Sponsors Link

Contoh Dialog 2 Orang tentang Kebersihan dalam Bahasa Indonesia

Contoh Dialog 2 Orang tentang Kebersihan dalam Bahasa Indonesia – Contoh-contoh dialog sudah pernah disajikan sebelumnya. Contoh dialog singkat 2 orang, contoh dialog 2 orang tentang liburan, dan contoh dialog 2 orang tentang persahabatan adalah beberapa contoh dialog yang sudah pernah disajikan sebelumnya. Dari ketiganya, kita bisa melihat adanya penggunaan beberapa jenis-jenis kalimat, seperti jenis-jenis kalimat tanya dan contohnya (kalimat interogatif) dan contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia (kalimat deklaratif). Untuk artikel kali ini, kita akan mengetahui dan melihat contoh dari dialog 2 orang yang bertema kebersihan. Adapun tema ini juga pernah dijadikan tema artikel lain, yaitu berikan contoh kalimat pujian tentang kebersihan sekolah.

Untuk selengkapnya, pembaca bisa melihat langsung beberapa contoh dialog 2 orang tentang kebersihan di bawah ini.

Contoh Dialog 2 Orang Tentang Kebersihan

Suatu hari, Fadlan mendapat tugas dari guru PLH-nya untuk mewawancarai kepala sekolah soal kebersihan di lingkungan sekolah. Meski berat dan canggung, namun Fadlan tetap mengerjakan tugas dari gurunya tersebut. Keesokan harinya, Fadlan pun memberanikan diri mewawancarai kepala sekolah yang kebetulan sedang ada di ruangannya. Dialog wawancara di antara keduanya pun mulai terjadi.

  • Fadlan: Assalamualaikum. Pak, mohon maaf, bisa minta waktunya sebentar?
  • Kepala Sekolah: Waalaikumsalam. Iya nak, silakan masuk. Kebetulan Bapak sedang tidak sibuk. Memangnya ada apa ya?
  • Fadlan: Begini Pak, Nama saya Fadlan, siswa kelas X-G. Saya disuruh oleh Guru PLH saya untuk mewancarai Bapak soal kebersihan di lingkungan sekolah ini.
  • Kepala Sekolah: Oh begitu. Baiklah, kira-kira apa saja yang ingin kamu tanyakan soal kebersihan di lingkungan sekolah kita?
  • Fadlan: Pertama, menurut Bapak, bagaimana kondisi kebersihan kita?
  • Kepala Sekolah: Kalau di lihat dari luar, lingkungan sekolah kita ini bisa di bilang cukup bersih. Tapi kalau dilihat lebih ke dalam, sebetulnya kebersihan sekolah kita agak kurang. Hal ini bisa kamu lihat dari masih kotornya toilet siswa dan masih banyaknya sampah-sampah bekas jajanan siswa yang berserakan di hampir tiap sudut sekolah.
  • Fadlan: Kalau menurut pendapat Bapak, penyebab kotornya lingkungan sekolah kita apa ya? Terus, apa yang akan Bapak lakukan untuk mengurangi kekotoran di sekolah kita?
  • Kepala Sekolah: Menurut pendapat Bapak, kotornya lingkungan sekolah kita itu disebabkan karena masih banyaknya siswa-siswa yang belum disiplin dalam soal kebersihan, sehingga hampir tiap sudut sekolah pasti mengalami kekotoran. Hal itu tentu saja membuat petugas sekolah kewalahan dalam membersihkan sudut-sudut sekolah yang kotor itu. Belum lagi jumlah petugas sekolah kita masih sedikit.
  • Fadlan: Khusus untuk petugas sekolah, kira-kira akan ditambah tidak jumlahnya oleh pihak sekolah?
  • Kepala Sekolah: Sebetulnya kami selaku pihak sekolah juga ingin menambah jumlah petugas sekolah kita. Namun, hal itu belum bisa dilakukan karea anggaran sekolah kita masih terbatas. Jadi, untuk sementara jumlah petugas sekolah tidak kita tambah dulu.
  • Fadlan: Lalu, apa upaya yang akan dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kebersihan di lingkungan sekola?
  • Kepala Sekolah: Rencananya, kami selaku pihak sekolah akan memberlakukan kegiatan pungut sampah di lingkungan sekolah tiap 10 menit sebelum masuk dan 10 menit sebelum pulang sekolah. Selain itu, akan diadakan juga program bersih-bersih toilet siswa yang dilakukan tiap kelas selama seminggu sekali.
  • Fadlan: Wah, menarik sekali Pak programnya. Semoga bisa dilaksanakan ya Pak! Oh ya, untuk wawancara ini saya cukupkan saja sampai di sini. Terima kasih Bapak sudah berkenan untuk diwawancarai.
  • Kepala Sekolah: Sama-sama nak Fadlan. Oh ya, sampaikan salam Bapak ke guru PLH-mu ya.
  • Fadlan: Iya Pak, nanti saya sampaikan. Assalamualaikum.
  • Kepala Sekolah: Waalaikumsalam wr.wb.

Demikianlah contoh dialog 2 orang tentang kebersihan. Semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Post Date: Friday 01st, December 2017 / 11:03 Oleh :