78 Contoh Pidato Singkat – Resmi Super Lengkap

Pidato Bahasa Indonesia – Kata pidato sudah tidak asing lagi bagi kita. Secara umum, pidato adalah pengungkapan gagasan atau pikiran dengan bahasa lisan (berbicara) kepada orang banyak. Karena berpidato merupakan kegiatan berbicara, maka tidak salah jika seseorang yang berpidato memiliki keterampilan berbahasa yang baik. Dalam berpidato bukan hanya penampilan saja yang dituntut baik, namun bahasa yang digunakan juga harus informatif. Lalu, bagaimanakah cara menyusun teks pidato yang baik?

Umumnya pidato dibagi menjadi tiga bagian, yakni pendahuluan, bagian utama (isi) dan penutup. Berikut adalah penulisan tiap bagian pidato.

1. Bagian Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi tentang ucapan salam, pembukaan, titik tolak dan penghantar ke dalam topik yang dibicarakan. Bagian ini didasari oleh pertanyaan apa dan mengapa.

2. Bagian Isi Pidato

Isi pidato adalah hal-hal yang hendak pembicara sampaikan dalam pidato. Isi pidato biasanya berupa penjelasan suatu hal, alasan, bukti suatu permasalahan, contoh atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Dalam menyampaikan isi pidato, pembicara harus menggunakan kalimat yang jelas dan suara yang cukup lantang agar pendengar memahami dan menerima maksud pidato.

3. Bagian Penutup

Penutup pidato adalah bagian pidato yang mengisyaratkan bahwasanya pidato akan berakhir. Penutup pidato biasanya berupa kesimpulan, permintaan agar pendengar melakukan sesuatu, ucapan terima kasih, pujian kepada pendengar, permohonan maaf, ungkapan terkenal, atau bahkan pantun. Tentunya semua hal tersebut haruslah sesuai dengan isi, tujuan, serta situasi yang dihadapi dalam berpidato.

Jenis Pidato – Jenis pidato dapat ditentukan oleh berbagai macam faktor. Misalnya situasi pidato, tempat berlangsungnya pidato, tujuan serta isi pidato. Berikut faktor-faktor yang menentukan jenis pidato beserta contoh teks pidato.

1.  Bidang Politik

Dalam dunia politik sering adanya pidato yang berkenaan dengan kepentingan politisi. Pidato ini pada umumnya ditujukan pada masyarakat. Dilihat dari tujuan pidato tersebut adalah mempengaruhi dan membakar semangat. Kata-kata yang digunakan cenderung menyentuh hati pendengar. Jenis-jenis pidato bidang politik ini adalah:

  • pidato kenegaraan
  • pidato parlemen
  • pidato pada perayaan nasional
  • pidato pada kesempatan demonstrasi
  • pidato kampanye

Contoh Pidato calon bupati dalam kampanye

Assalamu’alaikum WR. WB

Salam sejahtera bagi kita semua.

Saudara – saudaraku warga ………. yang kuhormati dan kucintai.

Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan rahmat dan taufiknya kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul pada hari yang cerah ini dalam keadaan sehat. Amin.

Saudara – saudaraku warga ………. yang kuhormati dan kucintai.

Izinkan saya dalam kesempatan yang indah ini mengingatkan kepada anda semua untuk memilih saya  ………. dan ………. sebagai bupati dan wakil bupati ………. Kami sangat mengharapkan dukungan anda sekalian. Karena hanya dengan kita bersama-sama, akan tercipta hidup bahagia dan sejahtera.

Kami siap melayani anda! Kami tidak akan perlah lelah dan putus asa demi mewujudkan harapan anda semua. Kami akan majukan fasilitas umum seperti jalan raya, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Kami akan jadikan gang-gang kumuh hingga menjadi jalan yang bersih dan tertata indah. Dengan demikian kualitas kesehatan masyarakat kita akan menjadi lebih baik. Selain itu, akan kami berikan tunjangan bagi mereka yang kurang mampu dalam hal pendidikan. Sebagaimana kita ketahui bersama, majunya sebuah bangsa adalah tidak lain karena generasi mudanya yang cemerlang.

Saudara – saudaraku warga ………. yang kuhormati dan kucintai.

