Sponsors Link

Contoh Cerita Singkat dalam Bahasa Indonesia

Cerita merupakan suatu karangan yang berisi kisah suatu tokoh, entah itu fiktif atau nyata. Pada zaman dahulu, cerita biasanya disampaikan secara lisan, baik itu didongengkan dari mulut ke mulut, maupun didongengkan dengan cara disenandungkan atau diiringi musik tertentu. Semakin berkembangnya zaman, cerita kini tak hanya dilisankan saja. Namun, kini cerita bisa diabadikan melalui tulisan, baik yang termaktub di buku, blog, maupun media lainnya.

Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh sebuah cerita yang akan ditampilkan secara singkat di artikel kali ini, di mana cerita yang ditampilkan ini tidak lebih panjang daripada cerita cerpen atau novel yang panjangnya sampai berhalaman-halaman. Adapun contoh cerita singkat tersebut adalah sebagai berikut ini!

Kisah tentang Rusa, Tapir, dan Suatu Hutan yang Dihuni oleh Banyak Pepohonan

Di suatu hutan yang dihuni oleh banyak pepohonan, hidup seekor anak rusa yang hidup sendirian di hutan ini. Sebelumnya, rusa ini pernah hidup beramai-ramai bersama dengan orangtua, kerabat dan handai taulannya di suatu hutan yang lain. Sayangnya, semua kerabat si anak rusa tersebut telah menemui ajalnya lewat tembakan dan sayatan pisau para pemburu yang mengincar tanduk mereka. Beruntuk si anak rusa sempat berlari ke hutan berpenghuni pohon ini walaupun agak ringkih. Dengan berlinangan air mata, dia melarikan diri dari suatu hutan yang lain tersebut menuju hutan yang kini tengah dia singgahi.

Tak ada hewan lain di sini, selain si anak rusa itu saja. Karena tak ada teman, si anak rusa ini hanya makan, tidur, dan bermain-main sendiri saja di hutan ini. Jika sedang jenuh, biasanya dia akan mengajak pepohonan di hutan ini untuk berbincang. Sayang, pepohon di hutan ini hanya bisa menumbuhkan bunga, daun, dan bunga saja tanpa berucap sepatah kata pun. Sia-sia memang mengajak pepohonan berbincang. Namun, apa daya, hanya itu yang bisa dilakukan si anak rusa tersebut.

Saat si anak rusa tengah bersandar di sebuah pohon, tiba-tiba muncul seekor hewan yang hidungnya bergerak ke sana ke mari dan bentuknya nyaris mirip seperti belalai gajah dan hidung trenggilingHewan tersebut adalah tapir. Si tapir ini rupanya tengah mencari dedaunan yang merupakan makanan pokoknya. Dan, ya, si tapir berhasil menemukan apa yang dicari sekaligus menemukan seekor rusa yang bersandar di seuah pohon dengan penuh kelesuan.

Singkat cerita, kedua hewan ini pun berkenalan. Dan setelah keduanya berkenalan, akhirnya diketahui bahwa si tapir mempunyai nasib yang sama dengan si anak rusa; sama-sama lari dari tempat tinggal asalnya untuk menghindar dari para pemburu yang mengincar mereka. Kesamaan nasib membuat keduanya pun semakin akrab dan membuat bertekad untuk menjadikan hutan yang mereka huni saat ini sebagai rumah bagi hewan-hewan lain yang senasib dengan mereka, seperti harimau jawa, rajawali, trenggiling, babi rusa, dan lain sebagainya.

Demikianlah contoh cerita singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai cerita maupun bahasa Indonesia.

Jika pembaca ingin menambah wawasan tentang cerita, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh cerita cerpen, contoh cerita novel, contoh cerita cerpen dan novel, alur cerita, jenis-jenis alur cerita, tahapan dalam alur cerita, dan contoh alur cerita dalam cerpen. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 30th, May 2018 / 15:23 Oleh :
Kategori : Cerita