Sponsors Link

2 Contoh Paragraf Konjungsi “Adapun” dalam Bahasa Indonesia

Menurut laman kbbi.kemendikbud.go.id, paragraf didefinisikan sebagai bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung suatu pokok pikiran di dalamnya. Dalam penulisannya, paragraf terkadang selalu menggunakan konjungsi atau macam-macam kata penghubung yang dipakai sebagai penghubung antara satu paragraf dengan paragraf lainnya.  Kata adapun adalah salah satu kata yang lazim digunakan sebagai konjungsi yang menghubungkan antara satu paragraf dengan paragraf lainnya.

Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh penggunaan kata adapun yang difungsikan sebagai konjungsi antar paragraf. Adapun beberapa contoh tersebut adalah sebagai berikut ini!

Contoh 1:

Hampir setiap kota di Jawa Timur mempunyai potensi wisatanya masing-masing. Hal itu berlaku untuk kota Pacitan. Kota tempat kelahiran mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono  ini mempunyai sejumlah potensi wisata di dalamnya. Diantara semua potensi wisata di kota ini, gua menjadi potensi yang paling diunggulkan di kota ini. Hal ini dikarenakan kota ini mempunyai sejumlah gua yang patut untuk disambangi. Maka tak heran, jika kota ini mendapat julukan sebagai kota seribu satu gua.

Adapun salah satu gua yang menjadi destinasi wisata kota ini adalah Gua Gong. Dinamakan demikian, karena di gua ini terdapat sebuah batu yang bunyinya mirip seperti gua jika dipukul. Selain mempunyai batu unik tersebut, gua ini juga mempunyai daya tarik lainnya, yaitu ornamen stalakmit dan talaktit yang ada di bagian bawah dan atas gua. Kedua ornamen yang terbentuk secara alami ini mempunyai bentuk yang menyerupai sebuah ukiran abstrak yang begitu menarik.

Contoh 2:

Paragraf merupakan bab dalam suatu karangan yang di dalamnya terdapat suatu pokok pikiran. Fungsi dari paragraf sendiri adalah sebagai sarana untuk menyampaikan pokok pikiran dalam suatu tulisan. Paragraf sendiri mempunyai sejumlah jenis berdasarkan indikator-indikator tertentu, seperti: berdasarkan fungsinya, letak kalimatnya, dan indikator-indikator lainnya.

Adapun salah satu jenis paragraf tersebut adalah paragraf eksposisi. Paragraf ini merupkaan suatu paragraf yang berfungsi untuk menjelaskan atau menginoformasikan suatu hal tanpa mengharap timbal balik dari orang lain. Paragraf ini sendiri merupakan salah satu jenis paragraf yang dikategorikan berdasarkan fungsi di dalamnya. Paragraf eksposisi sendiri terbagi atas beberapa jenis, diantaranya: paragraf eksposisi definisi, paragraf eksposisi klasifikasi, dan paragraf eksposisi proses.

Contoh-contoh yang sudah ditampilkan di atas merupakan beberapa contoh paragraf konjungsi “adapun” dalam bahasa Indonesia. Dari contoh-contoh tersebut, kita bisa melihat bahwa kata atau konjungsi adapun selalu diletakkan setelah paragraf pertama dituliskan, atau lebih tepatnya diletakkan di paragraf selanjutnya. Hal tersebut dilakukan untuk menandakan bahwa paragraf pertama dan selanjutnya merupakan paragraf yang saling terhubung satu sama lain.

Demikianlah pembahasan mengenai paragraf berkonjungsi adapun dalam artikel kali ini. Untuk mengetahui beberapa contoh paragraf lainnya, pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yakni: contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, contoh paragraf eksposisi definisi tentang hewan, contoh paragraf induktif tentang lingkungan, contoh paragraf kausalitas, contoh paragraf analogi tentang cinta, contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan sekolah, contoh paragraf ineratif tentang kesehatan, serta artikel contoh paragraf deskripsi tentang ekonomi.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan baru bagi pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf berkonjungsi pada khususnya, maupun mengenai mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih untuk para pembaca sekalian.

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 26th, April 2018 / 22:57 Oleh :
Kategori : Paragraf