksiko menghadirkan pertunjukan khas Suku Aztec yakni “Tlanectli Tlacopan Gorenka.” Semenara delegasi Selandia BAru membawakan sebuah tarian bernama “Pounamun.”

Delegasi dari Amerika Serikat pun tampaknya tidak ingin kalah unjuk gigi. Dengan telaten mereka menampilkan tarian Suku Indian bernama ‘Houp”. Jepang Tampil dengan seni “Nowandaiko”, sementara Rusia menampilkan tarian rakyat, “Folk Dancing”…

***

Demikianlah contih teks berita di koran dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai teks berita khususnya, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jika terdapat kekeliruan di dalam artikel kali ini.

Jika pembaca ingin menambah referensi soal teks berita dan pengumuman, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut ini, yaitu: contoh teks berita singkat; contoh teks berita bola; contoh paragraf eksposisi berita; macam-macam kalimat berita; contoh pengumuman resmi; contoh pengumuman tidak resmi; dan contoh pengumuman lomba.

*Dikutip dari koran Pikiran Rakyat Edisi 29 Agustus 2016 (dengan beberapa perubahan)

, , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 20th, May 2018 / 14:48 Oleh :
Kategori : teks berita