Kami harap seluruh masyarakat ………. hadir dalam pemilihan gubernur di TPS pada tanggal … bulan … tahun … Pastikanlah suara anda tidak sia-sia. Ikutlah berpartisipasi dalam penganan perhitungan suara, karena setiap suara akan berarti untuk perubahan  ………. Setelah pemilihan, bukan berarti tugas anda sebagai warga selesai. Anda memiliki hak dan kewajiban demi terciptanya kemajuan ………. kita. Anda sekalian terlibat dalam pembangunan ………. yang kita cintai. Karena hanya dengan bersamalah, kepentingan kita akan terwujud. Anda dan kami akan bekerja bersama.

Program-program pembangunan yang kami janjikan tentunya telah anda ketahui dengan baik. Kami yakin bahwa program-program tersebut telah anda nilai. Program-program tersebut tentunya akan berjalan apabila saudara-saudaraku semua mendukung kami dengan memilih kami dalam pemilihan ……… Kami  akan pastikan bahwa kami benar-benar bekerja untuk anda! Untuk kepentingan rakyat! Pastikanlah bersama kami! Jangan ada korupsi! Jangan ada pengangguran! Masyarakat harus berdaya! Masyarakat harus berpendidikan! Bermutu!

Saudara – saudaraku warga ………. yang kuhormati dan kucintai.

Pilih nomor 3 pada tanggal … bulan … tahun … coblos nomornya. Bukanlah semata-mata kemenangan ………. dan ……… namun adalah kemenangan dari harapan anda semua yang memimpikan perubahan menuju masyarakat sejahtera dan bermoral. Pilihan ada pada anda. Kemenangan ada pada anda! Kemenangan anda adalah kemenangan kita semua.

Saudara – saudaraku warga ………. yang kuhormati dan kucintai.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, mari kita menuju perubahan untuk ………. baru.

Wassalamu’alaikum WR. WB.

2.  Kesempatan Khusus

Kesempatan khusus dapat diartiakan sebagai pertemuan tidak resmi. Tidak jarang dalam pertemuan tidak resmi, orang harus membawakan pidato. Pada pertemuan ini, suasananya akrab dan lebih santai. Pidato pada kesempatan khusus ini tidak memerlukan waktu terlalu lama. Biasanya sekitar 3 – 5 menit. Tujuan dari pidato ini adalah menggerakkan hati pendengar. Jenis-jenis pidato yang dibawakan pada kesempatan khusus ini adalah:

  • pidato ucapan selamat datang
  • pidato untuk memberikan motivasi
  • pidato ucapan syukur
  • pidato pembukaan
  • pidato penutup

Contoh Pidato Ucapan Syukur atas Kelahiran (Aqiqoh)

Assalamu’alaikum WR. WB

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita sehingga pada pagi yang cerah ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat untuk melaksanakan syukuran serta aqiqoh anak pertama kami.

Kedukalinya kami sekeluarga mengacapkan terima kasih kepada hadirin yang telah hadir pada acara syukuran serta aqiqoh anak pertama kami. Alhamdulillah, Allah telah mempercayakan kepada kami seorang putri yang bernama Rinanda Eka. Anak kami lahir dengan sehat tanpa kekurangan apapun pada hari … tanggal … pukul … Untuk mengungkapkan rasa syukur kami, acara ini dilaksanakan.

Hadirin yang berbahagia. Kiranya hadirin sudi untuk memberikan doa untuk anak kami, sehingga kelak menjadi anak yang berbakti kepada agama, nusa dan bangsa. Amin. Mohon maaf apabila ada kata atau sikap kami kurang berkenan di hati hadirin. Hadirin sekalian dipersilakan untuk menikmati hidangan yang telah kami sediakan. Kiranya cukup sepatah dua patah kata dari kami.

Akhir kata wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum WR. WB

3.  Kesempatan Resmi

Dalam kehidupan, tidak jarang diselenggarakan berbagai pertemuan resmi. Pertemuan tersebut biasanya dihadiri oleh para pejabat atau orang-orang terkemuka dalam situasi formal. Pidato pada kesempatan resmi juga disebut kata sambutan. Pidato atau sambutan yang dibawakan biasanya singkat. Jenis-jenis pidato yang dibawakan pada kesempatan resmi ini adalah:

  • pidato Hari Ulang Tahun (HUT)
  • pidato perpisahan
  • pidato pelantikan
  • pidato laporan
  • pidato pertanggungjawaban

Contoh pidato (sambutan) ketua panitia perpisahan sekolah

Yang terhormat Kepala SMP Negeri Bakti Nusa,

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru, Bapak/Ibu Dewan Komite,

Yang terhormat Bapak/Ibu Orang Tua (Wali Murid) Kelas 9,

Yang terhormat Bapak/Ibu Tamu Undangan,

dan tidak lupa murid kelas 9 yang kami banggakan dan cintai.

