30 Contoh Kata Hiponim dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Dalam keseharian, tentu kita pernah mendengar kata-kata kuning, coklat, biru, merah atau ungu. Kita tahu bahwa kata-kata tersebut merupakan jenis warna. Dengan kata lain kata kuning, coklat, biru, merah atau ungu adalah anak kata atau kata turunan dari warna. Anak kata atau kata turunan dari sebuah kata ini disebut dengan istilah hiponim. Seperti halnya istilah homonim, homograf, dan homofon yang berasal dari bahasa Yunani. Istilah hiponim juga diambil dari bahasa Yunani, dimana hypo berarti ‘dibawah’ dan onoma berarti ‘nama’. Maka hiponim dapat diartikan sebagai kata turunan atau anak kata dari kata utama atau induk kata.

Berikut ini beberapa contoh kata hiponim dalam jenis-jenis kalimat yang dapat kita pelajari :

  1. “Tugas kalian yaitu mengklasifikasikan harimau, komodo, angsa, sapi dan nyamuk seperti contoh!”, begitu pak guru memerintahkan. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari binatang)
  2. Sinta menyukai wangi-wangian bunga seperti melati, mawar, kenanga dan sedap malam. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari bunga)
  3. Marni telah mempraktekan berbagai jenis bolu mulai dari bolu caramel, bolu lapis malang, bolu pelangi dan bolu kukus. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari bolu)
  4. “Siapa yang dapat menjelaskan pengertian dari otot lurik, otot polos dan otot jantung?”, tanya pak guru. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari otot)
  5. Toko kami menyediakan pula jenis pupuk fosforus, pupuk nitrogen dan pupuk kalium. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari pupuk)
  6. Di Lembaga kursus itu, kamu dapat memilih kursus bahasa inggris, bahasa mandarin, bahasa arab dan bahasa jerman. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari bahasa)
  7. Selama ini Yasmin pernah memelihara kucing persia, russian blue, anggora dan savannah di rumahnya. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari kucing)
  8. Pada kejuaraan itu Arman akan bertanding dengan lawannya yang berasal dari Singapura, Malaysia, Cina dan Korea. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari negara)
  9. Lima gunung tertinggi di Indonesia yaitu puncak jaya, puncak mandala, puncak trikora, ngga pilimsit dan kerinci. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari gunung)
  10. Orang yang senang makan durian tentu tidak asing dengan nama monthong, petruk, bokor, bawor atau candimulyo. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari durian)
  11. Bahwa kita masih memiliki mata, telinga, hidung, lidah dan kulit yang sehat adalah hal yang perlu kita syukuri. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari panca indra)
  12. Jupiter, mars, venus adalah planet selain bumi yang ada di galaksi bimasakti. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari planet)
  13. Semenjak kawasan jembatan ciminyak sering dikunjungi para pemburu ikan bakar, harga ikan mas, nila dan patin terus meroket seiring permintaan pasar. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari ikan)
  14. Jenis-jenis kata keterangan yang perlu kita ketahui diantaranya kata keterangan modalitas, cara, jumlah, derajat, aposisi dan penyerta. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari kata keterangan).
  15. Frasa nomina, adjektiva, numerelia dan preposisi merupakan jenis-jenis frasa berdasarkan kategori kata yang menjadi unsur pusatnya. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari frasa).
  16. Dari sekian banyak sepatu olahraga yang ku punya, sepatu yang paling sering aku gunakan yaitu nike, fila, adidas dan eagle. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari sepatu olahraga).
  17. Kakak menyemprot cairan pembasmi serangga di rumah sehingga banyak serangga yang mati seperti kecoa, nyamuk, lalat dan semut. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari serangga).
  18. Dewasa ini batu jenis marmer, andesit, sabak, palimanan dan candi telah banyak dimanfaatkan untuk bangunan rumah. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari batu).
  19. Ada tiga macam varietas utama tanaman padi yaitu varietas padi hibrida, unggul dan lokal. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari padi).
  20. Air hujan, sumur, laut, sungai, telaga, salju dan embun dapat kita gunakan untuk bersuci. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari air).
  21. Bu Ratna sering merasa pegal-pegal setelah mengkonsumsi kangkung, kol, buncis dan kacang panjang. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari sayuran).
  22. Kemarin Ibu membelikan Ana kain katun, jersey, spandex dan satin untuk keperluan kursus menjahit ku. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari kain).
  23. Pak Arman berkata, “Jambu biji, petai, terong dan cabai adalah contoh tanaman dikotil. dan tugas kalian adalah menambahkan contohnya!”. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari tanaman dikotil).
  24. Meja dan bangku sekolah ini terbuat dari kayu mahoni, sonokeling atau sengon. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari kayu).
  25. Petugas parkir sempat kebingungan menata mobil, motor dan sepeda karena jumlahnya yang terlalu banyak. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari kendaraan).
  26. Ada beberapa jenis suara wanita, contohnya mezzo-soprano, soprano dan contralto. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari suara).
  27. Kita beresiko terkena panu, kurap, kudis dan bisul jika tidak menjaga kebersihan badan. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari penyakit kulit).
  28. Heru sedang menyiapkan makanan ayam, bebek, angsa dan kalkum. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari unggas).
  29. Nadia menggoreng singkong dan ubi, sementara Ayu mengupas kentang untuk campuran sayur sop. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari umbi-umbian)
  30. Dalam ilmu pengetahuan alam yang ku dapat disekolah, awan seperti itu dinamakan awan cumulus dan aku akan mengambil gambar awan stratus dan sirrus jika telah muncul. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari awan).

Selain hiponim beberapa artikel serupa lainnya adalah contoh kalimat hiponim dan hipernim, contoh kalimat antonim, sinonim dan hiponim, contoh kalimat hipernim dan homonim, contoh kalimat homonim, homofon dan homograf, contoh kalimat polisemi.

, , , , , , , ,
Post Date: Friday 02nd, February 2018 / 04:24 Oleh :
Kategori : Kata Kata