Sponsors Link

5 Jenis-Jenis Kata Bilangan Tentu dalam Bahasa Indonesia

Kata bilangan tentu merupakan suatu kata bilangan yang menerangkan jumlah suatu benda dalam jumlah yang spesifik dan dapat dihitung. Kata-kata seperti seribu, pertama, dan dua lusin adalah beberapa kata yang termasuk ke dalam kata bilangan tentu. Menurut artikel jenis-jenis kata bilangan, kata bilangan tentu mempunyai sejumlah jenis. Adapun jenis-jenis kata bilangan tersebut adalah sebagai berikut ini!

1. Kata Bilangan Utama

Jenis-jenis kata bilangan tentu yang pertama adalah kata bilangan utama. Kata bilangan ini merupakan kata bilangan yang menyatakan jumlah angka spesifik sebuah benda. Kata bilangan utama terbagi lagi ke dalam 3 jenis, yaitu:

  1. Kata Bilangan Penuh: adalah kata bilangan utama yang dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari kata lain. Misalnya: satu, dua, tiga, dan empat.
  2. Kata Bilangan Pecahan: merupakan kata bilangan yang terdiri dari bilangan pembilang dan penyebut dan diberi tambahan kata per-. Misalnya: ½ (setengah/satu perdua), ¾ (tiga perempat).
  3. Kata Bilangan Gugus: merupakan kata bilangan yang digunakan sebagai satuan tertentu, entah satuan berat, tinggi, maupun waktu. Contohnya: selusin, sewindu, dan setinggi.

Untuk lebih memahami semua jenis kata bilangan utama, berikut ditampilkan beberapa contoh diantaranya yang ditampilkan dalam format kalimat di bawah ini!

  • Pak Hadi dan Bu Nenti mempunyai dua orang anak.
  • Dalam sehari, Pak Usman bisa menjual seratus ekor ayam potong di pasar.
  • Ibu membeli beras setengah kilogram saja.
  • Tiga perempat warga kampung itu berporfesi sebagai pedagang sayur dan buah-buahan.
  • Pak Dadang sudah menetap di Jakarta selama sewindu.
  • Kemarin, ibu membeli selusin gelas di toko untuk menggantikan gelas-gelas yang hilang di rumah entah ke mana.

2. Kata Bilangan Tingkat

Jenis-jenis kata bilangan tentu yang terakhir adalah kata bilangan tingkat. Kata bilangan ini merupakan kata yang melambangkan urutan jumlah atau tingkatan suatu hal. Kata ini sendiri dapat dipakai untuk menyatakan urutan orang, barang, tempat, atau hal lainnya dimulai dari yang teratas ke terbawah ataupun sebaliknya. Kata-kata yang termasuk kata bilangan ini adalah pertama, kedua, dan kesepuluh ribu. Untuk lebih memahami kata bilangan ini, marilah kita lihat beberapa contohnya dalam format kalimat di bawah ini!

  • Ani adalah anak kedua dari pasangan Pak Sutrisno dan Bu Yanti.
  • WIldan berhasil menjadi juara pertama pada lomba pidato Bahasa Inggris antar SMA yang diselenggarakan di SMAn 77 pada hari Rabu yang lalu.
  • Medali yang diraih atlet bulutangkis itu merupakan medali kesepuluh yang dia raih sepanjang karirnya.
  • Keseratus peserta seminar telah memasuki ruang aula yang luas tersebut.
  • Penyerang itu berhasil mencetak gol yang kedua ratus sepanjang karirnya sebagai pesepakbola dan penyerang.
  • Untuk ketiga kalinya, Sarah berhasil meraih nilai 9 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis kata bilangan tentu dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kata bilangan atau contoh dari jenis kata lainnya, maka pembaca sekalian bisa membuka artikel contoh kata bilangan tentucontoh kata bilangan tak tentu, contoh kata bantu bilangan, contoh kata benda konkret dalam bahasa Indonesia, contoh kata sifat dasar, dan contoh kata depan “dalam”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan wawasan untuk kita sekalian, entah itu mengenai jenis kata bilangan dan juga kata pada khususnya, maupun mengenai mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih banyak.

, , , , , , , ,
Post Date: Sunday 04th, March 2018 / 01:45 Oleh :
Kategori : kata bilangan