Contoh Cerpen Alur Campuran beserta Tahapan Alurnya

Contoh Cerpen Alur Campuran beserta Tahapan Alurnya – Cerpen merupakan salah satu diantara jenis-jenis prosa baru selain jenis-jenis novel, jenis-jenis roman, jenis-jenis esai, dan jenis-jenis drama. Adapun cerpen atau cerita pendek merupakan cerita yang berisi kisah seseorang yang ditulis tidak lebih dari 10.000 kata. Cerpen sendiri mempunyai alur cerita, di mana jenis-jenis alur cerita di dalam cerpen sendiro terdiri atas:

  1. Alur maju: alur sebuah cerpen yang tahapan dalam alur ceritanya dimulai dari permulaan, pengenalan masalah, klimaks, antiklimaks, dan penyelesaian masalah.
  2. Alur mundur: merupakan alur sebuah cerpen yang dimulai dari penyelesaian, antiklimaks, klimaks, pengenalan masalah, dan permulaan.
  3. Alur campuran atau maju-mundur: adalah alur cerita di dalam cerpen yang dimulai dari klimaks, pengenalan masalah, permulaan, anti klimaks, dan permulaan.

Untuk artikel kali ini, akan diberikan contoh cerpen alur campuran, di mana contoh cerpen tersebut adalah sebagai berikut.

Kuda Hitam vs Unggulan

Hamid dan kawan-kawan pun kian terdesak. Setelah timnya tertinggal 2 gol, kini dia pun harus menerima kenyataan bahwa timnya harus bermain dengan 10 pemain, setelah Fathur menerima kartu kuning kedua. 15 menit tersisa pun harus dilalui Hamid dan kesembilan teman-temannya untuk mengejar ketertinggalan.

Sebelumnya, Hamid dan kolega sudah unggul terlebih dulu di babak pertama, melalui gol yang dicetak oleh Hamid sendiri di menit ke-29, serta gol yang dicetak Edgar di menit 37. Merasa di atas angin, mereka pun secara intensif menyerang tim lawan hingga peluit babak pertama usai. Di babak kedua, tekanan pun masih dilancarkan Hamid cs. Terlalu asyik menyerang, mereka justru mendapat serangan balik yang efisien dari tim lawan dan membuahkan seiji gol untuk tim lawan. Semenjak gol tersebut, tim lawan seolah mendapat semangatnya kembali dan mencetak gol demi gol hingga skor 2-4 pun tertera di papan skor hingga menit 75. Tekanan bertubi-tubi yang dilakukan Hamid cs di sepanjang pertandingan, membuat mereka kehilangan stamina dan fokus.

Pertandingan keduanya sendiri merupakan pertandingan final kejuaraan sepakbola antar sekolah se-provinsi. Adapun juara pertandingan ini akan mendapat tiket untuk mengikuti kejuaraan nasional. Tim yang diperkuat Hamid sendiri merupakan tim yang tidak diunggulkan sejak mereka mengikuti turnamen. meski begitu, mereka justru tampil konsisten hingga bisa melaju ke final. Lain halnya dengan tim lawan yang sudah menjadi langganan juara selama 3 tahun terakhir. Pertandingan keduanya pun bagai pertarungan antara kurcaci melawan raksasa.

Di sisa lima 15 menit pertandingan, Pak Idan yang merupakan pelatih Hamid dkk tidak bisa melakukan pergantian pemain lagi. Itu karena jatah pergantian pemain sudah dia lakukan sebelumnya. Pak Idan pun memutar otaknya hingga nyaris putus asa. Tanpa diduga, peltaih berusia 45 tahun itu malah memerintahkan para pemainnya untuk tidak lagi memikirkan turnamen nasional. Dia berujar bahwa anak asuhnya harus bermain lebih santai dan lepas. “Jangan pikirkan final ini ataupun kejuaraan nasional. Bermain santailah seperti saat kalian bermain di sekolah!”

Setelah mendapat instruksi tersebut, Hamid cs pun mulai terlihat tenang dan santai dalam bermain. Serangan-serangan sporadis yang sebelumnya mereka lakukan, kemudian berganti menjadi permainan umpan kaki ke kaki yang dilakukan secara rileks. Hal ini membuat Hamid cs bisa menguasai bola lebih lama sembari menyusun skema untuk mencetak gol. Akhirnya, stretegi itu pun berhasil dengan 2 gol yang dicetak di menit-menit akhir pertandingan. Hamid dan kaannya, Edgar, kembali mencetak gol untuk tim mereka. Skor 4-4 pun tertera di papan skor dan memaksa pertandingan diperpanjang melalui extra  time.

Tahapan Alur Cerita Cerpen:

  • Klimaks: paragraf 1.
  • Pengenalan Masalah: paragraf 2.
  • Pengenalan/pembukaan: paragraf 3.
  • Antiklimaks: paragraf 4.
  • Penyelesaian: paragraf 5.

Demikianlah contoh cerpen alur campuran beserta tahapan  alurnya. Jika pembaca ingin mengetahui contoh cerpen serta alurnya, pembaca bisa membuka artikel contoh alur cerita dalam cerpen. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 06:56 Oleh :
Kategori : cerpen