Sponsors Link

Contoh Abstrak Tesis dalam Bahasa Indonesia

Sebelumnya, kita telah mengetahui seperti apa contoh abstrak skripsi dalam bahasa Indonesia. Kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh abstrak yang terdapat pada karya ilmiah tesis. Sama seperti pada skripsi, abstrak pada tesis juga ditulis dalam dua bahasa serta mengandung identitas penulis dan kata kunci (opsional) di dalamnya. Khusus untuk artikel kali ini, kita akan menampilkan contoh abstrak tesis yang berbahasa Indonesia saja. Adapun contoh tersebut adalah sebagai berikut ini!

Abstrak*

Saras Anindila Ratri

15/388446/PPA/04885

Sintesis dan uji aktivitas senyawa turunan kalkon sebagai senyawa tabir surya serapan lebar serta agen filter fototerapi telah dilakukan. Penelitian dilakukan untuk sintesis dan mempelajari serapan UV- Visibel dari senyawa turunan kalkon, melakukan formulasi krim tabir surya dan filter fototerapi, serta menentukan nilai sun protection factor (SPF) dan panjang gelombang kritis. Penelitian lebih lanjut dilakukan untuk pengujian stabilitas, fotostabilitas dan sitotoksiksitas terhadap senyawa turunan kalkon serta krim. Sintesis senyawa turunan kalkon dilakukan dengan mereaksikan asetofenon dan benzaldehida dalam suasana basa selama 24 jam. Hasil sintesis diidentifikasi dengan spektrometer IR, GC-MS, 1H-NMR, dan 13C-NMR.

Formulasi krim tabir surya dan filter fototerapi dilakukan dengan menambahkan campuran senyawa turunan kalkon sebanyak 0,5-1,2% berat krim. Uji aktivitas senyawa tunggal, campuran senyawa, dan krim dilakukan secara in vitro dengan spektrofotometer UV-Visibel untuk mengetahui rentang panjang gelombang, stabilitas senyawa, nilai SPF, panjang gelombang kritis, dan fotostabilitas. Uji sitotoksiksitas dilakukan dengan metode MTT. Reaksi antara turunan benzaldehida dan asetofenon dengan katalis NaOH 10% menghasilkan senyawa kalkon, 4-metoksikalkon, 3,4-dimetoksikalkon, 4-dimetilaminokalkon, 3-nitro-kalkon, 2-klorokalkon, 2,4-diklorokalkon, dan 4-fluorokalkon dengan persentase hasil 64,4-92,2%.

Panjang gelombang senyawa turunan kalkon berada pada 236-280 nm dan 299-416 nm. Nilai IC50 senyawa turunan kalkon < 100 μg/mL. Senyawa tabir surya dihasilkan dengan mencampurkan 3 senyawa turunan kalkon sehingga terdapat serapan pada panjang gelombang 290-400 nm. Pencampuran senyawa turunan kalkon dihasilkan 6 macam campuran sebagai krim tabir surya. Nilai SPF dari formula krim KTS1-KTS5 > 20 dan SPF KTS6 adalah 11,5. Nilai panjang gelombang kritis formula krim tabir surya > 370 nm. Agen filter fototerapi dihasilkan dari campuran 2 senyawa turunan kalkon sehingga terdapat celah serapan pada 310-315 nm.

Pencampuran 2 senyawa turunan kalkon menghasilkan 2 macam campuran sebagai bahan krim filter fototerapi. Daerah serapan rendah krim filter fototerapi adalah pada 295-315 nm (KFF1) dan 287-330 nm (KFF2). Nilai IC50 formula krim > 1000 μg/mL. Krim tabir surya dan filter fototerapi stabil terhadap waktu penyimpanan yang ditentukan dari kestabilan pH dan pola serapan senyawa dalam krim. Uji kestabilan senyawa dalam sediaan krim menunjukkan bahwa krim stabil terhadap paparan sinar UV yang ditentukan dari kestabilan pola serapan

Demikianlah contoh abstrak tesis dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah referensi soal hal-hal yang berkaitan dengan karangan ilmiah, maka pembaca bisa membuka artikel contoh kata pengantar skripsi, contoh kata pengantar laporan praktikum, contoh penulisan catatan kaki dan daftar pustaka, cara penulisan daftar pustaka dari buku yang baik dan benar, cara menulis daftar pustaka dari skripsi, serta artikel cara menulis daftar pustaka dari Internet. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik itu mengenai abstrak dan karangan ilmiah pada khususnya, maupun mengenai materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih untuk para pembaca sekalian.

*Sumber: disalin tempel dari laman http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=154522&obyek_id=4

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 05th, May 2018 / 06:48 Oleh :
Kategori : Karangan