Contoh Pidato Tentang Pendidikan

Pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum (ber-orasi) yang bertujuan mengemukakan pendapatnya dan memberi gambaran terhadap suatu hal. Pidato adalah satu bentuk teori dalam materi bahasa Indonesia. Pidato digunakan oleh seorang pemimpin untuk berorasi di depan anak buahnya atau khalayak ramai. Definisi pidato sendiri adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; wacana yang disiapkan untuk diucapkan kepada khalayak (KBBI Online, 2016).

Kemampuan berpidato tidak bisa dilakukan dengan sembarangan melainkan harus terlatih dan cakap. Biasanya pidato dibawakan oleh seseorang yang tidak malu berbicara di depan umum untuk memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal atau peristiwa yang patut diperbincangkan.

Fungsi Berpidato

  • Memudahkan komunikasi antar anggota organisasi
  • Memudahkan komunikasi bawahan dan pimpinan
  • Memunculkan keadaan kondusif, karena hanya membutuhkan 1 orang untuk berorasi

Dalam berpidato harus mampu memberikan kesan positif bagi pendengarnya. Selain itu, saat berpidato, penampilan, mimik, gaya bahasa, serta ekspresi harus diperhatikan. Percaya diri merupakan kunci utama keberhasilan berpidato. Saat percaya diri terhadap apa yang akan disampaikan (topik utama), maka pendengar akan tertarik bahkan terpengaruh oleh hal yang disampaikan.

Metode Berpidato

  1. Impromptu, pidato yang dilakukan secara spontanitas, serta merta, tanpa adanya persiapan
  2. Memoriter, pidato yang dilakukan dengan menghafalkan naskah pidato yang telah dibuat sebelumnya
  3. Naskah, pidato yang dilakukan dengan membaca teks/naskah pidato yang dibuat sebelumnya
  4. Ekstemporan, metode berpidato yang dilakukan dengan menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang disampaikan

Pidato pada dasarnya membutuhkan keberanian serta rasa percaya diri yang kuat dari pembicaranya. Hal tersebut dikarenakan praktik pidato yang terdiri dari bermacam-macam tujuan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pidato dilakukan oleh pemimpin atau pejabat negara untuk memudahkan komunikasi
  • Pidato dapat dilakukan sebagai cara untuk menenangkan massa
  • Pidato dilakukan pemimpin kepada anak buahnya (perusahaan, organisasi)
  • Pidato dilakukan dengan cara ber-orasi untuk memengaruhi suatu pihak

Secara singkat pidato dimaknai sebagai suatu kegiatan di depan umum untuk memberikan gambaran atau berpendapat mengenai sesuatu hal. Pidato termasuk cara penyampaian pikiran dalam bentuk kata-kata kepada sekelompok orang. Penyusunan pidato memiliki unsur yang harus terpenuhi antara lain:

  1. Pembuka, pada bagian ini berisi sapaan yang berupa salam pembuka, diikuti dengan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME, serta pembuka pidato
  2. Inti, pada bagian ini pidato mengandung suatu topik yang diungkapkan secara tidak langsung. Misalnya pada sebuah pidato lebih sering disampaikan dengan contoh, penggambaran, atau cerita yang memiliki kaitan dengan topik pidato.
  3. Penutup, bagian ini adalah bagian akhir pidato yang berisi simpulan serta saran. Bagian ini diwarnai pula dengan ucapan terima kasih dan permohonan maaf, diikuti dengan salam penutup pembicaraan.

Ciri ciri Pidato yang Baik

Penyampaian pidato yang baik dan benar dapat dinilai dari hal-hal sebagai berikut :

  • Kebenaran, keabsahan materi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan
  • Penyampaiannya jelas dan mudah dipahami
  • Disampaikan pada khalayak yang sesuai dengan tema pidato ( pidato untuk anak dibawah umur, pidato dewasa)
  • Isi materi pada pidato tidak sulit dimengerti, aktual
  • Pidato memiliki tujuan yang jelas
  • Gaya menyampaikan harus menyenangkan, serta menghidupkan suasana

Contoh Pidato

Pidato dapat terdiri dari bermacam-macam topik. Mulai dari topik pendidikan, narkoba, keagamaan, perpisahan sekolah, hingga kemerdekaan. Berikut ini adalah contoh pidato singkat yang bertema pendidikan.

(1) Pentingnya Menuntut Ilmu

Pembuka pidato :

Assalamualaikum Wr. Wb
Hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas segala nikmat dan hidayah-Nya yang telah tercurah kepada kita semua sehingga bisa hadir dalam peringatan hari pendidikan nasional yang jatuh pada hari ini.

Inti Pidato :

Dalam hal pendidikan serta menuntut ilmu. Allah berpesan untuk menuntutnya setinggi mungkin, mencapai pendidikan yang tinggi untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat adalah perintah Allah SWT yang akan menjadikan kita, manusia sebagai makhluk yang berakal dan berbudi. Sebagian ilmu yang kita miliki agaknya bisa menjadikan martabat kita sebagai manusia semakin tinggi dihadapan Allah SWT. Selain itu, apa yang dipelajari hendaknya menjadikan kita semakin rendah hati dan tidak sombong.

