5 Contoh Singkat Jenis-Jenis Karangan Berdasarkan Cara Penyajiannya

Karangan merupakan sebuah karya tulis yang berisi cerita atau penjelasan tentang suatu hal. Berdasarkan cara penyajiannya, karangan terbagi atas lima jenis, di mana jenis-jenis karangan berdasarkan cara penyajiannya tersebut antara lain karangan argumentasi; karangan deskripsi; karangan eksposisi; karangan narasi; dan karangan persuasi. Kelima jenis karangan ini akan ditampilkan beberapa contohnya secara singkat. Adapun beberapa contoh singkat jenis-jenis karangan berdasarkan cara penyajiannya tersebut adalah sebagi berikut ini!

A. Contoh Karangan Argumentasi singkat

Menghasilkan suatu pekerjaan yang sempurna adalah idaman setiap orang. Namun, memaksakan diri sendiri mampu mengerjakan pekerjaan yang sempurna tiap hari adalah suatu hal yang patut dihindari. Sebab, hal itu akan membuat diri kita sendiri tertekan dan takut pekerjaan yang kita kerjakan akan mengandung banyak kesalahan. Padahal, sebuah pekerjaan yang menandung beberapa kesalahan bukan merupakan hal yang patut ditakutkan, selama kesalahan yang terkandung di dalamnya bukan kesalahan yang fatal. Memiliki pekerjaan yang punya beberapa kesalahan dan tidak sempurna justru bisa kita jadikan bahan evaluasi agar kita bia bekerja lebih baik ke depannya.

B. Contoh Karangan Deskripsi Singkat

Udara pagi ini begitu segar untuk dihirup. Segarnya udara pagi ini telah merasuk ke dalam sudut paru-paruku dan memantik kesejukan di dalam kedua paruku ini. Kabut pagi masih menyelimuti wilayah di sekitarku. Meski, lambat laun dia mulai menipis dan mungkin beberapa menit kemudian ia ‘kan menghilang. Saat aku berjalan-jalan sejenak, aku melihat beberapa embun pagi masih bergelantungan di pucuk-pucuk daun pepohonan yang masih hijau itu.

C. Contoh Karangan Eksposisi Singkat

Paragraf eksposisi merupakan suatu karangan yang menjelaskan difinisi suatu hal, serta proses pembuatan suatu hal. Karangan ini sendiri dibuat untuk memberi informasi kepada pembaca, baik itu soal definisi suatu hal, atau cara membuat suatu hal. Karangan ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain: karangan eksposisi proses, karangan eksposisi definisi, karangan eksposisi klasifikasi, karagan eksposisi analisis, dan karangan eksposisi perbandingan. Ke semua jenis karangan eksposisi ini mempunyai ciri khasnya masih-masing.

D. Contoh Karangan Narasi Singkat

Pukul empat lewat dua puluh menit, aku pun terbangun. Suara azan pun telah terdengar jelas di telingaku. Aku lantas berwudhu lalu ikut salat berjamaah di masjid yang tak jauh dari rumahku. Setelahnya, aku sarapan dan mandi, lalu kemudian membantu ibu berjualan lontong sayur di pasar. Ibu biasanya berjualan sampai jam sembilan pagi, sedangkan aku hanya membantunya hingga pukul enam pagi saja. Hal itu dikarenakan aku harus langsung berangkat ke sekolah setelahnya, di mana aku biasanya masuk ke sekolah pukul tujuh pagi.

E. Contoh Karangan Persuasi Singkat

Mencari indekos murah dan nyaman di kota besar memang gampang-gampang susah. Butuh kejelian dan wawasan yang luas soal daerah di kota-kota besar demi mendapat indekos yang diidam-idamkan. Namun, Anda kini tak perlu khawatir, karena kini ada aplikasi Sewakos yang bisa membantu Anda untuk menemukan indekos yang murah dan nyaman di kota besar. Aplikasi ini bisa membantu Anda menemukan indekos murah dan nyaman tanpa perlu repot-repot survei langsung ke lokasi. Negosiasi dan pembayaran sewa pun juga praktis dengan menggunakan aplikasi ini. Sebab, Anda hanya perlu membayar lewat ATM dengan Sewakos sebagai perantaranya.

Demikianlah beberapa contoh singkat jenis-jenis paragraf berdasarkan cara penyajiannya. Terima kasih.

, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 29th, May 2018 / 01:59 Oleh :
Kategori : Karangan