Contoh Paragraf Persuasi tentang Lingkungan dalam Bahasa Indonesia

Paragraf persuasi merupakan salah satu diantara jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya, selain paragraf deskripsi, paragraf argumentasi, dan paragraf narasi. Paragraf ini sendiri merupakan paragraf yang isinya berupa ajakan atau bujukan untuk melakukan suatu hal. Ajakan atau bujukan tersebut bisa disampaikan dengan cara mepropaganda pembaca, membujuk secara halus, atau bisa juga dengan cara mengedukasi pembaca dengan sejumlah fakta yang ada. Paragraf persuasi bisa ditulis dengan tema apa saja, termasuk lingkungan. Di artikel kali ini, kita akan mengetahui salah satu contoh paragraf persuasi yang bertemakan lingkungan. Adapun contoh tersebut adalah sebagai berikut!

Pengelolaan Limbah Rumah Tangga

Salah satu penyebab pencemaran lingkungan adalah adanya limbah yang mencemari lingkungan sekitar. Limbah sendiri berasal dari mana saja, termasuk dari rumah tangga atau dari rumah kita sendiri. Tanpa kita sadari, aktivitas rumah tangga yang kita lakukan di keseharian ternyata dapat menghasilkan limbah rumah tangga yang dapat merusak lingkungan. Adapun macam-macam limbah rumah tangga sendiri antara lain air sisa sabun, sampo, dan deterjen; sisa sayuran dan makanan; dan barang-barang bekas seperti kardus ataupun alat-alat elektronik yang sudah tak berguna. Jika semua benda itu dibuang sembarangan, maka akan mengakibatkan pencemaran bagi lingkungan sekitar kita.

Ada dua cara supaya limbah rumah tangga yang kita hasilkan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, yaitu memakai barang-barang yang ramah lingkungan dan mendaur ulang limbah rumah tangga yang telah kita hasilkan. Cara pertama dilakukan khusus untuk penggunaan sabun mandi, sabun cuci piring, deterjen, dan juga sampo. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kesemua benda tersebut mengandung beberapa zat kimia yang justru dapat menimbulkan pencemaran lingkungan bila bersentuhan dengan lingkungan sekitar. Agar pencemaran tidak terjadi, sebaiknya kita ganti semua benda tersebut dengan benda yang jauh lebih ramah lingkungan, misalnya: sabun yang kita pakai diganti dengan sabun ramah lingkungan, dsb.

Cara selanjutnya adalah melakukan daur ulang atas limbah rumah tangga yang kita hasilkan. Adapun limbah rumah tangga yang bisa kita daur ulang antara lain sisa sayuran, barang elektronik yang sudah rusak atau tidak terpakai lagi. Sisa-sisa sayuran bisa kita daur ulang menjadi pupuk kompos. Sementara itu, barang elktronik bisa kita daur ulang menjadi barang elektronik baru atau didaur ulang menjadi benda-benda berguna lainnya. Jika kita tidak bisa mendaur ulang sampah elektronik, maka kita bisa menyumbangkan sampah elktronik itu ke tukang loak atau kepada orang yang sudah ahli mendaur ulang sampah elektronik.

Dengan melakukan cara-cara tersebut, maka kita telah melakukan upaya untuk mengurangi dampak negatif dari limba rumah tangga yang kita hasilkan. Selain itu, dengan melakukan cara-cara tersebut, maka kita akan menjadi lebih bijak dalam menggunakan keperluan rumah tangga dan kita juga dapat belajar bagaimana mengelola alat-alat rumah tangga yang sudah tidak kita pakai lagi.

Demikianlah contoh paragraf persuasi tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh paragraf persuasi lainnya, maka pembaca bisa membuka artikel contoh paragraf persuasi tentang teknologi, contoh paragraf persuasi tentang kesehatan, dan contoh paragraf persuasi tentang rokok. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf persuasi khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 10th, February 2018 / 08:43 Oleh :
Kategori : Paragraf