Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia

Pada kesempatan yang telah lalu, kita telah mengupas secara singkat tentang contoh-contoh teks diskusi dalam bahasa Indonesia seperti contoh teks diskusi tentang kesehatan dan contoh teks diskusi tentang narkoba. Kali ini kita akan mengulas contoh teks diskusi tentang pendidikan.

Dampak Media Sosial bagi Pelajar

Tak dipungkiri, media sosial kini menjadi bagian dari gaya hidup di era informasi. Berbagai hal dapat kita lakukan dengan menggunakan media sosial, dari hal-hal yang positif maupun hal-hal yang negatif. Namun secara umum, media sosial digunakan untuk memenuhi kebutuhan sosial manusia yakni berkomunikasi dengan orang lain, baik orang terdekat maupun orang dari belahan dunia lain. Karena didorong oleh kebutuhan sosial inilah, banyak kalangan yang kini memiliki akun media sosial sebagai alat komunikasi.

Salah satu kalangan yang kini juga banyak menggunakan media sosial adalah kalangan pelajar. Hal ini masih menjadi perdebatan mengingat banyaknya manfaat digunakannya media sosial di kalangan pelajar seperti meningkatkan kreativitas dan membantu proses pembelajaran. Namun di sisi lain, media sosial juga memiliki dampak negatif salah satunya adalah kerap dijadikan sebagai sarana untuk mem-bully atau melakukan perundungan kepada pelajar lainnya.

Tentu kerap kita dengar atau lihat melalui media massa bahwa ada sekelompok pelajar yang melakukan perundungan terhadap temannya. Perundungan tidak hanya dilakukan di sekolah, melainkan juga dilakukan di dunia maya. Menurut hasil studi yang telah dilakukan oleh para ahli, perundungan yang dilakukan di dunia maya dapat menimbulkan trauma yang jauh lebih mendalam. Dan parahnya, hal ini dapat mengakibatkan pelajar yang menjadi korban perundungan melakukan bunuh diri karena tidak tahan dengan apa yang dialami.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya para orang tua memberikan pemahaman yang mendalam kepada anak-anaknya tentang apa itu media sosial dan sisi positif maupun sisi negatif yang ditimbulkan. Selain itu, tidak ada salahnya orang tua juga menjadi pengikut di akun media sosial yang dimiliki oleh anak-anak mereka. Hal ini dimaksudkan untuk memonitor kegiatan anak-anak mereka. Dengan memberikan pemahaman yang baik dan pengawasan yang terukur, sebagai orang tua sejatinya telah memberikan perlindungan bagi anak-anak mereka.

Diharapkan semua pihak dapat bersama-sama mencegah dampak negatif dari media sosial. Pihak sekolah dapat membuat aturan untuk melarang setiap aktivitas sekolah yang dapat mengarah pada aksi perundungan. Dan orang tua juga dapat terus memperhatikan anak-anaknya agar dapat menggunakan media sosial secara bijak dan tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh teks diskusi tentang pendidikan. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan teks dan contohnya di antaranya adalah contoh teks berita pendidikancontoh laporan perjalanan singkat, contoh teks eksemplum tentang pengalaman, contoh teks eksemplum tentang pendidikan, contoh teks eksemplum tentang liburan, contoh teks laporan hasil observasi tentang alam, teks prosedur dalam bahasa Indonesia, dan contoh teks prosedur singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 03:45 Oleh :
Kategori : Teks diskusi