17 Contoh Kalimat Majemuk setara Urutan Waktu dalam Bahasa Indonesia

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa contoh dari beberapa diantara macam-macam kalimat majemuk setara di beberapa artikel. Adapun artikel-artikel yang memuat contoh-contoh tersebut antara lain contoh kalimat majemuk setara perlawanan, dan contoh kalimat majemuk setara sebab akibat beserta polanya. Artikel kali ini pun juga akan menampilkan beberapa contoh dari salah satu jenis kalimat majemuk, di mana jenis kalimat majemuk setara tersebut adalah kalimat majemuk setara urutan waktu. Salah satu jenis-jenis kalimat majemuk setara tersebut merupakan gabungan dua kalimat atau klausa yang mempunyai hubungan urutan waktu, serta mempunyai konjungsi lalu, kemudian, setelah itu, dan sebagainya.

Agar pembaca lebih paham soal kalimat majemuk setara urutan waktu, berikut ditampilkan beberapa contoh kalimat majemuk setara urutan waktu dalam bahasa Indonesia.

  1. Ibu pergi ke pasar untuk berbelanja sehabis salat subuh. Setelah itu, Ibu baru memasak sarapan untuk kami semua.
  2. Setelah minyak dipanaskan, kemudian bahan-bahan yang telah disiapkan sebelumnya baru dimasukkan ke atas wajan berminyak panas.
  3. Aku bertemu dengannya saat hendak pulang dari kantor. Lalu setelah itu, kami pun berbincang-bincang sejenak.
  4. Tubuh Lani tiba-tiba lemas saat mengikuti upacara bendera tersebut, lalu dia pun pingsan dan seketika itu juga dia dibawa ke UKS.
  5. Aku akan menyelesaikan pekerjaanku terlebih dahulu. Setelah itu, aku akan meminta cuti dan berlibur ke luar kota.
  6. Aku akan bermain bersama dengan teman-temanku di tanah lapang. Sesudah itu, aku akan pulang ke rumah saat matahari akan tenggelam.
  7. Kerjakanlah soal yang lebih mudah dahulu. Setelah itu, baru kerjakan soal yang agak sulit.
  8. Bel pulang pun telah dibunyikan petugas sekolah. Kemudian, para siswa pun keluar meninggalkan kelas.
  9. Kocoklah obat sirup itu terlebih dahulu. Setelah itu, kau boleh meminum obat tersebut.
  10. Selesaikanlah terlebih dahulu tugas sekolahmu. Setelah itu, kau boleh bermain bersama teman-temanmu.
  11. Ayah mengantarkan adik berangkat ke sekolah. Setelah itu, Ayah langsung berangkat kerja ke kantornya.
  12. Tari membeli sebuah barang yang akan dia jadikan sebagai kado untuk temannya. Setelah barang itu dibeli, Tari pun membungkus barang tersebut dengan menggunakan kertas kado.
  13. Kami sempat berbincang-bincang sejenak tentang kenangan masa kecil kami. Lalu, kami pun berpamitan dan pulang ke rumah masing-masing setelah perbincangan kami selesai.
  14. Ambilah pakaian yang sudah kering sehabis dijemur, lalu pakaian tersebut baru disetrika hingga rapi.
  15. Cucilah daging ayam yang telah disediakan, kemudian potong dan olahlah sesuai dengan keinginan.
  16. Ketika waktu subuh telah tiba, Ibu akan langsung melakukan salat subuh. Setelah itu, Ibu baru pergi ke pasar untuk membeli sayur-sayuran, daging, dan beberapa bumbu masakan.
  17. Bel masuk pun telah dibunyikan oleh petugas sekolah, kemudian para siswa pun masuk ke kelas masing-masing.

Itulah beberapa contoh kalimat majemuk setara urutan waktu dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah referensi yang berhubungan dengan kalimat majemuk, pembaca bisa membuka artikel contoh kalimat tunggal dan kalimat majemuk, atau bisa juga membuka artikel contoh anak kalimat dan induk kalimat. Adapun untuk pembahasan di artikel kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu di dalam ranah pembahasan soal kalimat majemuk khususnya, maupun di dalam ranah mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Thursday 04th, January 2018 / 15:32 Oleh :
Kategori : kalimat majemuk