Contoh Kalimat Majemuk Campuran beserta Polanya

Kalimat majemuk, seperti pengertian majemuk itu sendiri yang berarti banyak, maka pengertian kalimat majemuk secara sederhana adalah kalimat yang memiliki banyak pola (dua pola atau lebih). Kalimat majemuk selalu terdiri atas induk kalimat dan anak kalimat. Adapun yang membedakan antara induk kalimat dan anak kalimat yaitu kata penghubung (konjungsi). Kata penghubung biasanya terdapat pada kalimat tunggal yang berkedudukan sebagai anak kalimat. Sedangkan pada induk kalimat tidak mengandung kata penghubung.

Jenis jenis kalimat majemuk antara lain sebagai berikut :

  1. Kalimat Majemuk Setara
  2. Kalimat Majemuk Rapatan
  3. Kalimat Majemuk Bertingkat
  4. Kalimat Majemuk Campuran

Pada artikel ini kita akan fokus pada pembahasan poin no.4 dari jenis kalimat majemuk diatas, yaitu Kalimat Majemuk Campuran.

Pengertian

Pengertian kalimat majemuk campuran yaitu kalimat majemuk yang merupakan campuran atau gabungan dari kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Dimana kalimat majemuk setara terdiri dari gabungan dua atau lebih kalimat tunggal yang kedudukannya sejajar atau sederajat. Sedangkan kalimat majemuk bertingkat terdiri diri gabungan dua atau lebih kalimat tunggal yang memiliki kedudukan berbeda.

Pada kalimat majemuk bertingkat terdapat induk kalimat dan anak kalimat. Anak kalimat pada kalimat majemuk bertingkat muncul akibat adanya perluasan pola pada induk kalimat.

Karakteristik

Pada dasarnya kalimat majemuk campuran minimal harus terdiri dari tiga kalimat tunggal. Ada 3 karakteristik kalimat majemuk campuran, yaitu sebagai berikut :

  1. Minimal terdiri atas 3 (tiga) kalimat tunggal
  2. Tiga kalimat tunggal tersebut jika diuraikan memiliki fungsi atau kedudukan yang berbeda, yaitu sebagai induk kalimat dan anak kalimat. Terkadang salah satu anak kalimat berfungsi sebagai keterangan waktu.
  3. Terdiri atas dua atau lebih kata penghubung (konjungsi), dimana kata penghubung ini haruslah kata penghubung yang biasa dipakai atau terdapat pada kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.

Jenis-jenis Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat majemuk campuran dapat dibagi menjadi 2 jenis, antara lain :

1. Kalimat Majemuk Campuran dengan pola dua induk kalimat, satu anak kalimat

Contoh :

  • Ayah membatalkan perjalanan dinas ke luar kota. (induk kalimat)
  • Alya tidak mengikuti ulangan matematika di sekolah. (induk kalimat)
  • Ibu Alya tiba-tiba dibawa ke rumah sakit. (anak kalimat)

Ayah membatalkan perjalanannya ke luar kota dan Alya terpaksa tidak mengikuti ulangan matematika di sekolah ketika Ibu Alya dibawa ke rumah sakit.

2. Kalimat majemukCampuran dengan pola satu induk kalimat, dua anak kalimat

Contoh :

  • Kelas III-B dibagi menjadi dua kelompok dalam mengisi acara pertunjukan tari yang diadakan sekolah. (induk kalimat)
  • Kelompok I bertugas menampilkan tarian tradisional. (anak kalimat)
  • Kelompok II bertugas menampilkan tarian modern. (anak kalimat)

Kelas III-B dibagi menjadi dua kelompok dalam mengisi acara pertunjukan tari yang diadakan sekolah dengan ketentuan kelompok I bertugas menampilkan tarian tradisional sedangkan kelompok II bertugas menampilkan tarian modern.

