Contoh Sinopsis Film dalam Bahasa Indonesia

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa contoh sinopsis dari jenis-jenis karangan non ilmiah serta dari jenis-jenis prosa non fiksi di beberapa artikel yang lalu. Adapun artikel-artikel tersebut antara lain contoh sinopsis novel, contoh sinopsis buku kumpulan puisi, contoh sinopsis antologi cerpen, dan contoh sinopsis buku nonfiksi. Artikel ini juga akan menampilkan menampilkan beberapa contoh sinopsis. Hanya saja, contoh sinopsis ini bukanlah sinopsis dari beberapa jenis karangan ataupun dari jenis-jenis prosa, melainkan dari suatu karya seni yang bernama film.

Seperti halnya pada karangan atau buku, sinopsis pada film juga merupakan ringkasan umum dari sebuah film sekaligus menjadi pengiring dalam film tersebut, di mana sinopsis film ini selalu ada kala sebuah film akan muncul. Sinopsis film sendiri umumnya bisa dibaca di beberapa situs yang menampilkan data film tersebut. Adapun beberapa contoh sinopsis film sendiri adalah sebagai berikut!

Contoh 1:

Suatu hari di sebuah padang sabana Sumba, Indonesia, sekawanan tujuh perampok mendatangi rumah seorag janda bernama Marlina. Mereka mengancam nyawa, harta, dan juga kehormatan Marlina dihadapan suaminya yang sudah berbentuk mumi duduk di pojok ruangan. Keesokan harinya dalam sebuah perjalanan demi mencari keadilan dan penebusan, Marlina membawa kepala dari bos rampok, Markus  yang dipenggalnya kemarin malam. Marlina kemudian bertemu dengan Novi yang menunggu kehadiran bayinya, serta Franz yang menginginkan kepala Markus Kembali. Di belakang Marlina, tubuh Markus yang tak berkepala pun tak henti mengikutinya.

(Sinopsis film Marlina si Pembunuh Empat Babak garapan sutradara Mouly Surya yang disadur dari http://www.21cineplex.com/marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-movie,4691,07MSPD.htm)

Contoh 2:

Menceritakan tentang kisah seorang Fitri, perempuan yang tidak bisa melihat sejak kecil. Fitri jatuh cinta kepada sesosok hantu dokter yang tak henti dikiriminya surat-surat yang berisi hal-hal personal yang hanya diketahui oleh dirinya. Pada suatu waktu, perempuan yang tidak bisa melihat ini pun bertemu dengan sosok hantu dokter tersebut yangmuncul tanpa sepatah kata pun. Baru diketahui bahwa sosok hantuk dokter itu adalah seorang pria yang tidak bisa mendengar dan bernama Edo. Jika saja Fitri dapat melihat dan Edo dapat mendengar, mungkin keduanya akan saling jatuh cinta sejak lama. Tapi, siapa yang tahu. mungkin saja cinta mereka telah melusuh dalam lusuhnya kontrakan yang mereka tinggali.

Di tempat lain, ada seorang gadis 17 tahun bernama Diana yang hanya mampu melihat dalam jarak 2 cm saja. Jika saja gadis ini mampu melihat lebih jauh, mungkin sejak lama ibunya akan membawanya ke kelas balet yang diidam-idamkan sang anak. Selain hanya bisa melihat sedekat 2 cm, Diana pun belum mengalami menstruasi sekalipun, kendati usianya telah menginajk angka 17.

Pada suatu hari, Diana bertemu seorang lelaki bernama Andhika yang telah mengubah hidup Diana untuk selamanya. Apakah Andhika mencintai Diana? Jika saja Andhika bisa melihat, mungkin saat ini dia tengah bersama mantan kekasihnya yang bernama Gadis.

(Sinopsis Film What They Don’t Talk About When They Talk About Love garapan sutradara Mouly Surya yang dikutip dari http://www.21cineplex.com/what-they-dont-talk-about-when-they-talk-about-love,3120.htm)

Demikianlah beberapa contoh sinopsis film dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawsan tersendiri bagi para pembaca sekalian, entah itu mengenai sinopsis pada khususnya, maupun mengenai materi pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan pula jika ada kesalahan penulisan atau penuturan yang ada di dalam pembahasan artikel kali ini. Sekian dan juga terima kasih yang sebesar-besarnya.

, , , , , ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 07:55 Oleh :
Kategori : Karangan