15 Contoh Kalimat Tanggapan Positif dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Tanggapan Positif dalam Bahasa Indonesia – Dalam jenis jenis kalimat, kita mengenal beragam kalimat. Ada kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, kalimat aktif dan pasif, kalimat minor dan kalimat mayor, kalimat baku dan tidak baku, kalimat imperatif, dekralatif dan introgatif, kalimat definisi dan kalimat deskripsi dan masih banyak lagi. Dari semua kalimat-kalimat tersebut, kali ini kita akan membahas khusus kalimat yang lainnya, yaitu kalimat tanggapan.

Kalimat tanggapan adalah kalimat yang berisi reaksi seseorang terhadap suatu peristiwa yang dilihat, dibaca, maupun dirasakan. Kalimat tanggapan memiliki dua jenis, yakni kalimat tanggapan positif dan kalimat tanggapan negatif. Di artikel kali ini akan kita bahas khusus kalimat tanggapan positif.

Kalimat tanggapan positif merupakan kalimat tanggapan yang berisi tanggapan positif dan optimis terhadap suatu peristiwa atau informasi yang didapat. Kalimat tanggapan ini ditujukan untuk menyetujui informasi atau peristiwa yang terjadi yang disampaikan secara santun bersifat optimistis.

Contoh Kalimat Tanggapan Positif

Untuk lebih memahami seperti apa kalimat tanggapan positif, berikut disajikan beberapa contoh kalimat tanggapan positif dalam Bahasa Indonesia.

  1. Meskipun suami adalah kepala keluarga yang fokus mencari nafkah, para suami juga mesti ikut terlibat dalam mengurus anak-anaknya.
  2. Upaya pemberantasan berita hoax patut didukung agar berita-berita hoax bisa berkurang di negeri ini.
  3. Selain memberantas pembajakan, pemerintah juga harus memikirkan jalur distribusi yang tepat untuk memasarkan karya para musisi.
  4. Keputusan Pak Amir untuk mengangkat Pak Burhan menjadi manajer merupakan hal yang tepat, karena kinerjanya selama ini selalu baik dan memberi dampak positif bagi perusahaan.
  5. Kerjasama yang dilakukan antar perusahaan akan memberi keuntungan yang signifikan bagi keduanya.
  6. Diksi yang digunakan pada puisi itu begitu pas sehingga membuat puisi itu begitu indah saat dibaca.
  7. Keputusan Real Madrid yang memilih untuk membeli pemain muda berbakat patut diacungi jempol. Selain harganya lebih murah, para pemain muda yang dibeli tersebut bisa diasah dan menjadi andalan Real Madrid di masa yang akan datang.
  8. Pelaksanaan Pilkada secara serentak merupakan kebijakan yang tepat. Dengan begitu, anggaran yang dikeluarkan pun jadi tidak terlalu besar.
  9. Selain mengajarkan materi perkuliahan, para dosen juga mesti membekali mahasiswanya dengan idealisme serta kemampuan berpikir kritis yang akan bermanfaat saat mereka lulus nanti.
  10. Selain menumbuhkan minat membaca, anak-anak juga mesti dilatih untuk menulis agar mereka mampu menuangkan hasil pemikiran dan pembelajarannya selama ini. Selain itu, melatih anak-anak menulis juga akan membuat mereka menjadi lebih produktif.
  11. Penggunaan fingering sebagai sistem absensi mahasiswa patut didukung karena sistem tersebut mampu meminimalisir kebiasaan buruk mahasiswa yang serit titip absen kepada rekannya yang mengikuti perkuliahan.
  12. Film biopik Chrisye layak ditonton karena film ini mengisahkan keseharian Chrisye yang tidak diketahui publik.
  13. Bakso Pak Basuki layak dicoba karena rasanya yang enak serta bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang aman untuk dikonsumsi.
  14. Keputusan PSSI menujuk Luis Milla sebagai pelatih timnas adalah keputusan tepat. Pasalnya, pelatih asal Spanyol itu mempunyai segudang pengalaman dan mempunyai filosofi kepelatihan yang sesuai dengan kebutuhan timnas.
  15. Pengarsipan karya-karya sastra klasik dan modern Indonesia patut dilakukan agar generasi mendatang bisa tahu seperti apa perkembangan sastra klasik dan modern di Indonesia.

Demikianlah contoh kalimat tanggapan positif dalam Bahasa Indonesia. Semoga Bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Monday 16th, October 2017 / 08:08 Oleh :
Kategori : Kalimat