10 Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya dalam Bahasa Indonesia

Sebelumnya, kita telah mengetahui seperti apa beberapa contoh kalimat perintah berpartikel -lah. Dari beberapa contoh tersebut, dapat kita ketahui bersama bahwa partikel -lah merupakan salah satu ciri dan elemen penting dalam suatu penulisan kalimat perintah.

Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh kalimat perintah yang disertai dengan tanggapannya. Biasanya, tanggapan dari suatu kalimat perintah adalah sikap orang yang menerima kalimat tersebut. Adapun beberapa contoh tersebut adalah sebagai berikut ini!

  1. Nak, tolong belikan ibu garam di warung Bu Imas!
    • Jika seorang anak mendengar kalimat perintah ini, maka si anak tersebut pasti akan langsung bergegas membeli garam di warung yang telah disebutkan.
  2. Tolong jangan kau beritahu siapa pun soal apa yang telah kuceritakan padamu tadi!
    • Ketika seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka orang tersebut akan berusaha untuk tidak menceritakan kepada siapa pun soal apa yang telah diceritakan si pemberi kalimat perintah kepadanya.
  3. Para tamu undangan yang terhormat, kami persilakan untuk mencicipi hidangan yang telah kami sediakan di sebelah timur gedung ini!
    • Ketika orang-orang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan langsung ke area gedung yang tersedia hidangan yang dimaksud.
  4. Bagi para pembeli tiket, kami persilakan untuk mengantre di depan loket yang telah kami sediakan!
    • Ketika orang-orang (terutama yang hendak membeli tiket) mendengar ujaran kalimat perintah di atas, maka mereka pun akan mengantre di depan loket yang dimaksud.
  5. Kepada bapak/ibu yang mempunyai waktu luang, kami mohon untuk hadir pada kegiatan rapat antarwarga yang akan diselenggarakan nanti malam di balai kelurahan!
    • Ketika bapak/ibu yang mempunyai waktu luang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan langsung menghadiri kegiatan yang dimaksud.
  6. Tolong kau sampaikan salamku jika kau bertemu dengannya!
    • Saat seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka seseorang tersebut akan menyampaikan salam kepada orang yang dimaksud pada kalimat perintah di atas.
  7. Isilah soal-soal di bawah ini dengan baik dan benar, dimulai dari soal yang termudah!
    • Saat seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka orang tersebut akan berusaha mengisi soal-soal yang dimaksud dengan baik dan benar, dimulai dari soal yang menurutnya mudah.
  8. Sebutkan jenis-jenis hewan mamalia yang kamu ketahui, minimal 5 jenis hewan!
    • Ketika orang-orang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan berusaha menyebut minimal lima jenis hewan mamalia yang mereka ketahui.
  9. Simpanlah barang ini baik-baik, siapa tahu nanti kau akan sangat membutuhkannya!
    • Ketika seseorang mendengar kalimat di atas, maka dia akan berusaha menjaga barang yang dimaksud dengan baik-baik.
  10. Eh, Pak Marko. Mari pak, silakan masuk ke dalam (rumah kami)!
    • Ketika Pak Marko mendengar kalimat di atas, maka dia akan masuk ke dalam rumah orang yang menyampaikan kalimat perintah tersebut.

Demikianlah beberapa contoh kalimat perintah beserta tanggapannya dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai kalimat perintah khususnya, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya.

Jika pembaca ingin menambah wawasan soal kalimat, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh kalimat pernyataan dan pertanyaan; contoh kalimat imperatif dan seruan; contoh kalimat tanya menggunakan jenis-jenis kata tanya; contoh kalimat tanya berpartikel -kah; contoh jenis-jenis kalimat berdasarkan fungsinya; serta artikel contoh kalimat berpredikat verbal.

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 28th, May 2018 / 05:34 Oleh :
Kategori : Kalimat