20 Contoh Kata Homofon dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Jenis-jenis makna kata dalam bahasa Indonesia terbagi kedalam tujuh bagian salah satunya mengenai kelainan makna yaitu homonim, homofon dan homograf. Untuk dapat membedakannya dapat kita lihat dalam contoh kalimat homonim, homofon dan homograf. Namun dalam kajian ini akan di bahas mengenai contoh kata homofon dalam kalimat. Homofon adalah kata yang dalam penulisan dan maknanya berbeda namun sama dalam pengucapannya atau dapat diartikan sebagai homonim yang dalam pengucapannya sama namun berbeda makna dan penulisan.

Contoh kata homofon dalam kalimat dapat dibuat dengan jenis-jenis kalimat seperti berikut ini :

  1. Maia Estianty adalah seorang musisi yang lahir di kota pahlawan, Surabaya. (kata Maia berarti nama orang).
  2. Istilah dunia maya sering digunakan untuk memberikan nama lain dari internet. (kata maya berarti seperti ada, namun pada kenyataannya tidak ada).
  3. Kami terbiasa membagi pekerjaan rumah dan mengerjakannya bersama-sama. (kata kami berarti kata ganti orang pertama bentuk jamak).
  4. Organisasi mahasiswa muslim yang terbentuk pada saat era reformasi yaitu KAMMI. (kata KAMMI berarti singkatan/nama organisasi).
  5. Bang Sabeni mendorong gerobak dagangan sayurnya berkeliling kampung sejak subuh tadi. (kata Bang berarti panggilan seorang lelaki dewasa pada suku betawi).
  6. Hasna putri Pak Wisnu bekerja sebagai pegawai bank di Bandung. (kata Bank berarti sebuah lembaga keuangan).
  7. “Ratih, coba tuliskan rumus massa jenis di papan tulis!”, perintah pak guru pada Ratih. (kata massa berarti sejumlah besar benda atau zat yang disatukan).
  8. Gunakan masa muda mu sebelum datang masa tua mu. (kata masa berarti waktu yang lama).
  9. Massa pendemo memaksa masuk ke halaman gedung DPR/MPR tadi siang. (kata massa berarti sekumpulan orang banyak).
  10. Pengendara motor akan dikenakan sanksi jika tidak menggunakan helm saat mengendarai motornya di jalan raya. (kata sanksi berarti hukuman)
  11. Tiara berkata, “Aku masih sangsi untuk melakukan atraksi di panggung nanti”. (kata sangsi berarti ragu).
  12. Arkan menyukai lagu-lagu beraliran rock sehingga dia banyak mengoleksi berbagai aksesoris yang berhubungan dengan musik rock. (kata rock berarti jenis aliran musik).
  13. Selama seminggu, aku belajar menjahit rok sederhana dari bahan kain katun. (kata rok berarti jenis pakaian wanita).
  14. Setelah akad nikah diucapkan, maka mereka resmi menjadi pasangan yang sah. (kata sah berarti resmi).
  15. universitas syiah kuala yang berada di Provinsi Aceh adalah universitas tertua. (kata syiah berarti nama seorang ulama ternama di Aceh).
  16. Nama belakang anaknya menggunakan kata syah agar sesuai dengan artinya yaitu raja. (kata syah berarti nama seseorang).
  17. Dia kerap membersihkan giginya menggunakan jarum pentul. (kata jarum berarti benda kecil, runcing dan tajam untuk menjahit atau untuk menyatukan kain).
  18. Di saku celana Bobi, ibu menemukan bungkusan rokok djarum super. (kata djarum berarti merk sebuah rokok).
  19. Apabila anda telah memenuhi syarat, besar kemungkinan anda akan diterima. (kata syarat berarti ketentuan yang harus dipenuhi)
  20. Puisi yang kau buat indah dan sarat akan makna. (kata sarat berarti suatu hal dipenuhi oleh).

Kata homofon terkadang kita jumpai pada percakapan sehari-hari atau pada tulisan. Dengan mengetahui istilah homofon, pengertian dan contohnya kita dapat menggunakan kata homofon dengan benar pada sebuah kalimat. Semoga bermanfaat.

, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 13th, February 2018 / 09:25 Oleh :
Kategori : homofon