17 Contoh Kata Berhuruf Diftong dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Huruf diftong adalah sebuah huruf yang mempunyai suatu intonasi vokal khusus dan terbentuk atas penggabungan dari dua huruf vokal. Huruf-huruf yang masuk ke dalam huruf diftong sendiri antara lai ai, au, ei, dan juga oi. Huruf-huruf ini bisa diletakkan di awal, tengah, ataupun akhir suatu kata. Untuk lebih memahami penempatan huruf-huruf tersebut, berikut ditampilkan beberapa contoh kata berhuruf diftong serta penerapannya dala suatu kalimat yang ditampilkan pada tabel di bawah ini!

  1. Andai aku tidak ke pesta itu, aku pasti tidak akan bertemu dengannya. (kata berhuruf diftong: andai, huruf diftong: ai)
  2. Di kolam yang kotor itu, terdapat sebuah bunga teratai yang bunganya berwarna putih bersih. (kata berhuruf diftong: teratai, huruf diftong: ai)
  3. Pihak warga telah memiliki eigendom tanah tersebut. (kata berhuruf diftong: eigendom, huruf diftong: ei)
  4. Dia mempelajari seni desain grafis secara autodidak. (kata berhuruf diftong: autodidak, huruf diftong: au)
  5. Kerusuhan antar suporter membuat pertandingan tersebut berjalan dengan kacau. (kata berhuruf diftong: kacau, huruf diftong: au)
  6. Tanggal 2 Mei merupakan tanggal yang lazim diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. (kata berhuruf diftong: Mei, huruf distong: ei)
  7. Perusahaan iu tengah melakukan survei mengenai kepuasan pelanggan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. (kata berhuruf diftong: survei, huruf diftong: ei)
  8. Amboi, indah sekali pemandangan laut ini! (kata berhuruf diftong: amboi, huruf diftong: oi)
  9. Para buruh tengah melakukan aksi boikot terhadap pabrik tempat mereka bekerja. (kata berhuruf diftong: boikot, huruf diftong: oi)
  10. Dalam penutup ceramahnya itu, pak ustza berharap agar kita semua senantiasa dalam taufik dan perlindungan Allah SWT. (kata berhuruf diftong: taufik, huruf diftong: au)
  11. Tanah itu kian hari kian landai saja. (kata berhuruf diftong: landai, huruf diftong: ai)
  12. Sejak tadi, harimau yang ada di kebun binatang itu terus mengaum dan mengamuk. (kata berhuruf diftong: harimau, huruf diftong: au)
  13. Komunitas motor vespa itu tengah melakukan konvoi berkeliling kota Yogyakarta. (kata berhuruf diftong: konvoi, huruf diftong: oi)
  14. Ibu sedang memasak gulai ikan gurame di dapur. (kata berhuruf diftong: gulai, huruf diftong: ai)
  15. Kondisi gunung berapi itu masih dipantau oleh pihak BMKG. (kata berhuruf diftong: dipantau, huruf diftong: au)
  16. Akibat peristiwa itu, Andi mengalami trauma yang amat mendalam. (kata berhuruf diftong: trauma, huruf diftong: au)
  17. Nathan dikenal sebagai murid yang pandai di kelasnya. (kata berhuruf diftong: pandai, huruf diftong: ai)

Demikianlah beberapa contoh kata berhuruf diftong dalam kalimat bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah referensi seputar huruf diftong dan huruf lainnya, pembaca bisa membuka artikel huruf diftong dan gabungan huruf konsonan, contoh penggunaan huruf miring pada daftar pustaka, contoh penggunaan huruf miring pada nama buku, contoh penggunaan huruf kapital pada nama orang, contoh penggunaan huruf kapital pada awal kalimat, penggunaan huruf kapital, dan penggunaan huruf tebal. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai huruf khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 04:54 Oleh :
Kategori : Huruf