15 Contoh Kata yang Mengandung Gabungan Huruf Konsonan dalam Kalimat

Gabungan huruf konsonan adalah penggabungan dua huruf konsonan tertentu yang membentuk suatu intonasi yang baru. Adapun huruf-huruf tersebut antara lain ng, ny, sy, dan kh. Seperti halnya huruf diftong, gabungan huruf konsonan juga bisa diletakkan di awal, tengah, atau belakang suatu kata.

Beberapa contoh kata yang mengandung huruf ini akan dibahas khusus pada artikel kali ini disertai dengan pengaplikasiannya dalam sebuah kalimat. Adapun beberapa contoh tersebut adalah sebagai berikut ini!

  1. Kampus itu terdapat kelas khusus bagi para karyawan. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: khusus, gabungan huruf konsonan: kh)
  2. Air di ngarai itu tidak selalu tersedia. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: ngarai, gabungan huruf konsonan: ng)
  3. Dia begitu senang tatkala mendapat hadiah tersebut. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: senang, gabungan huruf konsonan: ng)
  4. Adik selalu bangun pada jam empat pagi. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: bangun, gabungan huruf konsonan: ng)
  5. Semua peserta musyawarah antar warga telah berkumpul di balai desa. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: musyawarah, gabungan huruf konsonan: sy)
  6. Acara seminar itu dihadiri oleh banyak peserta. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: banyak, gabungan huruf konsonan: ny)
  7. Lukisan itu terlihat seperti nyata. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: nyata, gabungan huruf konsonan: ny)
  8. Kucing itu telah mencuri ikan asin di meja makan. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: kucing, gabungan huruf konsonan: ng)
  9. Ujian akhir semester di kampus itu akan dilaksanakan pada hari Rabu besok. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: akhir, gabungan huruf konsonan: kh)
  10. Sejumlah syarat telah dibawa oleh para pelamar kerja ke perusahaan tersebut. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: syarat, gabungan huruf konsonan: sy)
  11. Tarikh merupakan salah satu cabang ilmu dalam agama Islam. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: tarikh, gabungan huruf konsonan: kh)
  12. Setiap aku bertemu anak itu, selalu terlihat murung. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: murung, gabungan huruf konsonan: ng)
  13. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: bangsa, gabungan huruf konsona: ng)
  14. Andi selalu memisahkan sebagian uang saku itu untuk ditabung. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: ditabung, gabungan huruf konsonan: ng)
  15. Candi itu memilik sebuah tangga di bagian dalam. (kata yang mengandng gabungan huruf konsonan: tangga, gabungan huruf konsonan: ng)

Demikianlah beberapa contoh kata yang mengandung gabungan huruf konsonan dalam kalimat. Untuk mengetahui beberapa referensi soal contoh huruf lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh pengunaan huruf kapital pada nama orang, contoh penggunaan huruf kapital pada awal kalimat, contoh kata berhuruf diftong, contoh penggunaan huruf miring pada nama buku, contoh penggunaan huruf miring pada daftar pustaka, contoh penggunaan huruf kapital pada kutipan langsung, serta contoh penulisan huruf tebal dalam kalimat.  Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai huruf pada khususnya, mau pun bahasa Indonesia pada umumnya.

, , , , , ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 07:01 Oleh :
Kategori : Huruf