Contoh Teks Eksplanasi tentang Bencana Alam dalam Bahasa Indonesia

Teks dalam bahasa Indonesia yang menceritakan tentang prosedur atau proses terjadinya suatu fenomena dinamakan dengan teks eksplanasi. Jika pada waktu yang lalu kita mengulas secara singkat tentang contoh teks eksplanasi secara umum, maka pada kesempatan kali ini kita akan mengulas secara singkat tentang contoh teks eksplanasi tentang bencana alam.

Gempa Aceh*

Tanggal 26 Desember 2004 pukul 07.58 WIB, gempa besar berkekuatan 9.0 skala richter mengguncang Aceh dan sekitarnya. Pusat gempa terletak di sebelah barat Aceh dengan kedalaman 10 km. Gempa berkekuatan besar dengan kedalaman yang cukup dangkal ini tak ayal menimbulkan gelombang tsunami setinggi 9 meter. Tsunami ini tidak hanya menerjang wilayah pantai Indonesia seperti Aceh dan Sumatra Utara. Beberapa wilayah lain yang juga terkena terjangan tsunami ini di antaranya adalah Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, dan bahkan hingga mencapai Pantai Timur Afrika. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa gejala yang tidak biasa pada permukaan laut akibat tsunami pun ditemukan di wilayah yang jauh jaraknya dari Indonesia yakni sekitar Pantai Barat Amerika Selatan.

Besarnya kekuatan gempa yang disertai dengan kuatnya terjangan tsunami jelas menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Tercatat total korban tewas akibat gempa dan tsunami ini mencapai 283.100 orang, 14.000 orang hilang dan sebanyak 1.126.900 orang kehilangan tempat tinggal.  Di Indonesia, korban tewas mencapai 126.000 orang. Besarnya korban jiwa di Indonesia disebabkan oleh tsunami yang menerjang pantai Barat Aceh dan Sumatra Utara. Puluhan bangunan pun hancur terutama di wilayah Meulaboh dan Banda Aceh. Khusus di Banda Aceh, hampir setengah dari semua bangunan yang ada mengalami kerusakan parah akibat terjangan tsunami.

Sementara itu, korban tewas akibat gempa dan tsunami Aceh di Sri Lanka mencapai 45.000 orang dan lebih dari 1 juta jiwa penduduk terkena dampak gempa. Sedangkan di India, termasuk Kepulauan Andaman dan Nicobar, korban tewas mencapai lebih dari 12.000 orang. Korban jiwa akibat gempa dan tsunami juga tercatat di Somalia yakni sekira 100 orang.

Menilik catatan sejarah, gempa bumi dan tsunami Aceh ini merupakan gempa berkekuatan besar kedua setelah gempa Chili pada tahun 1960 yang mencapai 9,5 skala richter. Namun berdasarkan durasi gempa, gempa Aceh merupakan gempa berdurasi paling lama yakni selama 10 menit. Lamanya durasi gempa dan kekuatan gempa yang besar cukup untuk membuat seluruh bola  bumi ikut bergetar.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh teks eksplanasi tentang bencana alam dalam bahasa Indonesia. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan teks dan contohnya di antaranya adalah contoh laporan perjalanan singkat, contoh teks eksemplum tentang pengalaman, contoh teks eksemplum tentang pendidikan, contoh teks eksemplum tentang liburan, contoh teks laporan hasil observasi tentang alam, contoh teks diskusi tentang kesehatan, contoh teks diskusi tentang narkoba, teks prosedur dalam bahasa Indonesia, dan contoh teks prosedur singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

*Disarikan dari Buku Siswa Kelas 11 Bahasa Indonesia – Kemendikbud – 2017 dengan perubahan seperlunya.

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 03:43 Oleh :
Kategori : Teks Eksplanasi