Sponsors Link

16 Contoh Kalimat Berpola K-S-P-O dalam Bahasa Indonesia

Sponsors Link

Kalimat merupakan suatu kesatuan bahasa yang berdiri sendiri dan mempunyai makna tertentu di dalamnya. Dalam penulisannya, terdapat beberapa pola yang dapat dipakai untuk menulis sebuah kalimat. Salah satu pola tersebut adalah K-S-P-O. Pola ini sendiri merupakan pengembangan dari pola S-P-O-K dengan unsur K di depannya. Adapun unsur-unsur kalimat dalam bahasa Indonesia yang terkandung pada pola ini antara lain Keterangan, Subjek, Predikat, dan Objek.

Di artikel kali ini, kita akan mengetahui beberapa contoh kalimat yang menggunakan pola tersebut. Adapun contoh-contoh tersebut adalah sebagai berikut!

  1. Di pasar, ibu membeli sayur-sayuran. (K: di pasar, S: ibu, P: membeli, O: sayur-sayuran)
  2. Kemarin, aku menemukan dua lembar uang pecahan 5000-an. (K: kemarin, S: aku, P: menemukan, O: dua lembar uang pecahan 5000-an)
  3. Di dapur, ibu sedang memasak gulai ikan kakap. (K: di dapur, S: ibu, P: sedang memasak, O: gulai ikan kakap)
  4. Malam itu, polisi telah menangkap sindikat pengedar narkoba. (K: malam itu, S: polisi, P: telah menangkap, O: sindikat pengedar narkoba)
  5. Dari kamar pelaku, polisi menemukan sejumlah barang bukti. (K: dari kamar pelaku, S: polisi, P: menemukan, O: sejumlah barang bukti)
  6. Dari acara seminar itu, aku mendapat sejumlah pengetahuan baru. (K: dari acara seminar itu, S: aku, P: mendapat, O: sejumlah pengetahuan baru)
  7. Karena ketahuan membolos, Adi pun harus menerima hukuman. (K: karena ketahuan membolos, S: Adi pun, P: harus menerima, O: hukuman)
  8. Sejak kemarin, aku sudah mencurigai tingkah lakunya. (K: sejak kemarin, S: aku, P: sudah mencurigai, O: tingkah lakunya)
  9. Sejak kemarin, hujan membasahi kota ini. (K: sejak kemarin, S: hujan, P: membasahi, O: kota ini)
  10. Dari balkon rumahku, aku melihat sinar bulan purnama. (K: dari balkon rumahku, S: aku, P: melihat, O: sinar bulan purnama)
  11. Selama ujian berlangsung, Pak Amir terus mengawasi para siswa. (K: selama ujian berlangsung, S: Pak Amir, P: terus mengawasai, O: para siswa)
  12. Saat kami sedang tidak di meja makan, kucing itu mencuri ikan pindang tersebut. (K: saat kami sedang tidak di meja makan, S: kucing itu, P: mencuri, O: ikan pindang tersebut)
  13. Di dalam kamarnya, dia terus menangisi kepergian kekasihnya. (K: di dalam kamarnya, S: dia, P: terus menangisi, O: kepergian kekasihnya)
  14. Di beranda rumah, ayah sering membaca koran. (K: di beranda rumah, S: ayah, P: sering membaca, O: koran)
  15. Saat bertemu denganku, Paman menawarkan sebuah pekerjaan. (K: saat bertemu denganku, S: paman, P: menawarkan, O: sebuah pekerjaan)
  16. Saat kami tertidur, pencuri itu mengambil sejumlah perhiasan. (K: saat kami tertidur, S: pencuri itu, P: mengambil, O: sejumlah perhiasan)

Demikianlah beberapa contoh kalimat berpola K-S-P-O dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kalimat lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh kalimat berpola dasar S-P-O-K, contoh kalimat berpola dasar S-P-O-Pel-K, contoh kalimat simpleks berpola S-P-O, contoh kalimat kompleks berpola S-P-O-K, contoh kalimat deskripsi tentang alam, contoh kalimat deskripsi tentang tumbuhan, serta artikel contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu memberi wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai contoh kalimat pada khususnya, mau pun mengenai materi bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih banyak.

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, March 2018 / 07:21 Oleh :
Kategori : Kalimat