Contoh Teks Eksemplum tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia

Teks Eksemplum merupakan salah satu jenis teks yang menceritakan kejadian/hal yang di alami oleh seorang tokoh pada ceritanya. Biasanya, teks eksemplum diawali dengan perkenalan tokoh yang terdapat pada cerita, lalu diikuti kejadian yang dialami oleh tokohnya, dan terakhir ditutup dengan pandangan yang muncul dari pemeran dalam cerita tersebut.

Adapun ciri dari teks eksemplum ini, yaitu mendeskripsikan perilaku seorang tokoh dalam suatu cerita. Kedua, ada insiden yang akan dialami dalam cerita tersebut, selain itu akan ada amanat yang diberikan pemeran mengenai peristiwa yang dialami tersebut. Dan pada akhir teks terdapat penutup dari cerita tersebut.

Beberapa contoh teks eksemplum pun sudah pernah kita uraikan dalam artikel sebelumnya, seperti contoh teks eksemplum tentang pengalaman dan contoh teks eksemplum tentang liburan. Kali ini kita akan memberikan contoh teks esemplum mengenai pendidikan. Berikut contohnya.

Judul : Gara-gara Bahasa Indonesia

  • Orientasi

Namaku Rian, aku 3 bersaudara, namun menurutku aku adalah anak yang paling aneh, aku tidak menyukai pelajaran Bahasa Indonesia. Hanya karena kita tinggal di negara Indonesia, tentu kita bisa berbahasa Indonesia. Menurutku, pelajaran bahasa Indonesia ini sangat sia-sia. Ayahku adalah seorang yang memiliki kepribadian yang keras kepala. Ia berharap setiap anaknya akan menjadi orang sukses, dan ia paling anti melihat nilai merah di rapor anaknya.

  • Insiden

Hari ini adalah hari pengambilan rapor tengah semester, dengan keadaan setengah dag dig dug aku berjalan bersama ayah untuk mengambil rapor. Dalam perjalanan, ayah bertanya “bagaimana perasaanmu? Kira-kira baguskah nilaimu?” Aku hanya tersenyum menanggapi pertanyaan Ayah, karena aku merasa nilai-nilaiku baik semua. Sesampainya di sekolah, kami duduk bersebelahan di ruang kelasku. Ayah terlihat sedang berdoa, entah apa yang ia sedang doakan.

Tibalah saat namaku di panggil, ayah maju untuk menemui wali kelasku dan aku tetap pada posisi dudukku semula. Sesaat, aku melihat ayah meneteskan air mata, ia nampak sedih, namun ia tidak marah kepadaku. Sepulangnya dari sana, Ayah hanya terdiam, dan aku pun mencoba untuk membuka pembicaraan. “Ayah, mengapa bersedih?” Dengan suara bergetar ayah menjawab pertanyaanku “Ayah kecewa, tidakkah kau tahu, Ayah bersusah payah mendapatkan uang untuk menyekolahkanmu. Bahkan Ayah dan Ibu menghemat pengeluaran agar kau dan adik-adikmu bisa sekolah. Tetapi, hari ini Ayah melihat nilai merah pada pelajaran Bahasa Indonesia di rapormu.” Aku hanya terdiam dan merasa sakit dalam hatiku, mengapa aku membuat Ayah bersedih? Mengapa aku tidak menyadari jika Ayah sudah bersusah payah untuk menyekolahkanku?

  • Interpretasi

Sejak hari itu, aku bertekad untuk lebih giat belajar dan berusaha menyukai pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun tidak mudah, namun aku merasa itu adalah timbal balikku atas pengorbanan orang tua ku untuk menyekolahkanku. 

Itulah salah satu contoh teks eksemplum tentang pendidikan dalam bahasa Indonesia. Artikel lainnya yang dapat Anda baca, adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang alamcontoh teks diskusi tentang kesehatancontoh teks diskusi tentang narkobacontoh teks berita tentang sekolahcontoh teks berita seni budaya, contoh teks berita dukacontoh teks berita ekonomicontoh teks berita pendidikancontoh teks berita di koran, contoh teks berita bolacontoh teks naskah drama persahabatan 5 orangcontoh teks naskah drama persahabatan 4 orangcontoh teks naskah drama cerita rakyatcontoh teks naskah drama lucucontoh teks eksposisi analisis tentang kesehatancontoh teks eksposisi analisis beserta strukturnya, dan contoh teks prosedur komplek membuat jus. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

, , , , , , , , , , ,
Post Date: Monday 03rd, September 2018 / 04:24 Oleh :
Kategori : Teks Eksemplum