Sponsors Link

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Jus dalam Bahasa Indonesia

Sponsors Link

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Jus dalam Bahasa Indonesia – Contoh teks prosedur kompleks merupakan salah satu jenis teks prosedur dalam bahasa Indonesia, selain contoh teks sederhana dan contoh teks protokol. Adapun definisi teks prosedur sendiri adalah sebuah teks prosedur yang berisi langkah dalam melakukan sesuatu, di mana setiap langkahnya terdapat sublangkah, serta menggunakan beberapa unsur-unsur bahasa seperti jenis-jenis kalimat perintah, kalimat imperatif, konjungsi, jenis-jenis kata kerja, dan jenis-jenis kata keterangan.

Seperti teks prosedur lainnya, teks prosedur kompleks juga terdiri atas tiga bagian, yaitu:

  • Bagian awal atau pertama yang berisi tujuan, maksud, dan penjelasan mengenai langkah-langkah yang hendak disampaikan.
  • Bagian isi yang di dalamnya terdapat kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan dalam melaksanakan langkah-langkah tersebut.
  • Bagian langkah pekerjaan yang berisi langkah-langkah yang hendak disampaikan dalam suatu aktivitas atau tindakan.

Teks prosedur kompleks dapat menjelaskan langkah-langka suatu hal, termasuk cara membuat jus.

Cara Membuat Jus Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah yang dagingnya berwarna merah jambu atau putih ini dapat dibuat menjadi jus. Hal ini membuat jambu biji bisa dikonsumsi lebih mudah tanpa takut tertelan biji-bijinya. Jika ingin membuat jus jambu biji, langkah-langkah yang ada di bawah ini bisa diikuti agar sebuah jus jambu bisa dibuat.

Bahan-Bahan:

  • 2 buah jambu biji.
  • Susu kental manis dan gula. (bahan ini bersifat opsional. Jika tidak ingin mencampurkan jus dengan kedua bahan tersebut, maka kedua bahan tersebut tidak usah disediakan. Sebagai opsi, kedua bahan tersebut bisa diganti dengan madu)
  • Air secukupnya.
  • es batu. (bahan ini juga bisa disediakan ataupun tidak sesuai dengan selera Anda)

Alat-Alat:

  • Blender
  • Pisau
  • Gelas

Cara Membuat:

  • Cuci terlebih dahulu 2 buah jambu yang telah disediakan. Pastikan jambu dicuci hingga bersih dan kotoran yang menempel di kulit jambu terlepas. Mencuci jambu sebelum diolah juga penting agar bakteri dalam jambu dapat berkurang dan jambu jadi lebih higienis.
  • Setelah dicuci, potong buah jambu beberapa bagian sesuai dengan selera. Pemotongan jambu ini dilakukan jambu akan sulit diblender jika bentuknya masih utuh. Untuk itu jambu harus dipotong beberapa bagian. Ukuran potongan jambu diusahakan jangan terlalu besar atau bahkan terlalu kecil.
  • Masukkan potongan buah jambu yang telah dipotong tersebut ke dalam blender. Masukkan air secukupnya ke dalam blender. Hal ini dilakukan supaya jus tidak terlalu kental. Jika ingin memasukkan gula, es batu, dan susu, masukkan juga ketiganya ke dalam blender. Selain ketiganya, madu juga bisa dimasukkan ke dalam blender.
  • Blender potongan-potongan jambu beserta bahan-bahan lainnya (jika ada) hingga halus.
  • Tuangkan jus ke dalam gelas yang disediakan. Pinggiran gelas jus bisa diberi hiasan berupa potongan tipis jeruk lemon. Jus jambu pun telah siap disajikan dan bisa langsung dinikmati.

Demikianlah contoh teks prosedur kompleks membuat jus. Jika pembaca masih ingin mengetahui beberapa teks prosedur lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh teks prosedur singkat dalam bahasa Indonesia, contoh teks prosedur cara melakukan sesuatu, contoh teks prosedur sederhana membuat makanan, contoh teks prosedur sederhana membuat minuman, contoh teks prosedur membuat nasi goreng, dan contoh teks prosedur membuat kue. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca di bidang bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Monday 27th, November 2017 / 07:30 Oleh :
Kategori : teks prosedur