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Pembahasan sepanjang apapun tidak akan lengkap jika tanpa disertai contoh. Untuk lebih mudah memahami pembahasan kita pada artikel ini, maka pembaca dapat memperhatikan contoh kalimat majemuk campuran dibawah ini :


  1. Ibu sedang memasak di dapur dan Ando sedang mengerjakan tugas sekolah di kamarnya ketika Ayah tiba dirumah setelah pulang bekerja.
  2. Para petani tanaman padi mengalami banyak kerugian akibat gagal panen yang disebabkan oleh angin kencang dan disertai hujan deras yang berlangsung selama berhari-hari.
  3. Perlombaan mewarnai yang diadakan oleh TK AL-FALAH terpaksa dibatalkan karena cuaca buruk yang terjadi sejak kemarin malam sehingga menyebabkan hampir lebih dari setengah peserta lomba tidak dapat hadir mengikuti perlombaan tersebut.
  4. Irfan Hadi tidak akan pernah mengalami putus sekolah jika saja sang ibu masih hidup dan ayahnya tidak menikah lagi dengan perempuan lain.
  5. Meskipun Jasmine merupakan anak bungsu dalam keluarga tetapi dia tidak pernah diajarkan untuk menjadi anak yang manja dan selalu diajarkan untuk berusaha sendiri dalam mewujudkan mimpi dengan kerja keras tanpa meminta-minta pada orang lain ataupun orang tua.
  6. Kakak memutuskan untuk berhenti kuliah karena ayah mmeninggal dunia sehingga dia harus menggantikan posisi ayah sebagai tulang punggung keluarga.
  7. Buah manga apel merupakan salah satu buah yang unik karena memiliki bentuk yang bulat menyerupai buah apel akan tetapi dia tetaplah buah mangga yang identik dengan rasa manis bercampur asam.
  8. Andi dan Ani memiliki kepribadian dan watak yang hampir sama karena mereka sama-sama berada pada shio kuda walaupun keduanya terlahir di tahun yang berbeda dan jarak umur yang cukup jauh.
  9. Musim kemarau biasanya terjadi pada rentang waktu bulan April – Agustus dan musim hujan biasanya terjadi pada rentang waktu bulan September – April akan tetapi terkadang jadwal tersebut tidak selalu berlaku secara teratur.
  10. Ibu melarang Keanu bermain sementara waktu dan mengontrol dia saat belajar dirumah agar Keanu bisa mendapatkan nilai terbaik saat ujian akhir semester nanti.
  11. Hari Minggu menjadi saat-saat yang selalu aku nantikan karena hari Minggu menjadi satu-satunya kesempatan kami sekeluarga berkumpul bersama dan mewujudkan kehangatan antara orang tua dan anak.
  12. Sekolah selalu mengadakan kegiatan luar ruangan seperti berkemah dan perlombaan antar kelas secara berkala dengan tujuan agar para siswa dapat terus meningkatkan kemampuan diri mereka yang tidak hanya berfokus pada kecerdasan otak tetapi juga kecerdasan dalam kehidupan sosial.
  13. Meskipun sudah diberi peringatan untuk tidak membolos tetapi Diki tetap saja sering bolos sekolah sehingga sebagai konsekuensi atas perbuatannya Diki diberikan skorsing selama satu minggu.
  14. Tanaman padi sering dijadikan perumpamaan tentang sikap rendah hati karena semakin lebat buahnya maka daunnya justru semakin merunduk.
  15. Seorang nelayan bekerja pada malam hari untuk menangkap ikan sedangkan seorang petani bekerja pada siang hari untuk mengurus sawah meskipun berbeda cara namun tujuan mereka tetaplah sama yaitu mencari nafkah untuk keluarganya.
  16. Ayah mengatur ulang pekarangan rumah dan mengecat ulang rumah secara keseluruhan agar rumah kami tampak lebih rapi dan cantik saat pesta pernikahanku nanti.
  17. Fadil sangat menyukai kegiatan mewarnai sejak kecil sehingga saat ia bersekolah di TK ibunya selalu mendaftarkan Fadil pada lomba mewarnai dan hasilnya sangat memuaskan karena ia berhasil menjadi juara di setiap lomba yang ia ikuti.
  18. Luna memiliki kehidupan yang penuh cobaan sejak kecil karena sang ayah yang telah meninggal saat ia masih berumur 9 tahun dan memiliki seorang ibu yang hanya bekerja sebagai petani sehingga Luna tumbuh menjadi pribadi yang tegar, mandiri dan dewasa melebihi umurnya.

Meskipun kalimat majemuk campuran memiliki pola kalimat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kalimat majemuk jenis lainnya akan tetapi itu tidak menjadi hambatan bagi kita untuk memahaminya. Kita hanya perlu mengenali dan memahami karakteristik dari kalimat majemuk campuran ini serta mempelajari lebih lanjut melalui contoh yang telah diberikan. Semoga artikel contoh kalimat majemuk campuran beserta polanya ini bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Thursday 01st, December 2016 / 06:57 Oleh :
Kategori : Kalimat