Sponsors Link

5 Jenis-Jenis Kalimat Majemuk Setara Berdasarkan Konjungsinya

Sponsors Link

Kalimat majemuk setara merupakan kalimat majemuk yang terbentuk dari dua buah kalimat yang mempunyai kedudukan yang sama. Dalam penggabungannya, jenis kalimat majemuk ini sering menggunakan konjungsi atau macam-macam kata penghubung. Menurut laman id.wikipedia.org, kalimat majemuk setara terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan konjungsi atau kata hubung yang dipakainya. Adapun beberapa jenis kalimat majemuk setara berdasarkan konjungsinya tersebut adalah sebagai berikut ini!

1. Kalimat Majemuk Setara Penggabungan

Jenis-jenis kalimat majemuk setara berdasarkan konjungsinya yang pertama adalah kalimat majemuk setara penggabungan. Kalimat majemuk ini merupakan kalimat majemuk yang menggunakan kata dan sebagai konjungsinya. Adapun bentuk kalimat majemuk setara ini sendiri adalah sebagai berikut!

  • Ayah pergi ke kantor dan ibu pergi ke pasar.
  • Radit membaca komik dan Mika membaca novel.
  • DAging itu dicincang dan kemudian digoreng dalam minyak sedang.

2. Kalimat Majemuk Setara Penguatan atau Penegasan

Jenis kalimat majemuk selanjutnya adalah kalimat majemuk setara penguatan atau penegasan. Kalimat ini merupakan kalimat majemuk setara yang menerangkan penguatan atau penegasan suatu hal dengan kata bahkan sebagai konjungsinya. Misalnya:

  • Konser itu disaksikan oleh ribuan bahkan puluhan ribu penonton.
  • Tak hanya hari ini, bahkan kemarin pun antrean loket itu selalu saja penuh.
  • Tak hanya aku, bahkan teman-teman sekelasku pun tidak menyetujui kebijakan yang diterapkan sekolah kami tersebut.

3. Kalimat Majemuk Setara Pemilihan

Jenis kalimat majemuk ini sama dengan kalimat majemuk setara memilih yang merupakan salah satu diantara jenis-jenis kalimat majemuk setara berdasarkan pola kalimatnya. Adapun letak persamaan keduanya terletak pada penggunaan kata atau sebagai konjungsi bagi kedua kalimat majemuk setara tersebut. Untuk bentik kalimat majemuk setara pemilihan sendiri, bisa dilihat pada contoh-contoh di bawah ini!

  • Para pemesan tiket kereta api bisa memesan langsung ke loket stasiun terdekat atau bisa juga memesan via situs resmi pihak PT. KAI.
  • Untuk informasi selanjutnya, silakan mendatangi sekertariat kami atau bisa juga menghubungi narahubung berikut ini!
  • Di sini, pengunjung bisa memasak sendiri ayam yang dipesan atau bisa juga dimasakkan oleh koki yang ada di restoran ini.

4. Kalimat Majemuk Setara Berlawanan

Seperti halnya kalimat majemuk setara pemilihan, kalimat majemuk setara berlawanan juga mempunyai kesamaan dengan salah satu jenis kalimat majemuk setara berdasarkan pola kalimatnya, yaitu kalimat majemuk setara mempertentangkan. Hanya saja, kalimat majemuk setara berlawanan hanya menggunakan kata sedangkan sebagai konjungsinya. Sementara itu, kalimat majemuk setara mempertentangkan menggunakan kata tetapi, melainkan, dan hanya sebagai konjungsi yang dipakainya. Adapun contoh-contoh kalimat majemuk setara berlawanan sendiri adalah sebagai berikut ini!

  • Wulan sedang ada di Jakarta, sedangkan Jimmy sedang ada di Australia.
  • Gita mengambil jurusan desain grafis, sedangkan Gina mengambil jurusan teknik sipil.
  • Rahmi menyukai Randi, sedangkan Randy tidka menyukai Rahmi sama sekali.

5. Kalimat Majemuk Setara Urutan Waktu

Jenis-jenis kalimat majemuk setara berdasarkan konjungsinya yang terakhir adalah kalimat majemuk setara urutan waktu. Kalimat majemuk ini menggunakan kata kemudian, lalu, dan lantas sebagai konjungsinya. Adapun contoh-contohnya antara lain:

  • Daging itu dicincang-cincang halus, kemudian dimasukkan ke dalam adonan terigu.
  • Dia memandangku dengan saksama, lalu setelah itu pergi dan berlalu.
  • Dia begitu ketakutan, lantas berlari dengan terbirit-birit.

Demkianlah pembahasan mengenai jenis-jenis kalimat majemuk setara berdasarkan konjungsinya. Jika ingin mengetahui beberapa contoh kalimat majemuk, pembaca bisa membuka artikel contoh kalimat majemuk setara dan bertingkat, contoh kalimat majemuk bertingkat dan rapatan, contoh kalimat majemuk campuran, dan contoh kalimat majemuk rapatan objek. Semoga bermanfaat unk para pembaca sekalian.

, , , , , ,
Post Date: Thursday 22nd, March 2018 / 23:27 Oleh :
Kategori : kalimat majemuk