Assalamu’alaikum wr. Wb.

Alhamdulillah Wasyukurillah wala haula wala quwata illa billah… Amma ba’du

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan taufik-Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita diberikan kesempatan untuk berkumpul dalam acara perpisahan murid kelas 9 SMP Negeri Bakti Nusa yang ke-37.

Kedua kalinya, sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, yang telah memberikan petunjuk dari kegelapan menuju jalan yang terang. Selanjutnya, terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami untuk menyampaikan beberapa patah kata sambutan.

Hadirin sekalian yang kami hormati,

Kami selaku ketua panitia perpisahan, menyampaikan terima kasih  kepada semua pihak baik itu guru, wali murid dan semua pihak yang telah membantu kami. Tanpa bantuan anda sekalian, mulai dari perencanaan acara, persiapan, pelaksanaan, fasilitas dan tempat, saran serta kerjasamanya, kami tidak akan dapat melaksanakan acara ini dengan baik.

Tidak lupa kami sampaikan maaf apabila dalam pelaksanaan acara ini masih terdapat kekurangan baik besar maupun kecil yang mungkin mengurangi kenyamanan dan kemeriahan acara ini.

Acara ini merupakan acara yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuan acara ini adalah untuk melepas murid yang telah dibimbing selama 3 tahun oleh bapak ibu guru. Para murid hendaknya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan pilihan masing-masing. Untuk tahun ini acara perpisahan dilaksanakan bertempat di Aula SMP Negeri Bakti Nusa, pada hari senin, 13 Mei 2014 dan diikuti sebanyak 240 murid dan undangan sebanyak 264 orang. Marilah kita bersyukur dan berbangga hati, karena pada tahun ini murid SMP Negeri Bakti Nusa lulus 100 %. Sehingga tidak ada satupun dari murid kelas 9 yang tertinggal.

Demi mengefisienkan waktu, sekiranya cukup sekian sambutan dari kami.  Apabila terdapat kekurangan dan salah kata, kami mohon maaf.

Wabillahitaufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum wr. wb

4. Pertemuan Informatif

Pertemuan informatif, biasanya dilakukan dalam kegiatan pembinaan. Baik pembinaan dalam skala kecil seperti kegiatan pelatihan atau dalam skala besar seperti seminar umum. Pertemuan informatif dilakukan dalam bidang pendidikan atau bidang kehidupan lainnya, dengan tujuan untuk memberi dan berbagi informasi. Bahkan pertemuan ini dapat dapat digunakan untuk membahas suatu masalah ilmiah.

Pidato yang ini memiliki sifat sungguh-sungguh, objektif, ilmiah dan rasional. Umumnya terdapat dua jenis pidato yang dibawakan pada pertemuan informatif ini adalah:

  • Ceramah, yaitu jenis pidato yang bertujuan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan.
  • Khotbah, yaitu jenis pidato yang berkaitan dengan keagamaan. Isi dari khotbah biasanya nasehat berdasarkan kitab suci.

Contoh pidato (ceramah) pentingnya minum air putih

Assalamu’alaikum WR. WB

Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru SMP Negeri Bakti Nusa, serta hadirin yang berbahagia

Marilah kita ucap puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayahnya, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat tanpa ada kekurangan apapun.

Hadirin yang berbahagia.

Seperti yang kita ketahui, kesehatan sangatlah berharga. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Dalam keseharian kita, seringkali kita dapati minuman-minuman dengan aneka warna, rasa dan berbagai macam manfaat. Ada yang berupa minuman isotonic, minuman bersoda, minuman penunda dahaga, minuman penyegar, dan minuman yang menawarkan tanpa pemanis buatan dengan aneka rasa yang menggoda. Semua jenis minuman tersebut termasuk pada kategori minuman instan.

Minuman instan mudah sekali didapat dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan kita harus membuat sendiri. Dengan kemasan yang menggoda dan merek yang berbeda-beda. Namun, taukah anda jika minuman yang begitu menarik ini hampir tidak memiliki sisi positif bagi kesehatan kita? Tetapi minuman tersebut adalah air, bukankah tubuh kita membutuhkan air?