Hadirin yang saya hormati,

Perlunya menuntut ilmu setinggi mungkin adalah untuk menghasilkan generasi bangsa yang jauh diatas versi kita dahulu. Setidaknya anak- cucu kita nanti bisa memberikan tauladan kepada penerus mereka. Peranan yang penting juga diemban oleh para pengajar seperti kita ini untuk menghasilkan generasi bangsa yang berguna bagi keluarga serta agamanya.

Penutup Pidato :

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua, dan mohon maaf atas kesalahan kata yang mungkin tidak berkenan. Semoga kita semua senantiasa dalam rahmat Allah SWT.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

(2) Inovasi dalam Pendidikan

Pembuka Pidato :

Yang Terhormat Bapak, Ibu Wali Murid
Yang saya hormati Bapak, Ibu Pengajar SD Sukamaju
Serta anak-anakku sekalian yang saya banggakan
Assalamualaikum Wr. Wb.

Tiada kata yang pantas diucapkan pada kesempatan ini selain memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmatNya kita bisa bersama-sama di tempat ini dalam rangka rapat tahunan untuk membahas materi dan bahan ajar tahun depan serta mencoba berinovasi dengan pendidikan. Kehadiran Bapak beserta Ibu dan hadirin sekalian disini adalah bukti bahwa kita semua berharap pendidikan dapat lebih baik dijalankan di waktu ke depan.

Inti Pidato :


Hadirin yang berbahagia,
Kiranya, kita semua yang ada disini setuju bahwa pendidikan adalah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup manusia. Pendidikan berperan dalam hal membangun kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Dengan pendidikan, bangsa akan semakin dipandang karena memiliki SDM yang memadai serta mampu bersaing. Oleh karena itu, kita sebagai ujung tombak praktik pendidikan harus senantiasa berjuang bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan agar pendidikan yang merata di seluruh daerah dapat terealisasikan tanpa terkecuali.

Kendala yang sering kita hadapi adalah minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Banyak masyarakat yang menilai bahwa pendidikan tidak begitu penting. Paradigma seperti ini harus segera ditinggalkan sehingga anak-anak kita juga turut memahami akan pentingnya pendidikan untuk masa depan bersama.

Sebagai tenaga didik, hal yang pertama kita lakukan selain niat membangun generasi yang baik adalah melakukan inovasi pada bidang pengajaran. Mungkin anak didik kita sudah terlalu bosan dengan cara belajar yang monoton tanpa menghidupkan suasana hati mereka. Hal inilah yang harus diubah melalui cara ajar yang berbeda. Untuk itu Bapak dan Ibu pengajar sekalian saya disini mengajak semua lapisan pendidikan untuk membentuk sistem belajar yang baru, yang menyenangkan dan bersahabat. Jadi anak tidak perlu lagi takut belajar, malas atau enggan membaca. Seyogyanya kita para orang tua baik di sekolah maupun dirumah mulai membenahi sistem belajar anak-anak kita, dampingi mereka, dan belajarlah bersama sehingga selain ilmu baru mereka dapat, mereka juga akan merasa seperti sedang bermain.

Penutup pidato:

Sekiranya itu yang dapat saya sampaikan kepada hadirin sekalian. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

(3) Pendidikan Untuk Anak yang Menyandang Cacat

Pembuka pidato:

Yang Saya Hormati Bapak dan Ibu sekalian
Serta saudara-saudara yang saya banggakan,
Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan taufik dan hidayah dengan proses yang sederhana ini untuk mempertemukan kita di tempat ini. Hal yang akan dibicarakan disini adalah mengenai pemerataan pendidikan bagi beberapa anak-anak kita yang mengalami kelainan dan berada di wilayah pedesaan.

Inti pidato :

Hadirin yang saya hormati,

Belakangan ini sering kita dengar tentang beberapa anak disabilitas yang tidak mendapatkan perlakuan layak di dunia pelayanan publik maupun pendidikan. Hal ini kiranya patut kita renungkan bersama untuk mencari solusi terbaik serta menjadikan solusi tersebut berkelanjutan meskipun sudah berakhir masa pengabdian kita sebagai tenaga pengajar.
Pendidikan adalah salah satu pilar penting bagi kehidupan yang lebih baik. Dengan pendidikan yang layak dan tepat sasaran maka dipastikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Banyak kita mendengar bahwa pendidikan yang diberikan kepada penyandang disabilitas masih sangat minim dan cenderung tidak memenuhi standar pengajaran. Maka menyikapi hal itu, sebagai tenaga pengajar hendaknya kita merealisasikan pendidikan yang lebih bermutu untuk mereka. Berniat baik dengan mengedepankan pengabdian kita sebagai pengajar akan sangat bermanfaat bagi mereka ke depan.

