Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Alam dalam Bahasa Indonesia

Teks laporan hasil observasi dalam bahasa Indonesia adalah salah satu jenis teks laporan yang berisi pembagian atau pengelompokkan tentang sesuatu hal yang didasarkan atas kriteria tertentu. Teks laporan hasil observasi umumnya berkaitan dengan alam, manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Berikut adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang alam.

Hutan

Menurut Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi oleh pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. Sebagai salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting, hutan berfungsi sebagai penampung gas karbon dioksida, tempat tumbuh kembang hewan, pengatur arus hidrologi, dan pelestari tanah. Berdasarkan kondisi iklimnya, hutan dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu hutan tropis, hutan gugur, dan hutan taiga.

Hutan tropis adalah hutan yang berada di daerah beriklim  tropis atau subtropis dan banyak ditemui di Amerika Tengah, Afrika Tengah, Australia bagian utara, Papua Timur, dan Indonesia. Karakteristik hutan tropis diantaranya adalah ketinggian pepohonan yang mencapai 20 – 40 meter, berdaun lebat hingga membentuk kanopi sehingga hutan menjadi gelap, hujan adalah pemasok air yang utama, terdapat perubahan iklim mikro dari tudung hutan hingga ke dasar hutan, memiliki suhu rata-rata 25 derajat Celcius, memiliki kelembaban yang tinggi, dan memiliki tumbuhan khas yang berada di bagian bawah hutan tropis yaitu liana dan epifit.

Hutan gugur adalah hutan yang berada di daerah beriklim sedang. Hutan gugur memiliki beberapa karakteristik yaitu curah hujan yang mencapai 750 hingga 1000 mm per tahun sepanjang tahun, memiliki musim dingin dan musim panas, pohon-pohon yang tidak terlalu rapat, sedikit jumlah spesien yakni antara 10 sampai 20 spesies, dan pepohonan akan menggugurkan daunnya sebagai bentuk adaptasi dengan lingkungan menjelang datangnya musim dingin.

Dan terakhir, hutan taiga adalah hutan yang berada di daerah beriklim dingin dan sebagian besar dapat ditemui di belahan bumi bagian utara seperti Siberia Utara, Rusia, Kanada Tengah dan Utara. Hutan taiga memiliki karakteristik khusus yakni hutan dengan satu spesies pohon yakni pohon pinus.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh teks laporan hasil observasi tentang alam. Artikel lainnya yang dapat dibaca dan berkaitan dengan teks dan contohnya dalam bahasa Indonesia diantaranya adalah contoh teks diskusi tentang kesehatan, contoh teks diskusi tentang narkoba,  contoh teks berita tentang sekolahcontoh teks berita dukacontoh teks berita seni budayacontoh teks berita ekonomicontoh teks berita pendidikancontoh teks berita di korancontoh teks berita bolacontoh teks eksposisi analisis beserta strukturnyacontoh teks eksposisi analisis tentang kesehatancontoh teks prosedur membuat kuecontoh teks prosedur cara melakukan sesuatucontoh teks prosedur kompleks membuat juscontoh teks prosedur membuat nasi gorengcontoh teks prosedur sederhana membuat makanancontoh teks prosedur sederhana membuat minuman, dan contoh teks prosedur protokol. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

*Diadaptasi dari buku Geografi untuk SMA/MA Kelas XI – Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (2009).

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 07th, August 2018 / 02:32 Oleh :
Kategori : Teks Laporan