Benar, tubuh kita memang membutuhkan air yang cukup. Sekitar 55 % hingga 78 % tubuh manusia merupakan air, bergantung dari besarnya ukuran tubuh. Tubuh kita dapat berfungsi dengan baik apabila kita mengkonsumsi air sebanyak satu sampai tujuh liter setiap harinya untuk menghindari dehidrasi. Tentunya, jumlah tersebut bergantung pula dengan kondisi seseorang. Misalnya, seseorang yang hidup di wilayah tropis dengan suhu sedang hingga panas berbeda kebutuhan airnya dengan mereka yang ada di Jepang yang sedang mengalami musim dingin atau salju. Contoh lain, seseorang yang bekerja di ladang dengan panas matahari menyengat berbeda kebutuhan airnya dengan yang bekerja di kantor.

Hadirin yang berbahagia.

Kita telah membahas tentang kebutuhan air tubuh manusia. Lalu apakah kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan minuman instan? Jawabannya tentu tidak. Minuman instan tersebut tidak memiliki manfaat positif bagi tubuh manusia. Kandungan yang terdapat pada minuman instan sangatlah berbahaya jika dikonsumsi terus menerus. Berbagai macam penyakit hingga kangker dapat menyerang tubuh orang yang menggemari minuman instan ini.

Hadirin yang berbahagia.

Perlu kita ketahui kandungan apa saja yang terdapat pada minuman instan dan bahayanya bagi tubuh kita. Banyak iklan yang memasarkan produknya sebagai minuman dengan gula asli tanpa pemanis buatan. Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan obesitas atau kegemukan, kerusakan gigi dan bahkan diabetes. Diabetes dulu identik dengan lansia, tapi sekarang anak kecil pun sudah terjangkit diabetes akibat konsumsi minuman instan berlebih. Selain gula, minuman instan mengandung asam fosfor yang terdapat pada minuman bersoda. Asam fosfor ini menghasilkan gelembung-gelembung udara yang dapat memberikan sensasi segar. Asam ini dapat menyebabkan keroposnya gigi, pada tahap yang lebih parah dapat menyebabkan terbentuknya lubang pori-pori pada tulang. Akibatnya kita dapat terserang radang sendi atau osteoporosis.

Hadirin yang berbahagia.

Selain gula dan asam fosfor masih banyak lagi zat yang berbahaya bagi kesehatan. Seperti kafein yang menyebabkan kegelisahan dan susah tidur; pengawet yang tidak baik untuk hati; pewarna yang dapat menyebabkan batu ginjal; dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menghilangkan kebiasaan tersebut? Kita bisa memulainya dengan membiasakan diri mengurangi konsumsi minuman instans secara bertahap. Dalam seminggu kita hanya boleh mengkonsumsi minuman instan 1 gelas/ botol. Selanjutnya kita hanya boleh mengkonsumsi minuman instan 1 gelas/ botol dalam 2 minggu. Kemudian menjadi satu bulan sekali, hingga kita tidak terbiasa mengkonsumsi minuman instan.

Hadirin yang berbahagia.

Satu-satunya air yang dibutuhkan oleh tubuh adalah air putih. Sebanyak apapun air berwarna dan berasa yang dikonsumsi tidak akan dihitung sebagai jumlah minimal air yang dikonsumsi setiap hari. Hal ini dikarenakan air berwarna dan berasa memiliki zat yang tidak dapat larut. Sedangkan mengkonsumsi air, sejatinya melancarkan metabolisme tubuh. Di Indonesia sendiri disarankan untuk mengonsumsi air putih sejumlah 8 gelas. Ingat kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Jumlah tersebut haruslah disesuaikan dengan kebutuhan cairan tubuh. Kekurangan asupan cairan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, sedangkan terlalu berlebihan pun juga tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak minum air putih akan menyebabkan hiponatremia. Sederhananya, natrium dalam darah terlalu encer.

Hadirin yang berbahagia.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Saya berharap apa yang telah saya sampaikan, dapat memberikan tambahan dan bekal untuk menjaga kesehatan. Apabila ada salah kata, saya mohon maaf. Terima kasih. Ingat! Tetap jaga kesehatanmu untuk hidup lebih produktif.

Akhir kata, wabillahi taufik walhidayah

Wassalamu’alaikum WR. WB

Demikianlah contoh teks pidato bahasa Indonesia. Semoga beberapa contoh pidato singkat dalam artikel ini bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 14th, November 2016 / 12:44 Oleh :
Kategori : Pidato