Penutup pidato :

Oleh karena itu simpulan dari pertemuan kali ini adalah marilah kita bersama-sama membantu menghasilkan generasi yang berguna meskipun mereka memiliki kekurangan.
Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga apa yang kita bahas dapat bermanfaat bagi keberhasilan kita bersama. Amin Ya Roballalamin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

(4) Mengoptimalkan Peran Tenaga Didik

Pembuka pidato :

Yang terhormat Bapak, Ibu Kepala Sekolah lingkup kecamatan Semampir
Yang terhormat Bapak, Ibu Komite Sekolah Kecamatan Semampir
Serta para hadirin yang berbahagia

Assalamualaikum Wr. Wb. , Selamat pagi, dan salam sejahtera bagi kita semua

Mengawali pidato ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas rahmatNya telah membimbing kita semua dalam jalanNya dan dikaruniai kesehatan hingga detik ini. Saya selaku Ketua Komite Sekolah Kecamatan Semampir Surabaya mengucapkan terima kasih kepada hadirin sekalian yang sudi meluangkan sejenak waktunya untuk hadir disini dan bersama membahas permasalahan pendidikan yang tengah dihadapi.

Inti pidato :

Kualitas pendidikan sangat erat kaitannya dengan kualitas sumber daya manusianya dalam hal ini adalah tenaga pengajar. Beberapa kali terdengar upaya meningkatkan mutu pendidikan, namun banyak yang tidak memahami makna kalimat tersebut. Pemikiran meningkatkan mutu pendidikan dari tenaga pengajar tidaklah dinilai dari kemampuan seorang guru dalam mengejar, melainkan dari keberhasilan guru mengelola proses pendidikan para siswanya.

Permasalahan tersebut merupakan hal yang harus ditindaklanjuti bersama sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam bidang pendidikan. Tuntutan sebuah kualitas adalah hal penting yang harus dimiliki oleh semua guru. Hal tersebut dikarenakan harapan besar para orang tua yang diberikan kepada kita semua agar anak-anak mereka menjadi anak yang berguna bagi nusa maupun bangsa. Dengan demikian perlu bagi kita sebagai tenaga pengajar untuk tidak hanya terpatok pada fungsi akademis saja melainkan juga fungsi moral untuk menghasilkan generasi yang berbudi luhur dan patut dibanggakan.

Penutup pidato :

Sekiranya itulah yang dapat saya sampaikan kepada hadirin sekalian pada kesempatan ini. Kepada semua yang telah meluangkan waktunya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


(5) Pelestarian Taman Bacaan Amal

Pembuka pidato :

Yang Terhormat Bapak dan Ibu wali murid SDN Sukmajaya
Yang terhormat Bapak serta Ibu pengajar
Dan anak-anakku sekalian yang saya banggakan,
Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita bersama memanjatkan puji syukur kita kehadirat Tuhan YME yang senantiasa melimpahkan rahmat serta hidayahNya sehingga kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat wal-afiat.

Pada kesempatan ini ijinkan saya selaku Kepala Sekola SDN Sukmajaya berterima kasih atas waktu luang yang sudah tersedia demi hadir disini. Selain itu saya juga ingin berterima kasih kepada para hadirin sekalian yang telah membantu pelaksanaan pengumpulan buku demi program baru sekolah kita yang sudah direncanakan semester lalu.

Inti pidato :

Kita semua tahu bahwa minat membaca masyarakat pada saat ini sudah jauh berkurang. Apalagi dengan munculnya media internet yang lebih menjanjikan tampilan baru sebagai bahan bacaan. Oleh karena itu beberapa waktu lalu kami pihak sekolah memiliki program pemberdayaan bagi masyarakat untuk dapat menikmati bacaan secara gratis dan menyenangkan melalui dibukanya taman bacaan amal di sebelah selatan sekolah kita. Taman bacaan amal yang kita rencanakan sudah 80 persen dibuka dan alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi.

Saya berterima kasih untuk semua buku dan sumbangsih lain dari banyak pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu, sehingga hingga bulan ketiga sejak rencana pembukaan tersebut sudah lebih dari 700 buku terkumpul. Maka dengan demikian masih sekitar 300 buku lagi untuk sampai pada target program tersebut. Oleh karena itu, diharapkan masih dapat menjaring beberapa pihak untuk bekerja sama melengkapi kekurangan tersebut.

Penutup pidato :

Hal yang paling penting dalam suksesnya program ini adalah dapat bermanfaat bagi banyak pihak serta mampu menjadikan aksi ini sebagai amal kita ke depan.
Kiranya itu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kelebihan kata serta ucapan saya yang tidak berkenan. Saya akhiri sambutan ini.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Materi yang ada dalam pidato harus disesuaikan dengan tema, usia pendengar, serta menggunakan gaya bahasa yang singkat dan jelas. pidato yang baik disampaikan tidak lebih dari 30 menit. Hal tersebut adalah agar pendengar tidak merasa bosan dan pidato harus mencakup segala inti dari permasalahan yang dibahas. Dengan memerhatikan aspek waktu yang diperhitungkan sebelumnya maka pendengar tidak akan merasa enggan dan tetap menyimak pidato hingga usai. Hal inilah yang akhirnya menentukan keberhasilan penyampaian maksud kepada pendengarnya.

Demikian artikel mengenai pidato, metode, jenis, dan beberapa contoh pidato tentang pendidikan. Semoga bermanfaat !

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 04th, February 2017 / 06:01 Oleh :
Kategori : Pidato