Sponsors Link

15 Jenis-Jenis Makna Kata Ulang dalam Bahasa Indonesia

Kata ulang merupakan salah satu diantara jenis-jenis kata yang ada selain jenis-jenis kata kerja, jenis-jenis kata benda, jenis-jenis kata sifat, jenis-jenis kata keterangan, jenis-jenis kata depan, dan jenis-jenis kata tanya. Kata tanya sendiri diartikan sebagai kata yang terbentuk dari hasil reduplikasi atau pengulangan kata.

Menurut laman id.wikibooks.org, kata ulang mempunyai sejumlah jenis makna yang terkandung di dalamnya. Adapun jenis-jenis makna yang terkandung dalam kata ulang tersebut adalah sebagai berikut ini!

1. Bermakna Jamak

Makna kata ulang ini merupakan makna kata ulang yang menyiratkan arti “makna jumlah yang banyak atau tidak menentu”. Adapun kata-kata yang termasuk jenis makna kata ulang ini antara lain buku-buku, orang-orang, burung-burung, dan daun-daun.

2. Bermakna Macam-Macam atau Bermacam-Macam

Makna kata ulang ini merupakan makna kata ulang yang menyiratkan arti “berbagai macam atau jenis”. Adapun kata-kata yang termasuk makna ini antara lain sayur-sayuran, tumbuh-tumbuhan, dan kacang-kacangan.

3. Bermakna Menyerupai

Makna kata ulang yang ketiga ini mempunyai arti “menyerupai atau diserupakan dengan sesuatu”. Adapun contoh jenis makna kata ulang ini antara lain kapal-kapalan, mobil-mobilan, dan robot-robotan.

4. Bermakna Melemahkan (Agak)

Makna kata ulang ini adalah makna kata ulang yang mengandung arti “melemahkan sesuatu atau sesuatu yang agak…”. Kata-kata yang tergolong makna ini antara lain kebarat-baratan, kekanak-kanakan, dan kewanita-wanitaan,

5. Bermakna Intensitas

Makna kata ulang yang satu ini memiliki arti ” tingkatan kualitas, kuantitas, atau frekuensi suatu hal.” Kata-kata yang tergolong makna ini adalah kuat-kuat, semaksimal-maksimalnya, dan secepat-cepatnya.

6. Bermakna Saling

Makna kata ulang yang satu ini menyiratkan arti “saling berbalas-balasan antara satu pihak dengan pihak lainnya.” Contoh makna kata ulang ini: bersalam-salaman, bersahut-sahutan, dan tuduh-menuduh.

7. Bermakna Kolektif

Makna kata ulang ini mempunyai arti “menyatakan jumlah kolektif suatu bilangan.” Adapun beberapa contoh kata ulang yang mengandung makna ini antara lain satu-satu, dua-dua, dan tiga-tiga.

8. Bermakna Dalam Keadaan

Makna kata ulang ini mempunyai arti “sesuatu yang tengah berada dalam keadaan tertentu.” Cpntoh kata ulang yang mengandung makna kata ulang ini antara lain: mentah-mentah, masak-masak, dan panas-panas.

9. Bermakna Walaupun

Makna kata ulang ini mempunyai arti “meskipun.” Adapun contoh-contoh makna kata ulang ini adalah kecil-kecil, besar-besar, dan tinggi-tinggi.

10. Bermakna Perihal

Makna kata ulang ini mempunyai arti “tentang suatu hal.” Adapun kata ulang-kata ulang yang mempunyai makna ini antara lain jahit-menjahit, masak-memasak, dan tulis-menulis.

11. Bermakna Tindakan untuk Bersenang-Senang

Makna kata ini mempunyai arti “melakukan tindakan atau perilaku dengan tujuan untuk bersenang-senang atau sekadar bersantai-santai.” Beberapa kata ulang yang mengandung makna ini antara lain tidur-tiduran, malas-malasan, dan makan-makan.

12. Bermakna Agak

Sekilas, makna kata ulang ini sama dengan makna kata ulang nomor 4. Bedanya, makna kata ulang ini tidak ada unsur pelemahan atas kata ulang yang mengandung makna ini. Adapun beberapa contoh kata ulang yang mengandung makna ini antara lain kemerah-merahan, kehitam-hitaman, dan kehijau-hijauan.

13. Bermakna Tindakan yang Dilakukan Berkali-Kali

Makna kata ulang ini mempunyai arti “suatu perbuatan yang dilakukan terus-menerus.” Adapun beberapa kata ulang yang mengandung makna ini adalah berkali-kali, dan berulang-ulang.

14. Bermakna Himpunan

Makna kata ulang ini mempunyai arti “kumpulan suatu hal (entah itu waktu ataupun hal lainnya).” Adapun beberapa kata ulang yang mengandung makna ini antara lain berjam-jam, dan berhari-hari.

15. Bermakna Perbalasan (Pekerjaan)

Makna kata ulang yang terakhir ini mempunyai arti “kegiatan yang tengah dilakukan secara berbalas-balasan.” Adapun beberapa kata ulang yang menandung makna ini antara lain kunjung-mengunjungi, dan tusuk-menusuk.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis makna kata ulang pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan mohon maafkan atas kekuarangan dan kesalahan yang terkandung dalam pembahasan kali ini. Sekian.

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 14th, March 2018 / 21:32 Oleh :
Kategori : Kata Kata