Paragraf Eksposisi – Pengertian, Ciri dan Jenisnya

Berbagai jenis-jenis paragraf sudah pernah dibahas sebelumnya. Adapun jenis-jenis paragraf tersebut antara lain paragraf induktif, paragraf deduktif, paragraf campuran, dan paragraf ineratif. Artikel kali ini pun akan membahas khusus salah satu jenis paragraf, di mana paragraf tersebut adalah paragraf eksposisi. Paragraf tersebut akan dibahas secara khusus, dimulai dari pengertian, ciri, hingga ke contohnya. Adapun pembahasan tersebut adalah sebagai berikut!

Pengertian Paragraf Eksposisi

Menurut laman id.wikibooks.org, paragraf eksposisi diartikan sebagai paragraf atau alinea yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, menjelaskan, memaparkan, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik kepada pembaca dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca sehingga pengetahuan dan wawasan pembaca pun semakin meningkat. Paragraf ini sendiri termasuk ke dalam salah satu diantara jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya, selain paragraf argumentasi, paragraf deskripsi, paragraf narasi, dan paragraf persuasi.

Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi

Masih menurut laman id.wikibooks.org, paragraf eksposisi dikatakan mempunyai sejumlah ciri, di mana ciri-ciri tersebut adalah:

  • Di dalamnya berisi definisi, langkah-langkah, metode, atau tata cara dalam melakukan suatu hal.
  • Gaya penulisannya cenderung bersifat informatif.
  • Menginformasikan atau menceritakan suatu hal yang tidak bisa disentuh oleh pancaindera.
  • Paragraf eksposisi umumnya dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh jenis-jenis kata tanya, yaitu apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana yang dalam istilah jurnalistik sering dikenal dengan istilah 5W+1H.

Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi

Selain ciri, paragraf eksposisi pun mempunyai sejumlah jenis, di mana jenis-jenis paragraf eksposisi yang dilansir dari laman id.wikibooks.org tersebut adalah:

  1. Paragraf Eksposisi Definisi: merupakan paragraf eksposisi yang berisi definisi atau pengertian suatu hal. Paragraf ini bisa ditemukan pada buku pelajaran ataupun pada buku ensiklopedia pengetahuan umum.
  2. Paragraf Eksposisi Klasifikasi: merupakan paragraf eksposisi yang berisi penggolongan suatu hal ke dalam berbagai kategori-lategori tertentu. Sama seperti paragraf eksposisi definisi, paragraf ini juga bisa kita jumpai pada buku pelajaran ataupun buku ensiklopdeia pengetahuan umum.
  3. Paragraf Eksposisi Proses: merupakan paragraf eksposisi yang berisi tata cara atau proses dalam melakukan suatu hal. Paragraf ini biasa kita temukan dalam buku resep masakan atau buku petunjuk/panduan pemakaian barang-barang elektronik, seperti televisi, atau telepon seluler.
  4. Paragraf Eksposisi Ilustrasi atau Contoh: merupakan paragraf eksposisi yang berisi contoh atau ilustrasi suatu hal yang hendak dijelaskan melalui paragraf ini. Biasanya, paragraf ini mengandung beberapa kata khusus, seperti bagaikan maupun seperti.
  5. Paragraf Eksposisi Pertentangan: merupakan paragraf eksposisi yang berisi perntentangan suatu hal dengan hal lain yang hendak dijelaskan pada paragraf ini. Seperti halna paragraf eksposisi ilustrasi, paragraf ini juga mempunyai kata-kata khusus di dalamnya, di mana kata tersebut adalah akan tetapi, meskipun begitu, dan sebaliknya.
  6. Paragraf Eksposisi Berita: merupakan paragraf eksposisi yang berisi berita atau informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian. Paragraf ini bisa dengan mudah kita temukan di berbagai berita yang disajikan oleh media cetak, elektronik, ataupun media daring.
  7. Paragraf Eksposisi Perbandingan: merupakan paragraf eksposisi yang berisi perbandingan suatu hal dengan hal lainnya.
  8. Paragraf Eksposisi Analisis: merupakan paragraf eksposisi yang berisi analisis suatu hal dengan cara memisah-misalhkan hal tersebut menjadi beberapa subbagian yang kemudian masing-masing subbagian tersebut dikembangkan secara beruntun.

Demikianlah pembahasan mengenai paragraf eksposisi, mulai dari pengertian, ciri, hingga jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 13th, February 2018 / 05:01 Oleh :
Kategori : Paragraf