Perbedaan Kata Depan dengan Imbuhan dalam Bahasa Indonesia

Terkadang, kita kerap tidak dapat membedakan apakah sebuah kata adalah kata depan atau imbuhan. Hal ini menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penerapannya. Berikut akan diulas secara singkat tentang perbedaan kata depan dan imbuhan dilihat dari pengertian, fungsi serta tata cara penulisan.

1. Kata depan

Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang dimaksud dengan kata depan atau preposisi adalah kata yang selalu ada di depan kata benda, kata sifat, atau kata kerja. Kata depan menunjukkan berbagai hubungan makna antara kata sebelum dan sesudah preposisi. Fungsi kata depan adalah untuk menyatakan tempat berada, arah asal, arah tujuan, pelaku, alat, perbandingan, hasil atau masalah, akibat, dan tujuan.

Dalam penulisannya, kata depan ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. Berikut kami berikan contoh kata depan di, ke dan dari dalam kalimat :

  • Kamu sekarang tinggal di mana?
  • Besok aku akan pergi ke Jakarta.
  • Dari mana datangnya cinta? Dari mata turun hati.

Namun, ada beberapa kata depan yang penulisannya digabungkan karena sudah dianggap sebagai salah satu kata seperti kepada. Contoh :

  • Tolong berikan surat ini kepadanya.
  • Mereka memberikan dokumen itu kepada Bu Indah.

2. Imbuhan

Imbuhan dalam bahasa Indonesia adalah bunyi yang ditambahkan di awal, di tengah, atau di akhir sebuah kata, atau gabungan di antara tiga imbuhan itu, untuk membentuk kata baru yang artinya berhubungan dengan kata yang pertama. Terdapat beberapa jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan gabungan. Fungsi imbuhan adalah untuk membentuk kata benda, membentuk kata kerja, membentuk kata sifat, membentuk kata bilangan, dan membentuk kata keterangan.

Dalam penulisannya, imbuhan ditulis digabungkan dengan kata dasarnya. Berikut adalah beberapa contoh kata berimbuhan dalam kalimat :

  • Sesosok pria ditemukan tewas di sungai.
  • Tubuhnya gemetar mendengar nama itu.
  • Ibu membeli sayur mayur di pasar.
  • Belikan aku obat.
  • Semangat nasionalisme perlu ditanamkan sejak dini.

Demikianlah ulasan singkat tentang perbedaan kata depan dengan imbuhan. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan kata depan dan imbuhan di antaranya adalah jenis-jenis kata depanjenis-jenis kata depan berdasarkan bentuknya, jenis-jenis kata depan berdasarkan peran semantisnya, contoh kata depan di, ke, dan dari dalam kalimat, macam-macam imbuhan atau jenis-jenis imbuhanjenis-jenis imbuhan asing, contoh imbuhan awalancontoh imbuhan sisipancontoh imbuhan konfiks, berikan contoh kalimat kata depan yang menyatakan tempat, berikan contoh kalimat kata depan yang menyatakan sebab, berikan contoh kalimat kata depan yang menyatakan arah, berikan contoh kata depan dalam kalimat, kaidah penulisan kata depan dan kata ganti sesuai EYD. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, November 2018 / 03:09 Oleh :
Kategori : Kata depan