20 Contoh Majas Kontradiksi Interminus dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Salah satu di antara macam-macam majas pertentangan adalah majas kontradiksi interminus. Majas kontradiksi interminus merupakan majas mempertentangkan suatu pernyataan tertentu. Biasanya, pernyataan yang dipertentangkan oleh majas ini adalah pernyataan yang diawali oleh kata semua. Pernyataan yang biasanya diawali kata semua tersebut kemudian dipertentangkan dengan pernyataan yang biasanya diawali dengan kata kecuali.

Khusus untuk artikel kali ini, salah satu majas pertentangan tersebut akan ditampilkan beberapa coontoh di antaranya di dalam artikel kali ini. Adapun beberapa contoh tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini!

  1. Semua pakaian di toko ini didiskon hingga 50%, kecuali untuk baju kemeja dan jas khusus pria.
  2. Toko ini buka setiap hari, kecuali hari libur besar keagamaan.
  3. Semua orang bisa gagal, kecuali dia yang tidak pernah menyerah.
  4. Semua manusia itu jahat, kecuali mereka yang mengakui kejahatannya dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.
  5. Semua siswa telah berkumpul di lapangan upacara, kecuali Alex yang datang terlambat ke sekolah.
  6. Semua makanan ini gratis untuk umum, kecuali untuk orang yang ekonominya menengah ke atas.
  7. Semua rumah di kompleks ini dijual murah, kecuali rumah berlantai empat yang ada di ujung gang kompleks ini.
  8. Semua barang telah kami simpan ke tempatnya, tinggal mainan-mainan bekas saja yang belum kami tempatkan ke tempat semestinya.
  9. Adik sudah mengerjakan tugas sekolahnya, tinggal tugas kelompok bahasa Indonesia saja yang belum dia kerjakan.
  10. Pada akhir pekan, biasanya Pak Burhan berjalan-jalan ke sejumlah tempat wisata bersama dengan anak-anaknya, kecuali jika dia sedang tidak enak badan.
  11. Axel mampu memainkan semua instrumen musik, kecuali vokal yang tidak mampu dikuasainya kendati sudah mempelajarinya sekian lama.
  12. Semua siswa VII-E mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, kecuali Andhika seorang.
  13. Semua siswa SMPN 11 sudah mempunyai buku LKS, tinggal Adi seorang yang belum mempunyainya.
  14. Semua barang bekas miliknya dia jual di sebuah situs jual-beli daring, kecuali dua buah gaun yang masih dia simpan rapi di lemari.
  15. Adik sudah mulai bisa mengeja huruf, tinggal huruf z saja yang sulit dia eja dan seringkali tertukar dengan huruf j.
  16. Semua rombongan wisata itu sudah kembali ke bus pariwisata mereka, hanya tinggal satu penumpang saja yang belum kembali karena masih mengerjakan ibadah salat isya.
  17. Semua siswa wajib hadir di kala jam pelajaran tiba, kecuali para siswa yang tak bisa hadir karena sakit atau izin.
  18. Semua siswa dilarang melakukan kegiatan organisasi saat jam pelajaran berlangsung, kecuali para siswa yang sudah memberikan surat dispensasi kepada guru yang bersangkutan.
  19. Semua buku di perpustakaan sekolah boleh dipinjam siswa, kecuali buku ensiklopedia yang hanya boleh dibaca di ruang perpustakaan saja.
  20. Setiap hari, ayah selalu membaca koran di beranda, kecuali jika dia sedang tidak enak badan.

Demikianlah beberapa contoh majas kontradiksi interminus dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan baru bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai majas kontradiksi interminus khususnya, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jika terdapat kekeliruan yang terkandung di dalam artikel kali ini. Terima kasih.

Jika pembaca ingin menambah referensi soal majas pertentangan, maka pembaca bisa membuka artikel contoh macam-macam majas pertentangan, contoh majas hiperbola, contoh majas litotes, contoh majas ironi, dan artikel contoh majas oksimoron.

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 07th, July 2018 / 23:51 Oleh :
Kategori : Majas