Sponsors Link

Contoh Teks Berita Tentang Sekolah dalam Bahasa Indonesia

Sponsors Link

Sebelumnya, kita telah mengetahui berbagai contoh teks berita dari berbagai artikel. Adapun beberapa artikel tersebut antara lain: contoh teks singkat; contoh teks berita di koran; contoh teks berita duka; contoh teks berita ekonomi; contoh teks berita pendidikan; contoh teks berita bola; dan contoh teks berita seni budaya. Kali ini, kita juga akan mengetahui contoh dari jenis teks berita lainnya, di mana teks berita yang akan ditampilkan adalh teks berita yang menceritakan seputar dunia sekolah.

Contoh teks berita tentang sekolah sendiri bisa dilihat sebagaimana berikut ini!

Siswa dan Warga SMAN 2 Padalarang Produksi 1.000 Lebih Bata Ramah Lingkungan*

NGAMPRAH, (PR).- Dalam rangka mengejar target sekolah adiwiyata, SMA Negeri 2 Padalarang menggelar kegiatan bertajuk Gebyar 1.000 Eco-Brick. Total 1.089 eco-brick atau bata ramah lingkungan dihasilkan oleh warga sekolah, yang kebanyakan para pelajar. Bata ramah lingkungan ini selanjutnya digunakan untuk membangun dua monumen kujang dan satu gapura.

Kepala SMAN 2 Padalarang Dadin Sasmita mengatakan, kegiatan Gebyar 1.000 Eco-Brick merupakan salah satu poin yang diupayakan sekolah untuk program adiwiyata. SMAN 2 Padalarang, menurut dia, juga berupaya menciptakan sekolah ramah lingkungan dengan menanam pohon di lingkungan sekolah.

“Daripada sampah-sampah di sekolah berserakan, kami kumpulkan menjadi eco-brick. Kemudian eco-brick itu dijadikan dua monumen kujang, dan satu gapura. Kalau eco-brick yang terkumpul hari ini masih kurang, kami akan coba lanjutkan lagi program ini,” kata Dadin di SMAN 2 Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin 30 April 2018.

Dalam kegiatan tersebut, sampah-sampah yang ada di sekolah dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam botol plastik bekas. Agar menjadi eco-brick yang kokoh, sampah seberat 200-250 gram dimasukkan ke botol berukuran 600 mililiter, sedangkan botol berukuran 1,5 liter diisi 500-700 gram sampah.

Dadin menyebutkan, kegiatan tersebut terselenggara berkat koordinasi dan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup KBB serta eco village. Selain itu, SMAN 2 Padalarang juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan, dengan memanfaatkan program corporate social responsibility.

“Dalam Gebyar 1.000 Eco-Bricks ini, kami juga meluncurkan anak-anak 3GC, yaitu Go Green Generation Club. Mereka adalah anak-anak yang ditunjuk sebagai duta kebersihan di sekolah. Jadi, ada 40 anak dari kelas X dan kelas XI yang ditunjuk sebagai duta untuk menangani masalah sampah, penghijauan, ataupun hal-hal lain terkait lingkungan,” katanya.

Kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan Hidup Dinas LH Bandung Barat Zamilia Floreta mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan di SMAN 2 Padalarang. Program sekolah adiwiyata, menurut dia, baru tahun ini diselenggarakan di KBB. Sekolah yang terpilih akan mewakili Bandung Barat pada program serupa di tingkat provinsi pada tahun depan.

Kepala Seksi Kemitraan Dinas LH Bandung Barat Apit Akhmad Hanafi menambahkan, pihaknya telah menyosialisasikan program sekolah adiwiyata ke 75 sekolah dari tiga jenjang, yaitu tingkat SD, SMP, dan SMA. Akan tetapi, sejauh ini respons dari sekolah belum sesuai harapan.

“Sampai sekarang kami masih menunggu respons atau langkah dari sekolah untuk program sekolah adiwiyata ini. Harapan kami, 20-30 persen mencoba ikut, karena sekitar Juni mendatang akan ditentukan sekolah yang meraih adiwiyata di KBB. Selanjutnya, sekolah itu akan mewakili KBB di tingkat provinsi,” katanya.

***

Demikianlah contoh teks berita tentang ekonomi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih.

*Teks berita ini disalin tempel dari laman http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2018/05/02/siswa-dan-warga-sman-2-padalarang-produksi-1000-lebih-bata-ramah-lingkungan (Teks yang ditampilkan di sini adalah sebagian dari teks aslinya)

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 30th, May 2018 / 02:51 Oleh :
Kategori : teks berita