Sponsors Link

3 Contoh Paragraf Deskripsi Objektif tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif tentang Lingkungan – Sebelumnya, kita telah membahas contoh paragraf deskripsi objektif tentang sekolah. Kali ini, kita juga akan membahas paragraf deskripsi objektif dengan tema tertentu. Tema yang akan dibahas dalam paragraf deskripsi objektif kali ini adalah tema lingkungan. Tema ini sendiri memang cukup banyak dibahas di artikel-artikel sebelumnya, seperti contoh kalimat berita positif tentang lingkungan, berikan contoh kalimat opini tentang lingkungan, contoh karangan argumentasi tentang lingkungan, contoh paragraf deduktif tentang lingkungan, contoh paragraf campuran tentang lingkungan, contoh paragraf induktif tentang lingkungan, contoh cerpen singkat tentang liburan, dan contoh cerpen singkat tentang lingkungan alam.

Untuk lebih mengetahui seperti apa bentuk paragraf deskripsi objektif tentang lingkungan, berikut disajikan beberapa contoh paragraf deskripsi objektif tentang lingkungan yang tertera di bawah ini.

Contoh 1:

Limbah rumah tangga merupakan limbah yang dihasilkan oleh kegiatan di dalam rumah, baik dalam jenis organik dan anorganik. Limbah rumah tangga organik merupakan limbah yang dapat terurai dan didaur ulang, seperti kotoran manusia, sisa-sisa makanan, dan sisa-sisa sayuran. Sementara itu, limbah anorganik adalah limbah rumah tangga yang sulit diurai, seperti air sabun, kantong plastik, alat elektronik, dan sebagainya. Beberapa limbah anorganik bisa didaur ulang menjadi barang-barang yang baru. Limbah-limbah tersebut antara lain kantong plastik dan alat elektronik yang sudah tidak terpakai lagi.

Contoh 2:

Lingkungan di pemukiman pinggir kota ini terlihat sangat kumuh. Hal ini bisa dilihat dari sampah-sampah plastik yang berserakan di sepanjang jalan, rumah-rumah yang kotor dan tidak terurus, serta adanya beberapa tikus yang tak sungkan untuk lalu lalang di muka umum. Saluran air di sini juga memprihatinkan. Hal ini bisa dilihat dari seringnya saluran air di rumah mereka macet. Mereka pun terpaksa harus mengambil air di sungai yang tidak jauh dari sana. Nahasnya, air sungai di sana juga kotor akibat pencemaran limbah.

Contoh 3:

Semenjak program penanaman pohon diberlakukan, lingkungan di perumahan ini semakin sejuk dan asri. Pohon-pohon yang ditanam di setiap pekarangan pun kian bertambah tinggi. Pohon-pohon yang ditanam di setiap pekarangan ini adalah pohon mangga. Pohon ini dipilih karena dapat bertumbuh dengan cepat dan buahnya bisa dinikmati atau bahkan dijual oleh setiap pemilik rumah. Batangnya yang menjulang dan daunnya yang rimbun juga menjadi nilai tambah pohon ini. Sejauh ini, pohon-pohon mangga di sini tingginya sudah mencapai 4 meter. Daun-daunnya pun sudah mulai merimbun. Sebagian sudah ada yang berbuah meski belum sepenuhnya matang. Ada juga yang baru berbuah dan buahnya masih kecil-kecil. Program penanaman pohon ini digagas oleh ketua RT perumahan ini sejak beberapa bulan yang lalu.

Contoh-contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh paragraf deskripsi objektif tentang lingkungan. Pembaca bisa mengkreasikan sendiri atau mengembangkan contoh-contoh kalimat deskripsi tersebut. Jika pembaca ingin melihat contoh paragraf deskripsi lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh paragraf deskripsi singkat, contoh paragraf deskripsi tentang sekolah, contoh paragraf deskripsi spasial tentang sekolah, dan contoh paragraf deskripsi subjektif.

Pembahasan artikel kali ini dicukupkan sampai di sini. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, sekaligus menambah wawasan dalam ranah bahasa Indonesia. Mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan dan pembahasan artikel ini. Terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 23rd, November 2017 / 14:37 Oleh :
Kategori : Paragraf