Contoh Teks Berita Ekonomi dalam Bahasa Indonesia

Berita merupakan sebuah teks yang berisi informasi tertentu yang layak untuk diketahui khalayak luas. Teks berita biasanya dapat kita lihat dan ketahui di berbagai media, baik itu cetak, elektronik, maupun daring. Tema berita pun bisa beragam, mulai dari hiburan hingga tema ekonomi. Khusus untuk artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh dari sebuah berita bertema ekonomi. Adapun contoh teks berita ekonomi sendiri bisa dilihat sebagai berikut ini!

Produk Thailand Ancam Sarung Majalaya*

BANDUNG, (PR),- Pemprov Jawa Barat terus berupaya mengoptimalkan penyerapan produk fashion lokal, salah satunya melalui gerakan Jabar Ngagaya (Jabar Bersolek). Melalui gerakan tersebut, kinerja industri tekstil di Jabar diharapkan mampu didongkrap di tengah kian ketanya persaingan pasar global.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Perdagangan dan Industri, Hening Widiatmoko di sela-sela Sosialisasi Jabar Ngagaya 2016 bertaju “Gandrung Kasarung 4” di Car Free Day Dago, Bandung, Minggu (28/8/2016).

Brdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penurunan kinrja ekspor paling terlihat pada industri tekstil yang memproduksi kain dan serat. ekspor industri tekstil pada kuartal I/2016 turun 10, 93% dari 1, 31 miliar dolar AS menjadi 1, 17 miliar dolar AS pada periode yang sama pada tahun lalu.

Di sisi lain, industri garmen yang memproduksi pakaian jadi mampu bertahan meskipun juga mengalami penurunan. Nilai ekspor pakaian jadi merosot 0, 25% dari 1, 81 miliar dolar AS pada kuartal I 2015 menjadi 1, 8 miliar dolar AS pada kuartal I/2016.

Kondisi tersebut terjadi, salah satunya dipengaruhi oleh munculnya pesaing baru di industri tekstil. Sebut saja di antaranya Bangladesh dan Vietnam, yang menjadi salah satu pemain utama tekstil di pasar global.

Pangsa pasar ekspor TPT nasional tercata 1, 53% dari total ekspor global pada 2014, sedakan pangsa pasar ekspor TPT Vietnam sebesar 3, 15% dan ekspor TPT Bangladesh 3, 59%.

Perkembangan tersebut tak jauh beda di Jabar yang merupakan sentra industri tekstil nasional. Ia mencontohkan, saat ini di tengah tekanan akibat kondisi perekonomian yang dihadapi para pengrajin sarung di Majalaya, para pelaku UMKM ini dihdapkan dengan munculnya pesaing sarung asal Thailand.

Meskipun tidak memaparkan secara detail, pria yang akrab disapa Widi ini mengatakan, sarung asal Thailand menawarkan harga yang cukup bersaing.

Dikhawatirkan apabila tidak ada dorongan dan keberpihakan dari masyaakat, kehadiran sarung Thailand akan semakin mengganggu kinerja sarung Majalaya.

“Jabar Ngagaya merupakan semangat untuk bergaya dengan produk-produk asli Jabar. Adalah suatu kewajiban bagi kita semua untuk menjaga pengusaha tekstil loka, yang mayoritas adalah UMKM, agar memiliki kemampuan untuk tetap eksis,” ujarnya.

***

Contoh di atas hanyalah salah satu di antara contoh teks berita ekonomi dalam bahasa iNdonesia yang biasa kita temui. Pembaca bisa membuat atau mungkin mencari contoh yang sejenis di berbagai media yang ada, baik itu cetak, elektronik, maupun daring. Dengan ditampilkannya contoh di atas, maka pembahasan artikel kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai teks berita khususnya, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya.

Jika pembaca ingin menambah referensi soal teks berita dan pengumuman, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yakni: contoh teks berita bola; contoh teks berita pendidikan; contoh teks berita di koran; contoh teks berita singkat; contoh pengumuman resmi;  contoh pegumuman tidak resmi; dan contoh pengumuman lomba.

*Contoh teks berita ini disadur dari rubrik ekonomi koran Pikiran Rakyat edisi 29 Agustus 2016.

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 29th, May 2018 / 04:41 Oleh :
Kategori : teks berita