Sponsors Link

26 Contoh Makna Lugas dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Kata makna dapat diartikan sebagai hubungan antara sebuah kata dengan pengertian, fungsi dan acuannya atau dengan kata lain konsepnya. Sedangkan kata lugas diartikan sebagai sesuatu yang langsung pada pokok-pokoknya. Dari jenis-jenis makna kata yang ada salah satunya adalah makna lugas yang berbeda dari makna spesialisasi ataupun makna generalisasi. Makna lugas yaitu makna sebenarnya dari satu atau dua rangkaian kata ataupun sebuah kalimat. Contohnya yaitu :

  1. Adi paling suka makan hati ayam.
  2. Awan terlihat mendung sejak tadi pagi.
  3. Kemeja putih ayah terkena tinta biru.
  4. Jalan ini masih gelap karena belum terpasang lampu penerangan jalan.
  5. Buaya termasuk binatang melata.
  6. Rani menyukai wangi bunga melati.
  7. Daki dileher sering terlihat pada kerah putih.
  8. Utang Budi banyak sehingga dia kesulitan melunasinya.
  9. Wasit memberikan kartu kuning pada Eka Ramdani.
  10. Bau kencur tentu berbeda dengan bau jahe.
  11. Danu mengalami demam dan badannya panas.
  12. Beni menggantungkan sepatunya di pohon.
  13. Disebelah utara rumahku akan segera dibuat benteng.
  14. Sebuah stasiun televisi mengadakan lomba memeras keringat pada pakaian.
  15. Panjang tangan orang utan melebihi kakinya.
  16. Hampir saja lidi itu mencolok mata Dina.

dari contoh-contoh diatas makna lugas tampak pada kata bergaris miring yang menunjukan arti kata sebenarnya. Dapat dilihat pula kesamaan antara contoh makna kata lugas dengan makna denotasi dan contohnya. Pada contoh-contoh kalimat diatas juga mengandung informasi yang sebenarnya. Seperti halnya membedakan kalimat denotasi dan konotasi.

Ada dua jenis makna lugas yaitu makna lugas secara umum atau luas dan makna lugas secara sempit. Berikut ini penjelasannya :

  • Makna lugas secara umum atau luas

Makna lugas secara umum atau luas yaitu makna kata yang sebenarnya dan bermakna luas tidak terperinci. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas berikut ini contohnya :

  1. Edo senang makan buah kata buah dalam kalimat tunggal ini memiliki arti yang sebenarnya namun masih bersifat umum karena ada berbagai macam jenis buah yang dapat disebutkan
  2. Retno ingin menempuh pendidikan di Australia – kata pendidikan dalam kalimat tersebut masih bermakna luas karena tidak menunjukan salah satu tingkatan pendidikan.
  3. Dia selalu mengenakan busana yang rapih – kata busana dalam kalimat tadi masih bermakna umum karena busana bisa bermacam-macam
  4. Ruli melanjutkan sekolah ke Amerika – kata sekolah dalam kalimat tanpa konjungsi tersebut memiliki makna luas karena menunjukan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari SD, SMP dan SMA.
  5. Permintaan pasar biasanya digambarkan pada sebuah grafik – kata pasar pada kalimat tersebut bermakna luas karena menunjukan berbagai jenis pasar.
  • Makna lugas secara sempit

Makna lugas secara sempit yaitu sebuah kata yang memiliki makna sebenarnya dan lebih spesifik atau jelas. Agar lebih jelas, berikut ini contoh beserta penjelasannya :

  1. Deni memanjat pohon mangga dan Edo yang memunguti buahnya di bawah – kata buah pada kalimat tersebut menunjukkan arti yang sebenarnya dan bermakna lebih jelas yaitu buah mangga.
  2. Di Pesantren itu Retno mendapatkan pendidikan agama – Kata pendidikan pada kalimat tersebut bermakna pendidikan tentang keagamaan
  3. Sebagai muslimah kita harus mengetahui busana seperti apa yang harus dikenakan – kata busana pada kalimat tadi memiliki makna busana muslim
  4. Sepulang dari sekolah saya langsung shalat dzuhur – kata sekolah pada kalimat tersebut bermakna sekolah dengan jenjang pendidikan setingkat SD, SMP atau SMA.
  5. Pak Joko menjajakan sayur mayur di pasar minggu – kata pasar pada kalimat tersebut bermakna pasar di suatu tempat

untuk lebih jelas lagi tentang contoh makna lugas yaitu dengan memperhatikan makna konotasi dan contohnya atau membedakan antara makna lugas dan makna kias beserta contohnya. Demikian ulasan mengenai contoh makna lugas. Semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 20th, January 2018 / 06:43 Oleh :
Kategori : makna kata